CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Klarifikasi Tous Les Jours Soal Aturan Ucapan Kue Berbau SARA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd78b72a2d19537cc0ea70f/klarifikasi-tous-les-jours-soal-aturan-ucapan-kue-berbau-sara

Klarifikasi Tous Les Jours Soal Aturan Ucapan Kue Berbau SARA



Salah satu gerai toko roti dan kue Tous Les Jours memicu kontroversi. Salah satu gerai yang diduga di kawasan Jakarta Selatan, membuat dan memasang aturan penulisan ucapan kue yang berbau SARA.

Aturan tersebut berbunyi ‘Store tidak boleh menjual sesuatu yang bertentangan dengan syariat islam’. Salah satu klausul atau poinnya menuliskan larangan ucapan tulisan di atas kue berupa ucapan selamat hari besar agama seperti Natal, Imlek dan lainnya. Lalu perayaan lain yang bertentangan dengan agama islam seperti halloween atau valentine.



Sedangkan yang boleh dituliskan hanya ucapan selamat hari jadi seperti pernikahan, dan promosi jabatan. Kemudian ucapan seperti ‘I Love You’ dan ‘You Are The Best’ juga dilarang.

Aturan tersebut juga diunggah oleh salah satu pengunjung yang menyebar di media sosial lewat sebuah video. Video berdurasi 19 detik pun ramai menjadi perbincangan netizen. Banyak juga netizen yang kecewa dengan aturan tersebut.

“Saya ingat bisa juga kok 1-2 tahun lalu beli dengan ucapan Merry Christmast. Jadi ini mungkin aturan baru,” tulis salah satu warganet.

“Wah saya sudah kecewa, masih banyak toko kue lainnya,” tulis akun lainnya.

Lewat akun Instagram Tous Les Jours @TousLesJoursid, pihak manajemen membuat klarifikasi secara terbuka. Pihak manajemen mengklaim aturan tersebut bukan aturan yang berlaku umum di semua store.

“Bahwa terkait peraturan penulisan ucapan cake sebagaimana yang terlihat dalam video, foto atau informasi yang sedang ramai beredar BUKAN peraturan resmi yang dikeluarkan oleh toko kami,”

“Bahwa dalam kegiatan menjalankan usaha kami di Indonesia, kami sangat mengedepankan toleransi keberagaman, suku, agama, ras, budaya, dan atau antar golongan,” tuturnya.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi dan kami sangat beterima kasih atas dukungan serta kepercayaan semua pihak kepada Tous Les Jours selama ini,” tegas pihak Manajemen Tous Les Jours Indonesia.

https://www.jawapos.com/nasional/huk...rbau-sara/?amp


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kerupuklatos dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
merek kue dari Korea ini dikelola oleh franchisee bukannya? mungkin franchisee boleh punya kebijakan sendiri untuk unit franchise yang dikelolanya. ya orang termasuk franchisee punya keyakinan dan pekerjaan tiap orang bias dipengaruhi oleh keyakinannya. bukannya rasis, kadrun atau radikal franchisee toko kue ini bikin peringatan untuk tak melayani greeting tertentu, toh dia gak musuhin orang beda agama dan ras, toh ibadah umat agama lain kagak diganggu ama franchisee itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kerupuklatos dan 6 lainnya memberi reputasi
profile picture
Fujimiya
kaskus addict


Sebenarnya sih gan, orang marah banyakan karena ini dulu2 TLJ ga kayak gini, eh tiba2 ada aturan kayak gini, yah org2 ngamuk lah,saya tau perkembangan TLJ dari sejak pertama buka di Senayan city, dulu ada roti namanya SOBORO yg roti isi kacang merah dengan kulit2 rada renyah gini, ITU ROTI ENAK BANGET UTK BERBUKA PUASA DENGAN TEH MANIS(maaf capslock, tapi memang saya suka banget dengan mendiang roti ini) sayang kira2 setahun setelah buka tanpa alasan yang jelas TLJ tidak lagi ngejual roti ini, Ooohhh Soboro kenapa kamu tidak ada lagi T_T

Dan juga saya udh tanya2 ke teman kantor saya yang kebetulan emak2 Chinese dan suka beli kue ultah dari TLJ, terakhir dia beli kue bulan lalu TIDAK ADA ATURAN SEPERTI ITU, jadi ini sepertinya memang ada semacam political attack yang disengaja mengingat sudah mau natal/tahun baru dengan memanfaatkan nama besar TLJ. TLJ Korea katanya sudah bertindak .
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
profile picture
inreallifeasu
kaskus maniac


well, mau political attack atau apapun itu, g hanya membaca klarifikasi dari pihak resmi franchise TLJ tersebut dan terkesan kalau franchiseenya bisa membuat SOP tersendiri digerainya.

G ga akan berkomentar mencela franchise tersebut karena itu urusan internal mereka, lagian mereka ga pernah memaksa g untuk beli produk mereka disana, tapi g juga mungkin ga akan pernah mau belanja di sana emoticon-Smilie
profile picture
theJizyah
kaskus addict



setuju
tapi jangan cuma roti aja
sekalian mujahidin dan jihadist bom bunuh diri juga bilangin gak usah ngurusin kafir .. urusin aja internal sendiri .. kalau mau bom ya jangan bom gereja kayak di surabaya .. jangan bom wilayah bali karena itu wilayah kafir ..

jadi ... jangan mau enaknya aja emoticon-Big Grin kalau roti boleh cuma nyasar satu golongan juga? tapi kalau bomber bunuh dirinya? malah kudu menyasar golongan lain yang gak ada sangkut pautnya?

kalau mau menerapkan sesuatu ya konsisten dong emoticon-Big Grin

profile picture
theJizyah
kaskus addict



charlie hebdo juga punya aturan sendiri
tapi tetap aja umat nabi palsu membunuhi orang2 disana
apakah charlie hebdo memusuhi agama tertentu? tidak
mereka memperlakukan semua agama sama ..

dan sekalian jangan cuma rotinya yang gak ganggu agmaa lain , sekalain jihadis2nya dan bomber bunuh dirinya jangan ganggu agama lain emoticon-Big Grin kalau mau ngebom sebaiknya kalian imbau bomnya kudu ditengah2 kalangan sendiri atau di bangunan yagn seagama emoticon-Big Grin jangan ganggu agama lain emoticon-Big Grin

mau enaknya aja emoticon-Big Grin
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di