CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ridwan Kamil vs Buruh: SK Terbit, Ini Daftar UMK 2020 Jabar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de5ea4782d4953cd848e0ac/ridwan-kamil-vs-buruh-sk-terbit-ini-daftar-umk-2020-jabar

Ridwan Kamil vs Buruh: SK Terbit, Ini Daftar UMK 2020 Jabar



Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota tahun 2020. SK UMK 2020 ini dikeluarkan serikat buruh mengecam Ridwan Kamil yang hanya menyetujui kenaikan UMK 2020 dengan hanya surat edaran (SE).

SK UMK 2020 diteken pada Minggu, 1 Desember 2019. Ada 9 poin yang disampaikan dalam SK tersebut. Antara lain mencabut dan menyatakan tidak berlaku Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Barat Nomor 561/75/Yanbangsos tanggal 21 November 2019 tentang Pelaksanaan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2020.

Kini yang berlaku Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat 561/Kep983-Yanbangsos/2019 tentang upah minimum kabupaten kota di daerah provinsi Jawa Barat. Berikut daftarnya:

1. Kabupaten Karawang (Rp4.594.324)
2. Kota Bekasi (Rp4.589.708)
3. Kabupaten Bekasi (Rp4.498.961)
4. Kota Depok (Rp4.202.105)
5. Kota Bogor (Rp4.169.806)
6. Kabupaten Bogor (Rp4.083.670)
7. Kabupaten Purwakarta (Rp4.039.067)
8. Kota Bandung (Rp3.623.778)
9. Kabupaten Bandung Barat (Rp3.145.427)
10. Kabupaten Sumedang (Rp3.139.275)
11. Kabupaten Bandung (Rp3.139.275)
12. Kota Cimahi (Rp3.139.274)
13. Kabupaten Sukabumi (Rp3.028.531)
14. Kabupaten Subang (Rp2.965.468)
15. Kabupaten Kabupaten Cianjur (Rp2.534.798)
16. Kota Sukabumi (Rp2.530.182)
17. Kabupaten Indramayu (Rp2.297.931)
18. Kota Tasikmalaya (Rp2.264.093)
19. Kabupaten Tasikmalaya (Rp2.251.787)
20. Kota Cirebon (Rp2.219.487)
21. Kabupaten Cirebon (Rp2.196.416)
22. Kabupaten Garut (Rp1.961.085)
23. Kabupaten Majalengka (Rp1.944.166)
24. Kabupaten Kuningan (Rp1.882.642)
25. Kabupaten Ciamis (Rp1.880.654)
26. Kabupaten Pangandaran (Rp1.860.591)
27. Kota Banjar (Rp1.831.884)

SUMUR

Harusnya sih buruh Karawang, Bekasi, Depok, Bogor, dan Purwakarta harus lebih produktif dengan UMK segitu emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stiv8785 dan 19 lainnya memberi reputasi
Coba deh hidup di karawang dengan gaji segitu dengan istri dan 2 anak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stiv8785 dan 4 lainnya memberi reputasi
profile picture
cumipenjara
kaskus addict
Ini orang tipikal buruh yang kagak ada bersyukurnya.

Gw mau compare deh gaji gw sama lo. Tapi gw bukan buruh tapi pendapatan gw bisa dibilang mirip dikit sama UMK lo di karawang.

Gw kerja di jakarta selatan. Circle gw mau di kantor atau rumah hedon semua, maklum Ibukota.

Tapi dengan gaji yg mirip kek UMK karawang lo itu gw bisa ngidupin nyokap gw yg udah jadi single parent, adek gw yg masih kuliah, dan adek gw yg masih SMA.

Lo bilang makan 3jutaan? Lo idup cuma di karawang tapi sok makan enak mulu ye? Gw tinggal di ibukota aje gak sampe segitu budget buat makan keluarga gw.

Tapi anehnya, gw selalu ngerasa cukup aja sih sama pendapatan gw, gak tau kenapa. Mindset mungkin ya.

Beda sih sama lo yg selalu ngerasa kurang. Anak lo udah nyentuh bangku kampus belom? Kalo masih sekolah aja lo udah ngeluh begitu, gimana kalo lo ngalamin yg kek gw sekarang emoticon-Wink

Gw masih muda, umur belom nyampe 24, harusnya gw lebih hedon dari lo yg udah tua. Tapi gak tau kenapa gw selalu ngerasa berkecukupan aja sama pendapatan gw yg mirip percis bgt sama UMK karawang lo itu.

Lebih mantepnya lagi sebulan sekali gw masih bisa ngajak makan enak keluarga gw di Abuba or kintan.

Semua itu pasti bisa dicukupin bro. Gaya idup lo itu yg ketinggian. Jangan lo salahin anak 2 lo sama bini lo.

Kalo tau skill cuma bisa jadi buruh ya jangan ng3we mulu, biar pas anak lo udah mulai sekolah kagak ngeluh.
emoticon-Angkat Beer
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di