CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ragam Jenis Cabai Terpedas di Indonesia, Bahkan di Dunia!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dabcf3e48c38d63be0fefae/ragam-jenis-cabai-terpedas-di-indonesia-bahkan-di-dunia

Ragam Jenis Cabai Terpedas di Indonesia, Bahkan di Dunia!



Assalamualaikum

Halo Agan dan Sista, ane doakan semoga hari-hari Agan dan Sista selalu penuh kebahagiaan. Kebahagiaan bukan dicari tapi kita sendiri yang menciptakan. Ane pencinta makanan pedas, GanSist, tanpanya serasa hambar piring ane. Ternyata cabe banyak jenisnya, loh. Ini yang populer di nusantara, ya, GanSist. Ni, ane kenalin, cabe populer yang pedasnya bikin dower.

Cabai Gendot
Quote:

Cabai ini juga di kenal dengan nama lain, loh. Di daerah Jawa Barat cabai ini terkenal dengan sebutan cabai gendot atau bendot. Beda lagi di Jawa Tengah, disebut dengan nama cabai gendol. Tampilannya gemuk dan menyerupai paprika tapi dalam bentuk mini. Eiits, jangan salah GanSist, meskipun bentuknya unyu-unyu kayak TS, tapi tingkat kepedasannya melebihi cabe rawit, loh. Cabe jenis ini populer di daerah Dieng, Jawa Tengah.

Cabai Domba
Quote:

Cabai jenis ini adalah cabai terpopuler di Indonesia. Dikenal juga dengan sebutan cabai rawit putih. Tampilan cabai agak gemuk dengan ujung tumpul. Warnanya beragam dari hijau pucat, orange, hingga putih. Kalo menurut penglihatan ane, ni, ya, ini mirip sama cabai rawit setan, ane nyebutnya, gitu. Biasanya cabai ini dibuat untuk olahan sambal, dan berbagai masakan pedas lainnya. Yang suka makanan ala-ala geprek cabai jenis ini cocok banget, GanSist. Cabai jenis ini banyak tumbuh di Jawa Barat.

Cabai Katokkon
Quote:

Kalo diliat sekilas lewat cabai ini mirip cabai gendot, ya, GanSist. Bedanya cabai yang populer di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, ini memiliki bentuk lebih bulat mirip-mirip tomat dengan diameter 2-3 cm perbuahnya. Keunikan cabai yang dikenal sebagai lada katokkon ini sangat sulit untuk tumbuh di luar Tana Toraja. Dan cabai ini hanya tumbuh di dataran tinggi sekitar 1.000-1.500 mdpl. Rasa pedasnya melebihi cabai rawit biasa, GanSist.

Cabai Hiyung
Quote:

Nah, cabe jenis ini juga unik, GanSist, jika ditanam diluar habitat aslinya, rasa pedasnya berkurang. Habitat asli cabai hiyung adalah Desa Hiyung, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Cabai hiyung asal Kalimantan ini disebut-sebut sebagai cabai terpedas di Indonesia, bahkan termasuk dalam daftar 10 cabai terpedas di dunia. Tampilan cabai ini begitu menggoda, dengan tampilan seperti rawit merah pada umumnya, sedikit lebih besar, permukaan mulus dan mengkilap saat terkena sinar matahari. Level pedasnya cabai hiyung adalah 17 kali pedasnya dari cabai biasa, GanSist. Buat pencinta berat makanan pedas, mungkin satu tidak cukup, ya. Keunikan lainnya cabai ini bisa bertahan 10 hari di suhu ruang.

Cabai Jawa
Quote:

Dikenal juga sebagai cabai jamu. Bentuknya ramping dengan permukaan berbulir kasar, menurut ane mirip salak versi lonjong. Cabai jenis ini digunakan sebagai obat herbal. Khasiatnya untuk menyembuhkan demam, meluruhkan batu ginjal, hingga untuk vitalitas pria. Tingkat kepedasan seperti cabai rawit pada umumnya. Cabai jenis ini harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Bagi penyuka makanan pedas kayak ane, kehadiran mereka selalu dinanti. Ternyata makanan pedas banyak manfaatnya, loh, GanSist. Di antaranya meningkatkan metabolisme tubuh, menyehatkan jantung, membangkitkan mood, meningkatkan fungsi otak, dan yang terakhir bisa membuat panjang umur, loh.

Sekian dulu thread ane pada kesempatan kali ini, sampai ketemu di thread ane selanjutnya. Mohon maaf jika ada salah kata. Jangan lupa jejak cendol, rate, dan share-nya. Jika berkenan, monggo di-follow akun ane. Terima kasih, salam hangat, selamat beraktifitas.



Sumber gambar : Google
Sumber : Link, Link, Link


profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 25 lainnya memberi reputasi
waduh pantangan ane neh
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di