alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Teknologi Dan Peradaban Terakhir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da09e3809b5ca462b5fe895/teknologi-dan-peradaban-terakhir

Teknologi Dan Peradaban Terakhir





Halo kembali lagi dengan saya c4punk, di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sebuah teknologi dimana semakin hari sebuah teknologi itu semakin berkembang, nah untuk itu saya akan membahas teknologi saat ini hingga core of the core, gimana sudah siap nih guys.

Membahas teknologi terbaru kita di masa sekarang sudah berada di revolusi industri 4.0, tapi kemungkinan nanti di masa yang akan datang revolusi teknologi akan terus berkembang hingga AI dan robotic familiar berada di lingkungan kita bahkan manusia di perbudak oleh mereka, bukan sampai disitu saja kehidupan manusia yang terus berevolusi menjadi intelektual pun mengharuskan untuk ekspansi ke wilayah lain di jagat tata surya kita.



Sebelum melangkah lebih jauh yuk kita reset dulu ke masa sebelum revolusi industri 4.0 bagaimana? Siapkan cemilan dan juga jangan lupa kopi hangat untuk menemani bacaan kali ini.

Biar tak membosankan anggap saja tulisan ini hanya dongeng sebelum tidur, dimana kamu berfantasi bisa menaiki mesin waktu. Maka yuk kita melihat peradaban manusia di masa lampau hingga modern.

Society 1.0



Akhirnya kita sudah mampir nih guys di peradaban awal manusia modern, para ahli menilai mereka berada di 70.000 - 100.000 tahun yang lalu dimana gadget yang ada pada masa itu terbuat dari batu. Fungsinya untuk berburu, membuat perapian bahkan mereka pun tinggal di dalam-dalam gua dan berpindah-pindah tempat. Batu merupakan teknologi awal dari manusia modern, wahhh...seru juga ya kalau kita berada di sana bisa di setarakan dewa dengan gadget yang sekarang lebih canggih bentuknya.

Disinilah peradaban masyarakat mulai berkembang, mereka dianggap mengalami revolusi kognitif dan disebut dengan Society 1.0 ok nih guys perjalanan masih jauh yuk kita masuk mesin waktu lagi.


Society 2.0



Tibalah kita di zaman pertanian, manusia telah berkembang, masa ini terjadi sekitar 9.000-10.000 tahun yang lalu. Manusia hidup dengan cara bertanam dan beternak, disini masyarakatnya cenderung menetap.

Gadget terbaru pun muncul ketika bangsa sumeria menemukan perunggu, dengan adanya perunggu maka model gadget baru pun bermunculan dengan berbagai macam bentuknya. Era revolusi agrikultur pun di mulai dengan banyaknya teknologi baru yang dibuat.

Disinilah awal mula kerajaan-kerajaan mulai muncul, tulisan mulai dikenal kota besar pun berdiri, sistem sosial pun mulai rumit. Di era inilah kita menyebutnya society 2.0 lanjut lagi kita menaiki mesin waktu hmmm... perjalanan manusia nampaknya mulai rumit.


Society 3.0 dan Revolusi Industri 1.0



Waw.. manusia di era ini sudah semakin modern hingga lahirlah mesin uap yang menjadi cikal bakal lahirnya era revolusi Industri 1.0 di abad 18 jika sebelumnya manusia hanya bertani dan bercocok tanam kini mulai beralih ke era industri.

Manusia berkembang sangat cepat disini berdiri banyak pabrik-pabrik, manusia pun mulai bekerja dengan sistem upah. Disini mulai terjadi awal kapitalisme yang menjadi akar dari kemajuan zaman. Disini pula kemajuan teknologi semakin berkembang dengan efeknya kerusakan lingkungan pun mulai tak dapat di bendung era ini disebut dengan Society 3.0 nampaknya kita maju sedikit yuk ke abad 19.

Revolusi Industri 2.0 dan 3.0



Disini listrik mulai ditemukan nih cuyy... wah ini tandanya teknologi manusia semakin berkembang dan inilah awalnya Revolusi Industri 2.0 disini banyak gadget baru yang ditemukan dan berkaitan dengan listrik. Industri dunia pun mulai berkembang namun masih di wilayah Society 3.0 tak lama kita naik mesin waktu dan yuk kita minggir sedikit di tahun 1970 hingga 1990 mulailah revolusi Industri 3.0 pun dimulai.

Disini mulailah tercipta komputer dan masyarakat dunia mulai terdigitalisasi, bahkan mesin-mesin mulai menggantikan peran manusia di ranah industri. Saatnya kita kembali ke dalam mesin waktu dan berada di zaman sekarang yuk.

Society 4.0 dan Revolusi Industri 4.0



Disinilah era Society 4.0 pada abad 20 disinilah kita berada ketika peradaban manusia semakin banyak menggunakan teknologi digital dan informasi disebut juga big data. Kemudahan manusia dalam mengakses data hingga mudahnya berkomunikasi dengan jaringan internet membuat sosialisasi antar manusia menjadi semakin mudah dan intens.

Munculnya internet membuat teknologi Industri pun berada di era Revolusi Industri 4.0 disini kita lihat sudah bermunculan AI yaitu Artificial Intelligence dan juga robotic serta banyak gadget berbasis Internet.

Jadi antara Society 4.0 dan Revolusi Industri 4.0 muncul secara bersamaan. Mungkin disini kita akan ngobrol banyak karena era dimana kita berada sebelum lanjut ke era Industri yang lebih jauh bagaimana ? Mau ?



Di era ini kita berada pada zaman yang kemajuannya sudah sangat modern di mana perpaduan pada era-era sebelumnya di masa kini sudah berkembang dengan lebih canggih, saat ini listrik, mesin, komputer, big data, dan juga AI serta robotic untuk menyongsong revolusi industri selanjutnya.



Disini adalah era transisi ketika sebagian besar pekerjaan manusia akan diambil alih oleh teknologi, era robotic yang saat ini baru berkembang kemungkinan di masa yang akan datang akan secara langsung menggeser peran dari manusia yang bekerja. Saat ini banyak pabrik sudah memakai mesin robotic tanpa ada campur tangan dari manusia, selain makin lama ketika demand robotic bertambah maka harga robot akan semakin murah yang jadi masalah dimana nanti peran manusia ?

Apakah manusia dapat survive di era digital yang sebentar lagi akan melanda dunia? Ingat di beberapa negara maju robot telah mengambil alih fungsi peran dari manusia. Robot semakin digemari pengusaha industri karena tak ada gaji yang selalu naik tiap tahunnya, tak ada lagi demonstrasi buruh, tak ada tunjangan kesehatan, bahkan tunjangan hari raya.



Bagaimana manusia menyikapinya ?

Manusia harus upgrade skill yang tak bisa di kelola pekerjaan ini oleh robot, apa itu ?

Manusia harus menggunakan akal dan otaknya untuk menganilisis banyak hal dengan berfikir secara kritis, maka pekerjaan manusia di era ini yang cocok adalah programer, analisis, dan politikus.

Kemudian tak hanya itu manusia bisa bekerja sama, dan bersinergi antar kelompok hingga pekerjaan manusia yang masih manual adalah sebagai HRD, Manager dan Pemimpin tak bisa di gantikan oleh robot.

Ada juga di bidang komunikasi tak bisa disentuh oleh hebatnya robot disini peran manusia masih sangat penting yaitu public relation, sales marketing dan pengacara.

Hingga manusia masih memiliki kreatifitas tinggi, dimana menjadi seorang seniman, konten kreator, dan musisi tak bisa di gantikan oleh robot dalam waktu dekat.



Setidaknya ketika manusia sudah upgrade skill di era digital dan robotik saat ini, maka manusia dapat survive untuk melangkah ke era selanjutnya.

Untuk era selanjutnya akan dibahas di lain waktu ya guys...

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu tidak gratis !! Karena pastinya kalian beli kuota ya ga..

emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2019
referensi : klik dan klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star









Quote:


Siap ndan Erwin
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di