CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Tips dan trik merawat motor dengan sederhana agar selalu terjaga, awet dan tahan lama
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc41476349d0f6b0a2235a1/tips-dan-trik-merawat-motor-dengan-sederhana-agar-selalu-terjaga-awet-dan-tahan-lama

Tips dan trik merawat motor dengan sederhana agar selalu terjaga, awet dan tahan lama

Tips dan trik merawat motor dengan sederhana agar peforma mesin selalu terjaga, awet dan tahan lama



Seperti yang kita ketahui kendaraan sepeda motor semakin merajalela di negara tercinta kita ini yaitu Indonesia, dimana pada jaman sekarang ini hampir setiap rumah memiliki kendaraan sepeda motor, karena memang di anggap menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk memudahkan kita saat bepergian.

Namun sangat di sayangkan dimana dari 1001 pemilik kendaraan hanya bisa mengendarainya saja ,tanpa memerhatikan kondisi dan perawatannya. Padahal seharusnya merawat sepeda motor harus lebih penting dan lebih mudah daripada kita saat membelinya.

Jika kalian termasuk pemilik kendaraan yang seperti itu mungkin tips dan trik merawat motor dengan cara sederhana ini bisa kalian praktekan sendiri di rumah. Baik motor Injeksi maupun Carburator tips dan trik ini bisa kalian lakukan. Oleh sebab itu mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Tips dan trik merawat motor dengan sederhana

Panaskan mesin motor di pagi hari

Memanaskan mesin motor di pagi hari secara rutin adalah cara merawat motor dengan sederhana, akan tetapi dampak nya lumayan besar terhadap mesin. Karena pada pagi hari mesin motor masih dalam keadaan dingin otomatis oli mesinpun belum naik, oleh sebab itu memanaskan mesin motor di pagi hari sangat membantu mesin itu sendiri untuk menciptakan peforma dan putaran mesin yang maksimal.

Memanaskan mesin motor cukup dengan waktu 5 menit saja dan akan lebih baik lagi jika pada saat mesin akan di hidupkan, di engkol engkol lebih dulu.

Service motor secara berkala

Merawat motor selanjutnya dengan cara service secara berkala, kalo di bengkel bengkel resmi mungkin servic secara berkala itu meliputi ,dari ganti oli membersihkan injektor/ carbu sampai penyetelannya.

Tapi jika kalian hobi utak atik motor sendiri atau iseng iseng berhadiah 😁, kalian bisa memulainya dari membersihkan busi, fillter udara dan injektor / carburator.

Untuk motor injeksi mungkin lebih gampang untuk memberaihkan injektornya dimana bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan carbu clener pada lobang fillter udara. Tapi kalo carburator mau ga mau dengan cara membongkarnya.

Ganti oli secara berkala

Perawatan motor yang terakhir yakni mengganti oli secara berkala ,dimana mungkin kalo kata bengkel resmi mah setiap 1000 km maka oli mesin harus segera diganti ,kemudian oli gardan atau (transmisi) setiap pada 5000 km juga harus diganti, tapi kalo buat bengkel bengkel rumahan mah mungkin mengganti oli bisa dilakukan setiap 2 atau 3 bulan sekali, dan ganti oli girbok setiap 3 kali ganti oli mesin.

Jadi pada intinya merawat motor itu sangatlah penting dan sangat mudah dibanding pada saat kita membelinya. Selain itu untuk menjaga mesin motor slalu prima Merawat motor juga sebagaian cara menbuat motor agar lebih awet dan tahan lama.

([url]https://kangkigi.blogspot.com/?m=1)
Diubah oleh kangkigi
gas polll gaes
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di