CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddcbf4b88b3cb42b623676e/wow-ternyata-indonesia-tidak-dijajah-selama-350-tahun-oleh-belanda-kok-bisa

Wow!! Ternyata Indonesia Tidak Dijajah Selama 350 Tahun Oleh Belanda. Kok Bisa?


Sewaktu masih sekolah dasar dulu, kita pasti pernah yang namanya mempelajari Sejarah tentang bangsa kita sendiri, khususnya jaman penjajahan Belanda. Disana kita diajarkan bahwa "Indonesia dijajah selama 350 tahun oleh Belanda."

Informasi sejarah tersebut pun tertanam di otak kita hingga saat ini, dan dengan mudahnya kita meyakini kebenaran dari informasi sejarah yang disampaikan oleh guru. Tanpa pernah mengulik kembali kebenaran dari sejarah tersebut.

Sekarang cobalah mencerna kembali antara ilmu sejarah yang pernah guru sampaikan ketika masih sekolah dasar, dengan fakta sejarah yang akan gw sampaikan berikut ini. Cobalah membandingkan, sejarah mana yang lebih masuk akal.



1. Kedatangan Belanda Pertamakali Ke Nusantara

Quote:


Tujuan Belanda pertama kali ke tanah Nusantara(dulu belum ada nama Indonesia) adalah untuk 'menjelajah' bukan 'menjajah'. Kata lain dari 'menjelajah' adalah berkelana atau berkunjung.

Kedatangannya pun bukanlah dengan pasukan tempur, tapi hanya satu orang Belanda saja. Namanya adalah Cornelis de Houtman, si penjelajah. Jadi, bisakah 1 orang Belanda 'menjajah' seluruh wilayah Nusantara?
emoticon-Ngakak

Quote:


Jawabannya tentu saja tidak saudara-saudara, mau digebukin massal tuh 'kompeni'? Wkwk.

Jika melihat fakta akhir masa penjajahan dengan kedatangan Cornelis de Houtman ketanah Nusantara ini, maka hitungannya bener 3 setengah abad.

Namun hal tersebut bukanlah patokan "masa penjajahan", melainkan hanya hitungan tahun awal kedatangan dengan tahun akhir kepulangan (check in - check out).

Jadi persepsi kita selama ini yang menganggap bahwa "Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 tahun" adalah salah kaprah!!
Untuk itu pahlawan kebenaran datang untuk memperbaiki kesalahan fakta sejarah.
emoticon-Cool



2. Tujuan Pertama Belanda Datang Ke Daerah Nusantara

Quote:


Tujuan awal Belanda datang ke Nusantara adalah untuk berdagang, bukan untuk menguasai Nusantara.

Terus ngapain tuh Kompeni jauh-jauh datang dari Belanda hanya untuk berdagang diwilayah Nusantara kita?

Yang pertama, Nusantara kala itu adalah penghasil rempah-rempah terbesar di Asia. Mulai dari Lada, cengkeh, kemiri dan sebagainya. Nah rempah-rempah tersebut kagak numbuh di benua Eropa sana, makanya mereka mau jauh-jauh datang kemari hanya demi bumbu masak tersebut.

Yang kedua, perdagangan jaman dulu tidak menggunakan nilai mata uang, akan tetapi prinsip perdagangan jaman dulu adalah dengan 'Barter'. Yaitu menukar barang dengan barang yang dianggap bernilai sama.
emoticon-Matabelo

• Perusahaan Belanda Bernama VOC

Quote:


Karena peradaban Eropa lebih maju dengan Nusantarapada masa itu, Belanda mulai mendirikan perusahaan dagangnya sendiri yang diberi nama V.O.C.

Sekali lagi, Belanda hanya mendirikan 'Perusahaan dagang' bukan mendirikan 'Negara keduanya' dibumi Nusantara ini. Dan sistem penjajahan atau menguasai suatu daerah belum mereka lakukan saat itu, mereka hanya menguasai pasar perdagangan saja.

Contoh kecilnya, pasar Handphone Android terbesar sekarang dikuasai oleh pabrikan Cina bukan?
Nah begitu juga dominasi yang dilakukan oleh VOC dipasar perdagangan jaman dulu.

Intinya, VOC bukanlah sebuah negara, itu hanyalah sebuah perusahaan. Dengan aturan saling menguntungkan dengan wilayah pribumi.
emoticon-cystg

• Lokasi VOC

Quote:


Perusahaan Belanda yang bernama VOCtersebut hanya berlokasi didaerah bekas reruntuhan Bandar Jayakarta, itupun bukan berarti mereka menguasai wilayah tersebut. Hanya saja mereka diperbolehkan menempati daerah itu saja yang kemudian diberi nama Batavia.

Kesimpulannya, mereka tidak menduduki seluruh wilayah Nusantara pada saat itu, akan tetapi hanya menempati suatu daerah saja. Dengan tujuan menguasai sektor perdagangan, bukan wilayah politik.
emoticon-Matabelo

• Daerah Operasi Perdagangan VOC

Quote:


Seperti yang kita ketahui bahwa kedatangan Belanda pertamakali ketanah Nusantara adalah untuk berdagang, adapun pasar perdagangan yang dikuasai oleh Belanda yaitu Batavia, Banten, Ambon, Makassar, dan Jawa Barat.

Selain daerah yang disebutkan diatas, sebagian besar wilayah Nusantara masih memiliki penguasa besarnya seperti Sultan Aceh, Sultan Mataram, Sultan Gowa, Sultan Palembang, Sultan Banjar, dan Raja-raja Bali.

• Perusahaan VOC Dibubarkan

Quote:


Akhirnya Belanda membubarkan perusahaannya pada tahun 1799, dan mulai mendirikan kekuatan politiknya dibawah naungan Pemerintahan Republik.

Dari sinilah awal mula Belanda menguasai daerah yang ada diwilayah Nusantara, dimulai dari daerah bekas pasar perdagangannya yaitu VOC.



3. Awal Mula Penjajahan Belanda

Quote:


Setelah peristiwa peperangan yang terjadi antar kerajaan ditanah Nusantarapada tahun 1800 sampai dengan 1914, momentum tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Belanda. Yaitu untuk menguasai daerah bekas perang tersebut.

Belanda menguasai hampir keseluruhan wilayah NKRI pada saat itu, kecuali Aceh, pedalaman Kalimantan, dan pedalaman Papua.

Penjajahan Belanda dimulai dari tahun 1914 sampai tahun 1949, dan pada tahun 1942 sampai tahun 1945 Jepang mengambil alih kekuasaan Belanda.

Jika dihitung secara kalkulasi sederhana, penjajahan Belanda dimulai pada 1914 (setelah tragedi perang antar kerajaan) sampai dengan 1949, dikurangi masa 3 tahun kekuasaan Jepang. Dan total jumlah masa kekuasaan penjajahan Belanda hanyalah 32 Tahun!!
emoticon-cystg

• Asal Mula Persepsi "Indonesia Dijajah 350 Tahun Oleh Belanda

Quote:


Setalah Belanda membubarkan perusahaan dagangnya yaitu VOC,dan mendirikan wilayahnya sendiri didaerah Batavia yang bernama Hindia-Belanda.

Gubernur mereka Bonifacius Cornelis de Jonge yang menjadi pemimpin kala itu mengatakan, "Belanda sudah ada disini 300 tahun yang lalu, dan tetap akan disini untuk 300 tahun kedepan."

Pidato tersebut disampaikannya dihadapan masyarakat Batavia, dengan tujuan untuk menciutkan semangat para pejuang Nasional rakyat Nusantara kala itu.
emoticon-Blue Guy Bata (L)


Jadi, jangan ada lagi persepsi bahwa "Indonesia dijajah tiga setengah abad oleh Belanda". Karna pemikiran tersebut adalah pemikiran Belanda, kita sebagai bangsa yang pernah dijajah oleh mereka jangan mau berpikir seperti itu.

"Cukup fisik generasi masa lalu Nusantara aja yang dijajah oleh mereka, jangan sampai otak pikiran generasi modern pun dijajah oleh mereka.

Karena kalau hal tersebut terjadi, maka kita akan selalu berada dalam masa penjajahan. Dan kata-kata yang disampaikan oleh gubernur Belanda saat itu menjadi kenyataan!"

emoticon-I Love Indonesia (S) INDONESIA MERDEKA DALAM SEGALA BENTUK PENJAJAHAN!! emoticon-I Love Indonesia (S)



Penulis: AingMaung92
Sumber quote: (zenius.net)
Sumber gambar: google.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
wmt22 dan 95 lainnya memberi reputasi
Kalo boleh ngomong

Orang indo kalo ngeliat bule tuh kesannya gimana gitu

Makanya sempat ada ucapan bule yang terkenal banget "orang indonesia itu ramah"

Ramah ke siapa tapinya? Ya "ramah" ke bule

Orang kalo dikasih power terlalu banyak, biasanya jadi ngelunjak (power trip)

Inget ga waktu obama ngomong satu kata pake bahasa Indonesia, reaksinya gimana?

Ibaratnya mental jajahannya emang udah ada dari sononya

Sorry kalo pait tapi itu fakta

Setelah gue berhadapan sama bule langsung di lingkungan kerja, ya okelah mereka generally sopan dan ramah. Istilahnya friendly dan lebih supel.

Tapi kalo yang ngehek dan banyak tingkah juga ga kurangan. Apalagi bule ostral* dan new z*aland

Duh itu pada kampungan banget

Makanya JRX sempet komen eneg sama tingkah bule di bali

mampir mari yuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wmt22 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh exorio
profile picture
sialan6
kaskuser
Ostralian emang rednex. Medog lagi. Yg beradab banyak, tapi ane lebih sering berhubungannya sama rednex. Bulek murican yg ane resapi, mereka tuh paling ribut & kayak kelebihan energi. Bulek eropah baru yg ane rasa paling beradab. Tapi justru karena saking beradabnya, entah disadari mereka atau tidak, ada supelioliti komplex kaya udah mendarah daging di diri mereka. Contohnya bulek-bulek sekolahan nordix pas kesini, bener-bener teladan dah ane rasain. Tapi sampe bawa dokter sendiri, perpeksionis bersihin kamar yg disediain padahal dah bersih pisan ane bersihin. Bertanya-tanya & komper segala macem, mulai dari remeh temeh makanan, lalin, pakaian, sampe masalah disiplin, sosial welfer, demokrasi, & ekonomi. Buset gw pikir, nih bule selalu bilang: kenapa gak coba contoh kayak di tempat gw aje? Lah emangnya cuman ambil contoh, trus terapin, lancar, berubah, kayak mejik? Son gud, dasen work. Banyak variabel yg yang harus dipertimbangkan, mistel.
profile picture
exorio
kaskus addict
Hahaha kalo ngeropah cuma ketemu bule british sama prancis

British lumayan lah, dulu ada dihire sama kantor beberapa ekor jadi ya lumayan lama berhubungan sama mereka

Nah kalo prancis jorok hahaha

Pernah ada client prancis satu grup dateng ke kantor penampilannya kayak gembel semua hahaha

Terus co worker gue yang cewek disuruh ajakin keliling sama nunjukin tempat stay mereka, balik-balik ngomel ke gue bilang katanya tuh bule curhat ke dia kalo kesepian hahaha

intinya minta entertain eue gitu lah naga-naganya kan baik hahaha
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di