CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dbf99858d94d07b4509bbf3/aneka-gorengan-legendaris-di-purwokerto

Aneka Gorengan Legendaris Di Purwokerto

Ketupat sampai ampas tahu bisa jadi gorengan nikmat



Jumpa lagi gansis, cuaca akhir-akhir ini menjadi sangat dingin membuat perut lapar seharian. Di sini tukang gorengan laris manis gansis.

Untuk yang pernah berkunjung ke Purwokerto, pasti pernah dong melihat macam gorengan disini? Apa aja digoreng dan jadi cemilan enak.

1. Mendoan



Ini sudah jadi trademarknya Purwokerto dan kota seBanyumas. Tempe tipis yang digoreng dengan campuran tepung terigu, bumbu dan daun bawang.
Semua yang pernah tinggal di Purwokerto pasti deh pernah makan gorengan satu ini. Bahkan anak rantau yang tinggal di Purwokerto banyak yang menyukai dan terkesan gorengan ini.


2. Getuk goreng



Getuk merupakan olahan dari singkong yang diberi gula jawa/gula merah sehingga terasa manis. Sebenarnya konon asal mula getuk goreng dari Sokaraja, sebuah kota di sebelah Purwokerto. Namun banyak pula ditemui di Purwokerto.varian dari Getuk goreng ini sekarang sudah bermacam-macam. Selain rasa original adapula rasa lain seperti, durian, coklat, nangka, nanas dan rasa lainnya.


3. Jalabia



Dari bentuknya jalabia mirip dengan donat. Terbuat dari singkong atau ketela pohon yang dibuat bulat dengan lubang di tengah. Seperti donat untuk memasaknya digoreng sampai mengambang yang menandakan jalabia tersebut sudah matang. Rasanya gurih cocok untuk teman minum kopi atau teh.


4. Tomplo



Biasa disebut juga templek, dibuat dari sisa pembuatan tahu (ranjem). Ranjem dibulat-bulat dicampur bumbu pedas lalu digoreng dengan tepung. Mungkin gansis ngga yakin dengan bahannya tapi soal rasa, enak dan gurih apalagi dimakan saat hangat.


5. Combro



Makanan ini dibuat dari singkong yg diparut dan dihilangkan kandungan airnya. Dibentuk bulat lonjong dan diisi dengan sambal oncom pedas lalu digoreng garing.


6. Dage



Pembuatan dage mirip dengan mendoan hanya bahan dasarnya adalah bungkil kelapa, beda dengan tempe bongkrek ya. warnanya juga hitam. Tidak segurih mendoan tapi banyak penggemar dage, termasuk ane


8. Penjorangan



Biasanya ketupat dijadikan campuran opor atau soto sebagai pengganti nasi. Namun disini kupat jadi camilan yang disukai. Ketupat diiris-iris lalu dicelupkan tepung terigu dan digoreng. Tepungnya kasih bumbu dulu biar rasanya gurih ya.


9. Kampel



Dalam bahasa jawa kampel mempunyai arti pelukan. Kenapa pelukan? Ternyata kampel adalah perpaduan ketupat dan dage atau tempe yang ditempel jadi satu dengan sambal di bagian tengah, lalu dibalur tepung dan digoreng.
Buat ane ini makanan terpraktis dan enak, ada gorengan dan ketupat dalam satu tangkupan. Satu biji aja udah kenyang gansis.

Demikian beberapa gorengan yang bisa gansis temui di daerah Purwokerto sekitarnya.
Adalah beberapa dari gorengan tersebut yang jadi favorite gansis?

Untuk yang belum pernah mencoba bisa dicicipi saat datang kemari, ane traktir deh. 😊

Terimaksih kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Sumber : opini pribadi
Link foto : header
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Indriaandrian
makan gorengan harus dibarengi banyak air putih.
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di