CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Apa Sih Hebatnya Smartphone dengan RAM 8 GB?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d998323c8393a25af29a34f/apa-sih-hebatnya-smartphone-dengan-ram-8-gb

Apa Sih Hebatnya Smartphone dengan RAM 8 GB?


Duh... di sini agan sista siapa nih yang nggak bisa lepas dari smartphone setiap harinya.... ayo cungg...?! Produk teknologi yang satu ini emang bikin nagih dan serasa tak mau lepas dari genggaman tangan, entah itu untuk penuhi kebutuhan mencari informasi di internet ataupun dapetin hiburan dengan nangkring di dunia maya. Semakin aktifitas GanSis yang padat merayap, tentu dukungan ponsel yang mutakhir pun wajib hukumnya demi dapetin pengalaman lancar jaya. Berbicara tentang lancar dalam menggunakan smartphone, RAM punya peran penting dalam menunjang performa handphone dan kebanyakan jadi salah satu pertimbangan ketika akan memilih gawai. Sekarang ini trend Smartphone RAM 8 GB jadi booming, pastinya ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. 

Apa Fungis RAM?
RAM (Random Acces Memory) mempunyai fungsi sebagai media penyimpanan sementara dari penyimpanan data atau sebuah instruksi - intruksi program yang sedang kita jalain dan sebelumnya sudah di eksekusi oleh Processor. RAM inilah yang nantinya bakal berjalan  mengakses data secara acak sehingga bisa menampilkan data yang pengguna smartphone inginkan dengan lebih cepat. Singkat cerita, semakin smartphone yang GanSis pakai memiliki RAM yang tinggi maka dari segi performa pun akan lebih menyuguhkan performa yang cepat. Tentunya ini bekerjasama dengan perangkat lainnya, seperti processor ataupun GPU. Pada bulan september lalu, OPPO meluncurkan smartphone 3 jutaan dengan RAM sebesar 8 GB, yaitu OPPO A9 2020. Dimana ponsel ini tak hanya usung urusan jeroan yang mantul, tapi dari segi lensa kamera pun mereka manjain para penikmat fotografi lewat smartphone. Faktanya, ponsel ini mengusung konsep empat kamera yang secara rinciannya adalah penggunanan lensa utama sebesar 48 Megapixel, 8 MP berfungsi sebagai lensa wide angle, 2 MP monokrom, dan 2 MP yang ditujukan untuk lensa portrait (Bahasan kamera bisa dibaca via link ini).


Balik lagi ke urusan RAM, banyak keuntungan ketika GanSis memiliki ponsel dengan  RAM yang besar seperti 8 GB yang ada pada OPPO A9 2020. Misalnya saja beberapa hal yang sudah ane list dalam rangkuman berikut ini .


1. Multitasking Super Lancar Gan!

Semakin padat ataupun banyak aktivitas dengan menggunakan gawai, sudah tentu tuntutan akan ponsel yang sempurna pun jadi sebuah keharusan, tak ada alasan lain melainkan kita pastinya benci sekali dengan kendala seperti lag ataupun hang yang dikarenakan kondisi RAM yang minim. Dengan kondisi RAM 8 GB tentu kita bisa menjalankan bisa berbagai aplikasi secara bersamaan tanpa harus takut space RAM habis. 


Salah sato contohnya, mungkin GanSis termasuk orang yang eksis di segala channel medsos, baik Instagram, Twitter, Facebook, ataupun buka Kaskus melalui App. Bersamaan dengan itu juga, agan juga masih haus informasi terkini dengan membuka aplikasi portal berita lain, dan sesekali membuka aplikasi chat messanger untuk berhubungan teman ataupun kerabat.


Punya RAM lega seperti OPPO A9 2020 yang memiliki 8 GB dijamin agan buka banyak aplikasi berbarengan pun tak akan ketemu dengan lag. Terkecuali, lag karena koneksi internet yang putus nyambung seperti hubungan agan dengan 'Si Dia' emoticon-Malu (S)

2. Penggila Game Mobile
Tumbus suburnya eSport di berbagai belahan dunia, tentu kita yang tinggal di Indonesia pun juga akan ikut terkena imbasnya. Faktanya, sekarang ini di Indonesia sudah menjamur kompetisi gaming mobile, dan juga banyaknya influencer gaming yang meraup banyak uang dari hobi mereka tersebut. Tak sedikit pula orang yang ingin unjuk gigi dalam game mobile, untuk seperti influencer ataupun gamer yang sudah terkenal duluan. 


RAM 8 GB yang ada di ponsel OPPO A9 2020 ini pun juga bakal mendukung untuk agan bertarung di berbagai permainan mobile. sebut saja untuk agan yang suka ML, Chess Rush atau game berbasis 3D lainnya, hingga PUBG mobile sebagai game FPS yang sangat digemari ini. Spesifikasi RAM yang lega ini pun secara otomatis akan membuat ponsel lancar dalam memainkan game-game tersebut, termasuk game yang bisa dikategorikan dalam gim berat. Sebagai contoh : TS pun pernah menjajal memainkan PUBG mobile dengan OPPO A9 2020 menggunakan setting rata kanan, dan hasilnya kondisi ponsel aman terkendali dan pergerakan pun tetap smooth.


Selain kedua hal di atas, penggunaan RAM yang besar tentu membuat kita sebagai pengguna lebih hemat waktu karena proses loading pemrosesan lebih cepat. Belum lagi, OPPO A9 2020 ini memang menggunakan RAM jenis LPDDR4x, dimana tak hanya soal pemrosesan yang lebih cepat saja, melainkan dari segi penggunaan arus daya pun lebih hemat. Jadi, RAM 8 GB yang ada di A9 2020 membantu kita sebagai pengguna bisa merasakan pengalaman ponsel yang cepat namun dengan daya yang lebih hemat. 
Kalau menurut agan sendiri, kira-kira apa lagi yah kegunaan RAM besar? Boleh dong komentar di mari dan reply agar jadi obrolan yang maknyus buat seluruh penghuni jagadraya KASKUS. Komeng terindah ane janji bakal angkut pe pejwan... 
Yuk, Diskusiin di mari Gan...










profile-picture
profile-picture
profile-picture
AsepHartanto dan 10 lainnya memberi reputasi
3gb juga udah lebih dari cukup buat ane emoticon-Cool
profile-picture
mr.kevin95 memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di