KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Mari Mendongeng bersama Rumah Dongeng Pelangi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da7faa2c342bb4688701e4c/mari-mendongeng-bersama-rumah-dongeng-pelangi

Mari Mendongeng bersama Rumah Dongeng Pelangi

Dongeng memiliki banyak manfaat. Sayangnya, tidak semua anak memiliki kesempatan mendengar dongeng.



Rumah Dongeng Pelangi didirikan pada tahun 2010 oleh Kak Emmanuela Mila. Dongeng yang memiliki banyak manfaat itu sudah mulai dilupakan, makanya melalui komunitas dongeng ini, Kak Mila ingin mengajak orangtua dan sekolah untuk kembali menjadikan dongeng sebagai kegiatan sehari-hari anak Indonesia.

Dengan mendengarkan dongeng kita bisa belajar kata-kata baru, belajar menyusun kalimat, serta mengasah imajinasi dan kreativitas. Dongeng pun menjadi sarana belajar yang sangat baik. Oleh karena itu, Rumah Dongeng Pelangi melakukan kegiatan dongeng di berbagai sekolah.

Kegiatan belajar melalui dongeng ini sudah dilakukan sejak tahun 2015. Hingga kini, sudah ada sekitar 10 sekolah di Bekasi dan Jakarta yang mendapat kesempatan ini. Selama 6 bulan, kakak-kakak relawan Rumah Dongeng Pelangi mendatangi sekolah-sekolah tersebut.

Selain mendongeng untuk murid, bapak dan ibu guru juga mendapat pelatihan cara mendongeng. Hasil dari kegiatan ini bagus sekali, karena murid-murid menjadi lebih fokus karena belajar dengan cara yang menarik. Suasana di kelas pun menjadi aktif dan pelajaran yang disampaikan guru dapat dipahami dengan baik.

Selain mengunjungi sekolah, komunitas rumah dongeng pelangi juga mendongeng di berbagai panti asuhan, yayasan kesehatan, dan rumah singgah. Kegiatan ini diberi nama dongeng Charity. Biasanya kegiatan ini tidak hanya diisi dengan dongeng, tetapi juga menari, menyanyi, serta membuat karya seni.

Rumah dongeng pelangi juga sering mendongeng untuk umum. Biasanya pementasan dongeng dilakukan di taman atau alam terbuka. Taman dipilih agar teman teman yang datang juga bisa lebih mengenal alam dan lingkungan sekitar.


Quote:





Quote:



Spoiler for Referensi:

profile-picture
profile-picture
profile-picture
d.l.may dan 2 lainnya memberi reputasi
Pada suatu hari... emoticon-Peluk
Duh kangen lihat anak2 kecil antusias saat ada yg mendongeng. Sekarang banyak yg kecanduan gadget.
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di