KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
3 Kesalahan Tindakan ‘Pengobatan’ Demam pada Bayi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc50172a7276814482f490f/3-kesalahan-tindakan-pengobatan-demam-pada-bayi

3 Kesalahan Tindakan ‘Pengobatan’ Demam pada Bayi

 

Ilustrasi. (Pixabay)





Kondisi demam pada bayi memang sering kali membuat orang tua merasa khawatir, bahkan hingga panik. Orang tua juga kerap melakukan berbagai hal yang sejatinya tidak membantu kesembuhan sang bayi.

Melansir laman CNNIndonesia.com, berikut terdapat tiga tindakan umum yang seharusnya dihindari jika bayi dalam keadaan demam.

1.      Langsung memberi obat

Demam ringan dengan suhu tubuh berkisar dari 37,6 sampai 37,9 derajat celcius tidak selalu berarti buruk. Kondisi ini terkadang merupakan cara tubuh untuk memerangi infeksi.

“Penelitian menunjukkan bahwa terlalu sering menekan demam, penyakit mungkin akan membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh”, ujar Dr Dawn Lim, konsultan dokter anak di Kinder Clinic di Paragon Medical Centre, Singapura.

Alih-alih langsung memberi obat, Dr Lim menyarankan untuk melakukan langkah sederhana pada bayi seperti mandi spons atau kompres dengan suhu ruangan sekitar 25-30 derajat celcius.

Namun jika suhu tubuh bayi masih naik, berikan obat seperti paracetamol.

2.      Menyelimuti tubuh bayi

Ketika bayi demam, orang tua acap kali menutupi tubuh mereka dengan selimut dengan tujuan supaya bayi dapat berkeringat dan demam pun hilang. Padahal tindakan ini belum dibuktikan secara ilmiah dan malah dapat memperburuk kondisi.

Mengutip Asia One, manajer perawat senior dan ahli laktasi di Mount Alvernia Hospital, Kang Phaik Gaik menjelaskan bahwa tindakan menyelimuti bayi justru bisa membuat suhu tubuh bayi semakin meningkat.

Hindari tindakan ini dan lakukan cara lain seperti memakaikan baju yang ringan dan tipis pada bayi. Pastikan juga bayi berada di dalam ruangan dengan ventilasi yang baik.

3.      Mandi air dingin

Air dingin yang tiba-tiba mengenai tubuh dengan suhu tinggi mampu mengakibatkan pembuluh darah di kulit menutup dan membuat panas tetap berada di dalam tubuh.

Untuk menghindari hal ini, Dr Lim menganjurkan untuk melakukan kompres atau mandikan dengan air yang agak hangat.

Saat mengelap bayi, Phaik Gaik juga menjelaskan bahwa orang tua harus tetap berhati-hati pada bagian ketiak dan kunci paha atau selangkangan. Pastikan bahwa area tersebut benar-benar kering.

profile-picture
junaedi1982new memberi reputasi
makasih gan infonyaa bermanfaat banget buat anee
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di