CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
5 Pepes yang Populer dan Bikin Ketagihan, Dijamin Lapar !
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de2760bfac4482f75399d93/5-pepes-yang-populer-dan-bikin-ketagihan-dijamin-lapar

5 Pepes yang Populer dan Bikin Ketagihan, Dijamin Lapar !

Aneka pepes yang populer dan nge-hits dalam keseharian kita.


Assalamualaikum Agan dan Sista yang kece, gimana nih kabarnya today, semoga semuanya baik-baik saja.


Seperti biasanya, kalau weekend ane datang membawa kabar kabur seputar kuliner. Sapa tahu bisa jadi inspirasi buat Agan dan Sista buat berkreasi di akhir minggu. Kali ini ane akan membahas seputar dunia perpepesan.


Siapa tak kenal pepes, jenis kuliner yang hampir ada di setiap penjuru Nusantara. Ciri khas kuliner ini menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya lalu dikukus untuk mematangkannya. Nah, jelas lebih sehat dibandingkan kuliner yang digoreng, ya Gans. Apalagi citarasa makanan yang dibungkus daun pisang, sangat menggoda aromanya.


Pada pepes yang populer tersebut, semuanya ada kesamaan dalam pemakaian bumbu dan pembuatan.
Bumbu yang digunakan antara lain :

- bawang merah
- bawang putih
- cabai merah
- kunyit
- kemiri
- jahe
- lengkuas
- serai dan daun salam
- kemangi
- gula, garam, penyedap secukupnya

Pembuatannya pun sangat mudah, haluskan semua bumbu kecuali daun salam, serai dan kemangi. Lalu balurkan pada bahan yang digunakan untuk pepes, bungkus daun pisang dan semat dengan lidi lalu kukus hingga matang. Mudah sekali ya, Gans.



Dibawah ini adalah jenis-jenis pepes yang nge-hits dan paling populer dalam keseharian kita versi ane. Apa saja itu, let's cekidot ...


1. Pepes ikan
Ikan yang digunakan bisa ikan apa saja, namun pada umumnya ikan nila, ikan mas, ikan kembung adalah ikan-ikan yang populer untuk dipepes. Namun, Gansist boleh koq mencoba ikan jenis lainnya.



Sumber : titipku.com


2. Pepes ayam
Bagian ayam yang sering dipepes adalah paha dan sayap, Gans. Bagian yang dekat dengan tulang itu emang paling enak kalau dimakan terus disesap tulangnya. Hmmmm sedap.



Sumber : craftlog.com


3. Pepes usus ayam
Pepes ini untuk sebagian orang kurang suka, mengingat tampilannya yang agak horor, namun Gans, salah satu jeroan ini justru sangat enak jika dibuat pepes. Berani mencoba Gans? Atau justru terbayang-bayang bentuknya?



Sumber : cookpad.com


4. Pepes jamur
Jamur tak cuma sedap ditumis atau dibikin sayur berkuah. Dimasak pepes pun sangat sedap dinikmati. Jamur tiram dan jamur kancing adalah jamur yang lazim dipakai untuk pepes. Sangat nikmat tiada tara nih ....



Sumber : cookpad.com


5. Pepes tahu
Siapa tak kenal tahu, bahan makanan yang selalu enak dimasak apa saja. Dipepes pun tak kalah sedap, apalagi jika dicampur dengan teri kering ataupun suwiran ayam, makin mantap dinikmati. Bumbunya pun sangat sederhana dibandingkan dengan pepes lainnya, hanya bawang merah, bawang putih, daun bawang, cabai, garam dan penyedap ( boleh skip ) secukupnya, daun kemangi dan telur.



Sumber : pinterest


Waw, sangat menggoda kita untuk makan, ane mendadak lapar nih. Bagaimana Gansist, tertarik untuk mencobanya? Jangan ditunda karena kuliner ini sangat menggoda dan lupakan diet untuk sesaat. Makan enak sambil melestarikan kuliner Nusantara, mantap!


Demikianlah sedikit tulisan dari ane, semoga bermanfaat ya,
Wassalam
.


Bye ... Bye ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh VitaArkana
Quote:


Otw masak yuk
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan masnukho memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di