alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Berlibur dengan Ubur-ubur ala Spongebob di Pantai Ancol, Amankah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9e956f88b3cb1bd804b6a8/berlibur-dengan-ubur-ubur-ala-spongebob-di-pantai-ancol-amankah

Berlibur dengan Ubur-ubur ala Spongebob di Pantai Ancol, Amankah?

Sumber Gambar

Munculnya Ubur-ubur sebagai Fenomena Tahunan di Pantai Ancol dijadikan moment menikmati kota Bikini Bottom ala Sponge Bob Square Pants


GanSis tentu tidak asing dengan serial animasi yang diciptakan oleh Stephen Hillenburg kan? Apalagi kalau bukan Spongebob Square Pants, animasi yang menjadi idola anak.


Animasi ini menggambarkan kehidupan di dasar laut yang diberi nama Kota Bikini Bottom di Lautan Pasifik. Dimana Spongebob squarepants adalah seekor spons laut berwarna kuning yang tinggal dalam rumah nanas.
Dia sangat suka bermain di Padang Ubur-ubur (Jellyfish Fields) bersama dengan Patrick star sahabatnya yang seekor bintang laut merah.


Ubur-ubur dalam dunia spongebob dianggap sebagai lebah yang berdengung dan memiliki sengatan berupa kejutan listrik. Sama halnya lebah di dunia nyata yang menghasilkan madu, lebah ubur-ubur ala Bikini Bottom pun menghasilkan madu yang disebut "jelly".


Tapi bagaimana ketika ubur-ubur itu di dunia nyata, apakah akan semenarik dunia Spongebob?
Yuuuk simak fenomena yang terjadi di Pantai Ancol Jakarta

Sumber Gambar

Akhir-akhir ini di Pantai Ancol sedang dihebohkan dengan kemunculan ubur-ubur di permukaan air yang mencapai tepi pantai bahkan berada diantara para pengunjung.


Berbagai reaksi ditunjukkan oleh para pengunjung mulai yang senang sampai ketakutan.
Mereka yang senang karena bisa menyaksikan fenomena langka berinteraksi dengan ubur-ubur ala Bikini Bottom.


Namun lain halnya dengan mereka yang ketakutan karena khawatir terkena sengatan ubur-ubur yang bisa menimbulkan ruam pada kulit dan memerah disertai rasa panas seperti terbakar.


Apa benar sampai seperti itu?
Nah trnyata ubur-ubur pun banyak jenisnya, yang ditemui di peraian pantai Ancol adalah jenis Chrysaora fuscescens atau lebih dikenal dengan Sea Nettle yang memiliki racun pada tentakel dan bisa melumpuhkan mangsanya.


Ada pula jenis lain yang berada di perairan Ancol bahkan lebih berbahaya yaitu ubur-ubur Mastigias Papua yang lebih dikenal dengan ubur-ubur berbintik.
Ubur-ubur jenis ini menggunakan racun untuk menangkap mangsa, jika racun ini mengenai permukaan kulit manusia dapat menyebabkan ruam pada kulit efeknya bisa menimbulkan gatal parah yang disertai mual dan muntah.
Duuuh menkutkan yah Gansis. emoticon-Takut


Lantas tau nda kenapa ubur-ubur ini bisa muncul di perairan Ancol?

Jawabnya karena kondisi kesuburan air yang menurun, kurangnya tumbuhan-tumbuhan kecil dan hewan yang melayang di air menyebabkan ubur-ubur muncul di permukaan air Pantai Ancol.

Menurut Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara Rita Nirmala, kejadian ini dianggap sebagai fenomena tahunan.
Pasalnya setiap musim panas memang ubur-ubur biasa muncul, tepatnya pada Oktober tahun lalu gerombolan ubur-ubur juga muncul di perairan Ancol.


Fenomena ini ternyata membawa dampak tersendiri bagi Pantai Ancol. Munculnya ubur-ubur tiap tahun ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk menyaksikan ubur-ubur dari dekat secara langsung.

Hehehe anggap saja sedang menikamati
wahana berlibur ala Bikini Bottomemoticon-Cape d...

Kendati demikian tidak mempengaruhi pelayanan dari pihak pengelola Pantai Ancol dalam melakukan upaya preventif dengan melakukan imbauan dan penjaringan serta pengawasan terhadap pengunjung.

Sumber Gambar

Papan himbauan berwarna hijau besar tersebut dipasang bebarapa buah di pinggir pantai yang ada ubur-uburnya dengan tulisan "Perhatian, hati-hati untuk pengunjung yang bermain di air/berenang agar menghindari ubur-ubur."


Namun bagaimana jika ubur-ubur tidak menghilang bahkan mengalami ledakan massal? Bukankah hal ini dapat mempengaruhi ekosistem di pantai Ancol?


Jangan khawatir Gansis, ternyata pihak pengelola Ancol sedang melakukan penelitian terkait ubur-ubur ini untuk program breeding atau konservasi.


Kenpa dilakukan konserfasi?

Ternyata ubur-ubur ini juga memiliki manfaat bagi dunia medis sebagai sumber kolagen medis yang bisa digunakan dalam pembalut luka atau bedah rekonstruksi, serta masih banyak pembuktian riset medis lainnya terkait dengan ubur-ubur ini, disamping itu ubur-ubur juga dianggap makanan lezat di Jepang dan Cina,


Ada dugaan bahwa populasi ubur-ubur memang sedang mengalami peningkatan.
Hal ini pula memicu kekhawatiran apakah Pantai Ancol akan didominasi ubur-ubur seperti Jellyfish Fields di dunia Bikini Bottom?
Semoga saja kondisinya lekas membaik seperti sedia kala. Aamiin

Cek videonya di sini

Bagaimana Gansis berminat bermain dengan ubur-ubur?

Kalau aku sih mending nonton Spongebob yang nangkap ubur-ubur, sambil menikmati krebipatty di rumah..


Jangan lupa tinggalkan jejak
emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast

Penulis : Ningdidien
Referensi : Di sini
Di sini
Di sini
Di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ningdidien
spongebob
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di