CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
7 Hal Sepele Yang Bikin Baterai Smartphone Kamu Cepat Habis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da3e8895cf6c467093706c5/7-hal-sepele-yang-bikin-baterai-smartphone-kamu-cepat-habis

7 Hal Sepele Yang Bikin Baterai Smartphone Kamu Cepat Habis

Kalau mau membeli sebuah smartphone memang harus pilih-pilih. Salah satu hal yang harus agan sista perhatikan dalam memilih sebuah smartphone adalah baterainya. Karena baterai merupakan sumber daya utama smartphone itu sendiri. Walaupun sebuah smartphone memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, itu belum tentu bisa menjamin daya tahannya juga bagus. Karena ada beberapa hal lain yang mempengaruhi ketahanan baterai sebuah smartphone.

Nah, pada thread kali ini saya telah merangkum 7 hal sepele yang bikin baterai smartphone kamu cepat habis. Apa sajakah itu...???
Yuk mari silahkan simak informasinya dibawah ini.

1. Tingkat Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Hal sepele pertama yang membuat baterai smartphone agan sista cepat habis adalah tingkat kecerahan layar saat berada di luar ruangan yang cerah. Terkadang agan sista harus menaikkan tingkat kecerahan layar ponsel agan sista saat berada diluar ruangan. Tujuannya tentu saja agar agan sista bisa membaca pesan dari pacar lebih mudah dan jelas (bagi yang punya pacar, hehehe/ tentu saja biar kelihatan jelas saat penggunaan ponsel). Untuk meminimalisir hal ini tentu saja atur tingkat kecerahan layar ponsel serendah mungkin. Sebisa mungkin hindari penggunaan ponsel di luar ruangan dan jangan lupa mematikan layar ponsel setelah digunakan. Kalau agan sista tidak ingin ribet, maka gunakan saja fitur kecerahan layar otomatis. Layar akan otomatis menyesuaikan kondisi pencahayaan di sekitar ponsel.

2. GPS Aktif Sepanjang Hari


GPS yang terus-terusan aktif juga bisa menjadi salah satu penyebab baterai ponsel agan sista cepat habis. Jika fitur ini tidak dimatikan, maka sistem akan terus melacak lokasi dimana agan sista berada. Fitur ini memang sangat berguna bagi sebagian orang terutama buat para driver ojek online. Dan buat agan sista yang suka berpetualang, beberapa aplikasi memang membutuhkan GPS untuk dapat bekerja. Salah satunya adalah Google Maps. Saat agan sista ingin mencari rumah gebetan, maka agan sista bisa mengetahui titik lokasinya dan mengarahkannya tepat ke depan rumah gebetan agan sista. Fitur ini memang sangat berguna. Tapi ya itu tadi, kalau dinyalakan terus menerus maka baterai jadi cepat sekali habis. Solusinya tentu saja jangan lupa mematikan GPS kalau sudah tidak digunakan lagi.

3. Lupa Mematikan Pemindai Wi-Fi

Kasusnya hampir sama dengan yang nomor dua. Kalau tadi lupa mematikan GPS, maka kali ini lupa mematikan pemindai Wi-Fi. Hal ini sering sekali terjadi pada agan sista yang suka numpang Wi-Fi teman, Wi-Fi tetangga atau Wi-Fi kampus. Kalau agan sista lupa mematikan pemindai Wi-Fi, maka sistem akan terus bekerja mencari cari sinyal Wi-Fi. Tentu saja hal ini membutuhkan konsumsi baterai yang cukup besar. Sehingga membuat baterai ponsel agan sista cepat sekali habis. Solusinya ya jangan numpang Wi-Fi saja terus-terusan, sekali-kali beli kuota lah (hehehehe, solusinya jangan lupa mematikan pemindaian Wi-Fi ketika sudah selesai digunakan).

4. Susah Sinyal


Mungkin belum banyak yang tahu kalau kondisi sinyal yang lagi kesusahan itu bisa menguras baterai jauh lebih cepat. Kalau kondisi sinyal lagi greget-gregetnya, maka mendingan agan sista aktifkan mode pesawat agar daya ponsel tidak cepat terkuras. Atau lebih baik matikan ponselnya saja dan nyalakan kembali di area dengan jangkauan sinyal yang lebih baik.

5. Software Yang Tidak Up To Date

Masalah baterai yang cepat habis juga bisa disebabkan oleh software ponsel agan sista yang sudah usang. Software yang diperbaharui biasanya membawa perbaikan untuk bug-bug tertentu. Yang mungkin berkontribusi pada masalah baterai ponsel agan sista. Jika memang demikian, maka sebaiknya segera perbarui software ke versi yang terbaru. Agan sista bisa buka opsi pembaruan sistem di menu pengaturan.

6. Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan Dilatar Belakang


Tidak semua aplikasi yang telah agan sista gunakan dan telah agan sista tutup akan berhenti begitu saja. Ada beberapa diantaranya yang terus beraktivitas di latar belakang untuk tujuan-tujuan tertentu. Terutama aplikasi sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, Line dan masih banyak lagi. Agar baterai jauh lebih awet, maka agan sista bisa menonaktifkan aplikasi-aplikasi yang tidak penting yang bekerja di belakang layar. Aplikasi Facebook misalnya, agan sista bisa pergi ke pengaturan dan pilih opsi aplikasi. Di sana terdapat informasi yang menunjukkan aplikasi yang sedang berjalan, berapa banyak kapasitas RAM dan berapa besar daya yang telah digunakan. Untuk mematikannya agan sista tinggal pilih aplikasi mana yang mau dimatikan. Kemudian pilih paksa berhenti. RAM akan menjadi lebih lega dan baterai ponsel akan menjadi lebih awet.

7. Masalah Hardware


Masalah pada hardware utamanya disebabkan oleh kondisi baterai yang memang sudah buruk atau pengisi daya yang rusak. Jika masa pakai ponsel agan sista sudah melebihi ketentuannya, sebaiknya agan sista ganti yang baru. Tapi berbeda dengan ponsel jaman dulu yang baterainya bisa dibongkar pasang dengan mudah. Ponsel zaman sekarang baterainya sudah ditanam semua. Jadi cukup susah untuk menggantinya. Harus di bawa ke tukang bongkar pasang baterai terlebih dahulu alias tukang service. Sekedar saran saja sih, dari pada ganti baterai yang juga lumayan mahal, mendingan ganti ponsel yang lebih up to date dengan model dan spesifikasi yang lebih bagus lagi.

Nah itu dia gansis 7 hal sepele yang bikin baterai smartphone kamu cepat habis. Seorang pepatah gila mengatakan bahwa secepat-cepatnya habisnya daya sebuah baterai, masih lebih cepat lagi habisnya uang gajian buat bayar hutang. Semoga informasinya bermanfaatdan bisa menghibur. Terimakasih.

●●●●●●

profile-picture
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan 17 lainnya memberi reputasi
kLau ane suka tidak melakukan update....
profile picture
jetze
kaskus addict
maen maen ke warkop ber-Wife gan akwakwokwa emoticon-Salam Kenal
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di