CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Kenapa Smartphone Murah Asal China Hadir Lebih Dulu Di India ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d9d7e019a972e6c640f473d/kenapa-smartphone-murah-asal-china-hadir-lebih-dulu-di-india

Kenapa Smartphone Murah Asal China Hadir Lebih Dulu Di India ?





Oke nih guys balik lagi dengan gw c4punk, kali ini gw akan membahas masalah gadget murah yang mulai menjajah dunia. Tapi banyak pertanyaan kenapa ekspansi gadget murah berawal dari negaranya tempat Shah Rukh Khan berada yaitu India ?

Tenang guys kali ini gw akan dongeng tentang masalah tersebut, monggo disiapkan kopi serta cemilan agar membacanya bisa santai dan mengerti dengan penjelasan gw nantinya. Oke gw langsung aja ya dongengnya duduk yang manis ya guys.

Sebelumnya gw ajak lo memakai kacamata seorang bisnis man tinggalkan sejenak kacamata seorang konsumen karena sudut pandang perspektifnya nanti akan berbeda, nah di dalam kacamata bisnis kita harus siapkan rencana untuk masuk dalam medan perang yang akan kita hadapi, ambil contoh kita sebagai pebisnis gadget dari negara tirai bambu dengan brand c4punk phone. Nah c4punk phone sebagai brand baru tentu perlu target negara mana yang ingin di jajah dengan produk gadgetnya, kita lihat negara yang paling aktif memakai smartphone di dunia.



Ternyata China ada di peringkat pertama, tapi yang jadi kendala bagi pemain baru karena super kompetitifnya bisnis smartphone di China akan membuat kita harus memikirkan strategi yang lain. Bisa di lihat samsung dan apple saja sebagai raja nya mengalami kewalahan bermain di china. Maka target pasar untuk menjajah China di gugurkan, lalu kita beralih mencari negara untuk di jajah yang lain.

Kita coba lihat market pasar di Amerika dulu ya sebagai negara terbesar ke dua pengguna smartphone, di lihat dari besarnya penduduk Amerika dan pengguna smartphonenya sekitar 77 % dengan edukasi masyarakatnya yang sudah tinggi, dimana masyarakat Amerika sudah nyaman dengan smartphone yang ada terlebih produk lokalnya bahkan dengan ram 4 GB mereka pun tenang, tentu saja kita akan sulit melakukan propaganda baru untuk mengubah mindset apalagi jualan gimmick pada mereka well.. rasanya terlalu sulit untuk menjajah Amerika.



Beralih ke Jepang, Rusia dan Brazil. Nampaknya Jepang sama seperti Amerika terlalu sulit untuk di jajah karena produk lokal mereka pun sudah dinilai baik. Rusia dan Brazil masih ada kesempatan boleh masuk dalam list negara jajahan smartphone yang kita buat.

Tak elok bila tidak melihat negara selanjutnya yaitu Indonesia, tentu saja c4punk phone pun akan berbinar-binar ketika melihat gairah pasar yang besar ada di depan mata. Dengan jumlah penduduk 266 juta jiwa, pengguna smartphone di angka 27% sekitar 73 juta jiwa. Artinya ekspansi c4punk phone di Indonesia bisa memiliki kesempatan yang baik, bila beberapa tahun ke depan ada penambahan pemakai smartphone sekitar 50% maka ada sekitar 60 juta unit produksi smartphone yang akan terjual. Apalagi Indonesia masih negara berkembang, ekonomi juga pas-pasan masih bisa berjualan dengan promo dan memberikan iklan-iklan untuk merayu masyarakatnya agar menaikkan status di sosmed dengan sarana selfie tentunya mantul banget nih buat negara jajahan.



Untuk itu c4punk phone pun memutuskan akan segera ekspansi ke Indonesia eitss tapi entar dulu anak buah c4punk phone ngingetin masih ada satu negara yang ketinggalan dan nilai valuenya lebih baik dari Indonesia, negara itu adalah India. Dari 1,3 Miliar penduduk India pengguna smartphone masih di kisaran 27% sekitar 374 juta pengguna. Bila pengguna naik di kisaran 50% saja maka akan ada 303 juta unit smartphone yang bisa di jual di masa yang akan datang. Ditambah lagi penduduknya masih berkembang, gampang dibuai dengan harga mahasiswa.



Melihat market tersebut sudah pasti India akan menjadi negara jajahan utama di ikuti dengan Indonesia. Jelas sekali melihat alur dongeng gw tadi India menjadi pusat perhatian bagi brand baru asal China seperti realme, xiaomi, oppo, vivo dan lainnya. Potensial bisnis di India selain jaraknya dekat juga pertumbuhan penduduknya juga sangat signifikan bahkan China yang saat ini menjadi negara maju trend penduduknya akan semakin menurun sama seperti penduduk di negara maju lainnya.

Potensi India ke depannya akan banyak di perebutkan oleh negara-negara maju dunia terutama produk ponsel, selanjutnya ekspansi mereka akan ke Indonesia. Bisa terlihat di tahun 2019 ini banyak ponsel China yang memperebutkan pasarnya di Indonesia setelah release pertama kali di India. Dimana banyak produk murah dengan spesifikasi yang tinggi di tawarkan oleh produk asal China tersebut. Bahkan sekelas Samsung pun sudah lebih dulu melirik India dan mulai bermain di segment ponsel kelas murah tapi speknya lumayan.



Hmmm... gimana apakah lo semua senang guys dengan kondisi kaya gini ?

Sorry nih kalo opini gw sih ga seneng ya guys, karena masyarakat kita seakan-akan di paksa terus menjadi konsumen dan trend pasar di atur oleh mereka, layaknya anak kecil yang dikasih mainan warna warni lalu kita "happy" gw yakin kita bisa lebih dari itu guys.

Hal itu bisa dimulai dari diri kalian nih guys belilah barang yang sesuai kebutuhan, jangan termakan oleh gengsi karena akan menyiksa diri. Jadilah produktif dibandingkan konsumtif.

Buat pengetahuan saja di Industri 4.0 ini negara berkembang seperti India dan Indonesia menjadi ladang para kapitalis untuk berinvestasi di negara berkembang, disinilah bila kita tidak produktif hanya akan menjadi penonton. Mereka menancapkan kukunya sangat kuat dan memperlemah cara berfikir negara berkembang yang di jejali bahwa ponsel versi terbaru lebih oke nah ke depannya kalau edukasi teknologi nya sudah seperti Amerika atau Jepang maka akan sulit lagi menjual produk baru di tanah air.



Mungkin pasar bisnis pun akan berubah, tapi kapitalis membutuhkan masyarakat yang hanya terus berkembang agar mudah di rayu, menjual gimmick untuk menjadi sasaran negara jajahannya. Mereka tak ingin negara itu bangkit dan menjadi negara maju.

Untuk itu bangkitlah pemuda Indonesia di tangan kalian inilah nanti tuan tanah bukan lagi berupa wilayah, tapi jaringan digital lihat Alibaba atau tak usah jauh-jauh Gojek mereka inilah yang nantinya bisa menguasai dunia. Tumbuhkan unicorn baru di tanah sendiri agar Indonesia dapat mandiri sekali lagi jadilah masyarakat yang produktif jangan konsumtif. Oke gw c4punk semoga thread ini berguna untuk kalian see u next time guys.

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu tidak gratis !! Karena pastinya kamu butuh kuota ya ga..??

emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2019
referensi : klik dan klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star








profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.croovooc dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Makanya kalo nyari review handphone2 yg baru banget, yg muncul pasti youtuber2 India.. ga ngerti bahasanya.. emoticon-Ngakak
profile picture
jetze
kaskus addict
bener akwokwoa
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di