KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc12d70a727686f903d84d0/7-hal-yang-harus-kamu-siapkan-sebelum-mengadopsi-kucing-liar

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Nggak perlu punya kucing ras yang mahal. Kucing liar yang sering mondar mandir di sekitar rumah kalian aja udah cukup bikin gemes. Ngelus-ngelus atau ngasih makan mereka aja rasanya nggak cukup. Karena nggak tegaan, kadang kita pingin bawa mereka pulang dan jadiin mereka hewan peliharaan resmi di rumah. 



Eits, mengadopsi kucing liar itu nggak semudah membawa mereka masuk ke rumah kalian dan membiarkan mereka hidup di sana, Gan SIs. Kucing liar juga butuh perhatian khusus, dan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum resmi menyambut mereka ke dalam keluarga kalian.

Pastinya, pertama-tama kalian harus pastiin yah kalau kucing liar itu beneran kucing jalanan dan bukan kucing orang yang lepas, juga belum diadopsi sama orang lain. Kalo udah, baru deh kalian bisa persiapkan hal-hal di bawah ini :


1. Siapkan tempat bersembunyi



Kalau kalian sering main-main sama kucing, kalian pasti tau deh kalo mereka itu demen banget ngumpet di tempat-tempat sempit, seperti di dalam kardus atau nyempil di antara bantal. Semua kucing butuh tempat persembunyian pribadi, terutama kucing liar, karena mereka nggak terbiasa berbagi tempat sama orang atau hewan lain. Nah, sebelum kalian membawa kucing liar ke rumah kalian, pastiin dulu rumah kalian punya tempat-tempat persembunyian yang aman bagi si kucing supaya si kucing juga merasa aman dan nyaman berada di lingkungan barunya.
 

2. Periksakan ke dokter hewan

Kita nggak tahu gimana kondisi kesehatan kucing yang udah lama hidup di jalanan tanpa rumah dan perawatan. Bisa jadi mereka di tubuh mereka bersarang parasit, seperti tungau dan kutu, yang emang sering dimiliki sama kucing liar. Jadi, sebelum mengadopsi mereka, untuk kebaikan para pemiliknya dan kebaikan si kucing itu sendiri, segera bawa ke dokter hewan.  
 



3. Persiapkan segala kebutuhannya

Sebelum resmi menjadi orang tua baru bagi seekor kucing jalanan, pastikan kalian udah menyiapkan segala kebutuhannya. Kebutuhan yang terpenting adalah kotak pasir dan makanan. Menurut Dr. Sara Ochoa, dokter hewan dan konsultan dari DogLab, hal pertama yang akan dilakukan kucing saat sampai di rumah kita adalah membuang kotoran. Jadi, pastikan kalian udah menyediakan kotak kotoran mereka  di tempat yang mudah dijangkau.



Ada juga hal-hal lain yang bisa kalian beli untuk mereka, seperti mainan, snack, dan kalung, tapi semua itu bisa ditunda, makanan dan kotak pasir adalah yang harus segera kalian beli.


4. Persiapkan hewan peliharaan lainnya

Kalau Gan Sis udah punya peliharaan di rumah, seperti kucing lain atau anjing, kalian juga harus mempersiapkan mereka nih sebelum membawa “anggota” baru ke dalam rumah. Terutama kalau peliharaan Gan Sis yang sekarang kurang bisa berinteraksi dengan baik sama hewan lain.



Ajak mereka jalan-jalan dan main sama hewan lain untuk membiasakan mereka. Kalau butuh bantuan, Gan Sis juga bisa memanggil trainer khusus. Selain membiasakan peliharaan kalian yang sekarang, kalian juga harus membiasakan si pendatang baru. Pastikan semua hewan peliharaan kalian bisa bergaul dengan baik, dan awasi interaksi mereka di hari-hari pertama.
 

5. Persiapkan budget



Memang mudah buat kepikiran untuk mengadopsi seekor kucing, tapi kita harus melihat juga apakah kita punya budget yang cukup buat bener-bener merawat mereka. Menurut Dr. Geof DeWire, dokter hewan dari PrettyLitter, mengadopsi hewan peliharaan sama seperti melahirkan anak—biayanya nggak sedikit. Pastikan kalian udah punya budget yang cukup untuk memberikan perawatan yang layak bagi mereka, mulai dari makanan, sampai biaya-biaya pengobatan yang nggak terduga.
 

6. Hadapi dengan sabar

Kalian mungkin semangat buat menyambut si kucing jalanan ke rumah kalian. Tapi, kalian juga harus pikirin dong perasaan si kucing. Kucing yang biasa hidup di jalanan mungkin merasa nggak nyaman selama masa-masa transisi mereka. Meski kalian udah menyediakan tempat untuk tidur, makan, dan menghujani dia dengan kasih sayang, si kucing masih bisa merasa takut.



Membuat kucing terbiasa di dalam keluarga yang baru itu butuh waktu, dan kesabaran adalah kunci. Jadi, jangan keburu frustrasi ya sama tingkah kucing yang mungkin belum terlalu ramah sama kalian.
 

7. Bersiap merubah gaya hidup

Kucing jalanan, terutama dengan latar belakang yang kurang baik, mungkin punya tingkah laku yang nggak biasa, dan berbeda dari kucing-kucing rumahan lainnya. Kalau kalian bener-bener serius ingin merawat si kucing, kalian harus siap buat menghadapi tingkah laku mereka ini, dan mungkin melatih kebiasaan-kebiasaan tertentu dari awal.



Selain itu, nggak semua kucing itu bisa cocok dengan semua keluarga. Misalnya, sebagian kucing mungkin cocok dengan rumah yang dihuni anak-anak, dan sebagian lain nggak. Beberapa kucing juga nggak akan cocok dengan gaya hidup tertentu dari si pemiliknya. Jadi, kalau kalian punya masalah dalam melibatkan si kucing di kehidupan rumah kalian, kalian harus siap mengubah gaya hidup tertentu.
 

Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uusDK dan 10 lainnya memberi reputasi
Quote:


sayang duitnya kalau tak beliin wiskas, ane aja ga pernah makan enak emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
uusDK memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di