- Beranda
- Komunitas
- News
- Sejarah & Xenology
MISTERI ISLAM AWAL [M.I.A] | Reconstruct Early Islamic History out of Tradition
TS
tyrodinthor
MISTERI ISLAM AWAL [M.I.A] | Reconstruct Early Islamic History out of Tradition
أتاني بإسناده مخبر، وقد بان لي كذب الناقل
"Dia datang kepadaku mengabarkan isnad-nya, dan aku menukilkan sebuah dusta"
(Abul-'Ala Al-Ma'arri- Diwan No. 23265)
TEMPORARY INDEX
"Dia datang kepadaku mengabarkan isnad-nya, dan aku menukilkan sebuah dusta"
(Abul-'Ala Al-Ma'arri- Diwan No. 23265)
TEMPORARY INDEX
Selamat Datang di MIA
Pengantar Umum
HISTORIOGRAFI
- Sumber-sumber Tertulis Non-Muslim s.d. 690
- Sumber-sumber Tertulis "Muslim" s.d. 690
- Literatur Apokaliptika
- Sumber-sumber Tertulis Non-Muslim s.d. 900 : (coming soon)
- Pandangan Saksi Hidup Tentang Muslim Awal
KRITIK ASAL-USUL HADITS
- Pengantar Singkat Tentang Hadits
- "Keunikan" Al-Muwaththa'
- Pembuktian Awa'il
- Misteri Hadits Abu Bakar-'Umar-'Utsman-'Ali
- Asal-Usul Konsep Sunnah
- Pengembangan Hadits di Kota-kota Besar dan Karakter Isnad
- Isnad Hijazi
KRITIK-HISTORIS HADITS
- Peranan Qadhi Perawi dan "Terduga" Perawi
- Daftar Qadhi Perawi (s.d. 850an)
- Kejanggalan Hadits-hadits Mutawatir
- Kritik Sumber Rijal Sanad
- Teori Sintesis Kontemporer:
- Teori Common Link Juynboll
- Teori Projecting Back Schacht-Juynboll
- Teori Isnād cum Matn Motzki
ASAL-USUL FIQH
1. Madzahib Kuno Pra-Syafi'i
2. Ikonoklasme Leo III dan Yazid II
3. Rivalitas Muhaddits Bashrah vs Kufah
4. Asal-Usul Sunnah
5. Abu Hanifah dan Murid-muridnya
6. Rivalitas Ahlur-Ra'yi vs Ahlul-Hadits
7. Mu'tazilah dan Kebijakan Mihnah
8. Kebangkitan Asy'ari dan Penyeragaman 'Aqidah
9. Persekusi Ekstrimis Hanabilah
AL-QUR'AN TERTULIS
1. Masalah Dalam Tradisi
2. Tradisi Sab'atu Ahruf
3. Scriptio Defectiva dan Scriptio Plena
4. Manuskrip-Manuskrip Tertua
5. Evolusi Rasm Al-Qur'an
AL-QUR'AN ORAL
1. Al-Qur'an Pada Periode Primitif
2. Markers of Orality
- Karakteristik & Proporsi
- Abraham & Pengumuman Tentang Anaknya
- Clausula & Contoh Exegesis Alkitabiah
3. Contoh: Polemik Al-Ma'idah: 41-87
4. Konten Al-Qur'an
KRITIK-HISTORIS SIRAH
1. Kepenulisan Sirah
2. Konten Sirah
3. Karakteristik Sirah Ibnu Ishaq
4. Maghazi dan Asal-Usul Hudud
- Kritik Kisah Penghukuman Bani 'Urainah
- Kritik Kisah Perjanjian Hudaibiyyah
- Kritik Kisah Perang Badar dan Uhud
- Kritik Kisah Pengusiran Bani Quraizhah
- Kritik Kisah Fat'hu Makkah
- Kritik Kisah Pengepungan Khaibar
- Kritik Kisah Fadak
- Kritik Kisah Peristiwa Tsaqifah dan Bani Sa'idah
5. Muhammad mitologis VS Muhammad historis
MUHAMMAD
- Masalah Dalam Tradisi
- Salvation History
- Biografi Tradisional
- Misteri Kehidupan Muhammad
- Hanifisme
- Pengasingan Terhadap Karakter Muhammad
- Hilangnya "Putra" Muhammad
YAHUDI, MUHAMMAD, DAN ISLAM KLASIK
- Yahudi Mosaik vs Yahudi Hellenistik
- Yahudi dan Militansinya
- Beta Israel
- Gerakan Penafsiran Torah di Iraq
- Yahudi di Jazirah Arab
- Umma Document (1)
- Umma Document (2)
- Umma Document (3)
- Kronologi Evolusi Islam (1)
- Kronologi Evolusi Islam (2)
- Kronologi Evolusi Islam (3)
BAHASA ARAB DAN AL-QUR'AN
- Manuskrip-Manuskrip Al-Qur'an s.d. 900
- Bahasa Arab Kuno s.d. Bahasa Arab Klasik
- Pengaruh Bahasa-bahasa Asing
- Konten Dalam Al-Qur'an
- Al-Qur'an Hari Ini
- Corpus Coranicum
- Prophetic Logia
KESARJANAAN
- Tradisionalisme dan Orientalisme Lama
- Revisionisme dan Orientalisme Baru
- Neo-Revisionisme / Neo-Tradisionalisme
MISCELLANEOUS
- Geografi Arab Pra Muhammad
- Prasasti Yudeo-Arab Pra Muhammad
- Literatur Arab dan Evolusi Arab Klasik
- Ortografi Arab Kuno
- Kekeliruan Cara Berpikir Anti-Islam
FAQ
Diubah oleh tyrodinthor 15-05-2021 05:53
Bathara semar dan 87 lainnya memberi reputasi
72
129.5K
1.9K
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
TS
tyrodinthor
#72
ikut nimbrung ya.
hal mendasar mengapa Muslim awal dipastikan bukan sebuah gerakan keagamaan yang dimulai dari Makkah dan Madinah adalah:
1. tidak ada bukti tertulis sebelum tradisi menulis klaim tsb, yang ada malah bukti-bukti yang mengindikasikan mereka somewhere in the northwest or north Arabian.
2. Makkah bukan rute dagang Syria ke Yaman (sebenarnya ke Ethiopia). Makkah dan Ka'bah (yang konon menurut tradisi sudah dikenal sebagai pusat spiritual pagan Arab) juga tidak pernah disebutkan dalam berbagai sumber tertulis sebelum tradisi Islam menulisnya. banyak sekali puisi-puisi pada manuskrip atau prasasti Arab pra-Islam yang mengandung kidung spiritual pagan seperti A'sya bin Maimun Al-Qais, 'Abid bin Abrash, Imru Al-Qais, semuanya memuji dewa-dewi, memuji Bani Kindah, memuji Al-Maqah, memuji Himyar, memuji Aksum, memuji langit, bintang-bintang, planet, tapi gak ada pujian buat Ummul-Qurra' (Makkah).
3. Yatsrib/Madinah adalah jalur dagang Nabatean, Yatsrib disebutkan dalam sumber-sumber Syria dan naskah-naskah beraksara Musnad (Arab selatan) dan semua mengindikasikan Yatsrib itu sebelum Islam lahir merupakan kota mayoritas pagan dan Kristen, bukan pagan-Yahudi sebagaimana diceritakan tradisi.
hipotesis Gibson memang memiliki kelemahan, tapi harus dipahami sbb:
1. Gibson meminta hipotesisnya dimaknai bahwa kiblat Muhammad dan Muslim awal adalah Petra, tapi bukan sebagai kota asal Muhammad dan Muslim awal. Petra terlalu majemuk untuk dikatakan sebagai "milik Muslim awal". Muhammad dan milisinya berasal dari Arab utara & barat laut, tapi bukan dari Petra. Petra hanya sebagai kiblat.
2. kiblat Muslim awal sebenarnya adalah Yerusalem, sama seperti yang diceritakan tradisi, yang kemudian berbalik arah ke Petra. kultus terhadap Yerusalem memang ditunjukkan dari seluruh tindak-tanduk milisi Muslim awal.
boleh dilihat klarifikasinya di channel yusup doi.
oya, kalo gw bilang "Muslim awal", jangan membayangkan mereka semua adalah Arab yang beragama Islam. mereka semua dari segala kalangan bangsa dan monoteis. Yahudi memainkan peran besar dalam komunitas "Muslim awal" yang disebut sebagai komunitas "orang-orang yang percaya" (mu'minin). kemudian, ada semacam ekumenisme di dalam komunitas ini yang menunjukkan derajat kesalehan tertinggi yang disebut "orang-orang yang berserah diri/tunduk" (muslimin).
hal mendasar mengapa Muslim awal dipastikan bukan sebuah gerakan keagamaan yang dimulai dari Makkah dan Madinah adalah:
1. tidak ada bukti tertulis sebelum tradisi menulis klaim tsb, yang ada malah bukti-bukti yang mengindikasikan mereka somewhere in the northwest or north Arabian.
2. Makkah bukan rute dagang Syria ke Yaman (sebenarnya ke Ethiopia). Makkah dan Ka'bah (yang konon menurut tradisi sudah dikenal sebagai pusat spiritual pagan Arab) juga tidak pernah disebutkan dalam berbagai sumber tertulis sebelum tradisi Islam menulisnya. banyak sekali puisi-puisi pada manuskrip atau prasasti Arab pra-Islam yang mengandung kidung spiritual pagan seperti A'sya bin Maimun Al-Qais, 'Abid bin Abrash, Imru Al-Qais, semuanya memuji dewa-dewi, memuji Bani Kindah, memuji Al-Maqah, memuji Himyar, memuji Aksum, memuji langit, bintang-bintang, planet, tapi gak ada pujian buat Ummul-Qurra' (Makkah).
3. Yatsrib/Madinah adalah jalur dagang Nabatean, Yatsrib disebutkan dalam sumber-sumber Syria dan naskah-naskah beraksara Musnad (Arab selatan) dan semua mengindikasikan Yatsrib itu sebelum Islam lahir merupakan kota mayoritas pagan dan Kristen, bukan pagan-Yahudi sebagaimana diceritakan tradisi.
hipotesis Gibson memang memiliki kelemahan, tapi harus dipahami sbb:
1. Gibson meminta hipotesisnya dimaknai bahwa kiblat Muhammad dan Muslim awal adalah Petra, tapi bukan sebagai kota asal Muhammad dan Muslim awal. Petra terlalu majemuk untuk dikatakan sebagai "milik Muslim awal". Muhammad dan milisinya berasal dari Arab utara & barat laut, tapi bukan dari Petra. Petra hanya sebagai kiblat.
2. kiblat Muslim awal sebenarnya adalah Yerusalem, sama seperti yang diceritakan tradisi, yang kemudian berbalik arah ke Petra. kultus terhadap Yerusalem memang ditunjukkan dari seluruh tindak-tanduk milisi Muslim awal.
boleh dilihat klarifikasinya di channel yusup doi.
oya, kalo gw bilang "Muslim awal", jangan membayangkan mereka semua adalah Arab yang beragama Islam. mereka semua dari segala kalangan bangsa dan monoteis. Yahudi memainkan peran besar dalam komunitas "Muslim awal" yang disebut sebagai komunitas "orang-orang yang percaya" (mu'minin). kemudian, ada semacam ekumenisme di dalam komunitas ini yang menunjukkan derajat kesalehan tertinggi yang disebut "orang-orang yang berserah diri/tunduk" (muslimin).
Diubah oleh tyrodinthor 27-10-2019 04:51
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tutup