CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
Tiga Destinasi Wisata Terbaik di Gunungkidul
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8f298a28c991057d620edf/tiga-destinasi-wisata-terbaik-di-gunungkidul

Tiga Destinasi Wisata Terbaik di Gunungkidul

Bingung mengisi waktu weekend? Atau belum tahu rekomendasi wisata yang akan dituju?

Jangan khawatir, Gan/Sist. Bagi Gan/Sist yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bisa berwisata ke daerah Kabupaten Gunungkidul. Gunungkidul adalah sebuah kabupaten paling selatan dari Provinsi DIY. Kabupaten Gunungkidul berbatasan dengan kabupaten Klaten dan kabupaten Sukoharjo di utara, kabupaten Wonogiri di timur, Samudra Hindia di selatan, serta kabupaten Bantul dan kabupaten Sleman di barat.

Sebagian besar wilayah Gunungkidul berupa perbukitan dan pegunungan kapur. Sehingga harus ekstra hati-hati dan sabar ya, untuk menuju Gunungkidul jika belum hafal medannya.




Namun, Gunungkidul memiliki banyak wisata alam. Baik berupa air terjun, goa maupun pantai. Mau tahu, tiga destinasi wisata terbaik Gunungkidul versi saya? Cekidot Gan/Sist.


1. Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Sri Gethuk merupakan obyek wisata alam air terjun yang terletak di wilayah dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, DIY.

Keberadaan Air Terjun Sri Gethuk, bagaikan oase di padang gersang. Aliran air terjun yang bermuara di Sungai Oya juga dijadikan sumber pengairan pertanian bagi warga sekitar. Aliran air sungai Oya juga sangat bersih dan bening jika musim kemarau. Namun, akan berwarna coklat laksana lumpur jika musim penghujan.

Untuk menuju air terjun, pengunjung harus berjalan menuruni tangga yang sudah dibuat sedemikian rupa. Nantinya ada dua pilihan untuk sampai air terjun, yakni naik perahu atau berjalan kaki melewati jalan setapak di sisi sungai.

Jika berjalan kaki, siapkan air minum dan energi yang cukup. Lumayan lelah bagi saya untuk menuruni tangga dan jalan setapak.

Namun, jika naik perahu rasa lelah sedikit berkurang. Karena pelayaran singkat di Sungai Oya yang diapit dua tebing memang memunculkan sensasi petualangan tersendiri sehingga kunjungan ke Sri Gethuk semakin berarti.



Sumber gambar : dokpri


Sesampainya di lokasi air terjun, suara gemercik air yang mengalir di sisi Sungai Oya, seolah menyambut kita. Aliran air terjun dari celah batuan kapur sebenarnya tidak terlalu deras, sehingga kita bisa bermain air di bawahnya. Sensasi dingin dan sejuk akan terasa di bawah aliran air terjun tersebut.

Jika hendak berenang di Sungai Oya, juga diperbolehkan. Apalagi jika berani melompat dari bebatuan ke permukaan sungai, pasti akan terasa menyenangkan dan begitu mendebarkan. Bagi yang tidak bisa berenang, ada tempat penyewaan pelampung.



Sumber gambar : dokpri


Ayo Gan/Sist, berwisata ke air terjun Sri Gethuk Gunungkidul. Pasti tak akan menyesal.


2. Goa Pindul

Goa Pindul merupakan wisata alam berupa goa dan sungai yang terletak di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul, DIY.

Untuk menyusuri Goa Pindul, tidaklah dengan berjalan kaki layaknya menyusuri goa pada umumnya. Namun, cara menyusuri Goa Pindul adalah dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam goa (cave tubing). Tentu sangat mendebarkan namun menyenangkan.

Aliran sungai bawah tanah sangat panjang, yaitu dimulai dari mulut goa sampai bagian akhir goa. Air sungainya sangat jernih dan berwarna kehijauan. Kedalaman sungai pun bervariasi. Sehingga, jika belum hafal medan atau tanpa pemandu, jangan berenang di sungai dalam goa.

Ada tiga zona yang nantinya hendak dilewati. Yaitu zona terang, zona remang, dan yang terakhir zona gelap. Perjalanan menyusuri goa akan dimulai dari zona terang. Kemudian memasuki zona remang dan yang terakhir adalah zona gelap. Wah, pasti seru dan mengesankan ya!






Ayo Gan/Sist berkunjung ke Goa Pindul Gunungkidul supaya tidak penasaran.


3. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang merupakan pantai pasir putih yang luas dan panjang. Pantai Sepanjang terletak di Jl. Sepanjang, Ngalos, Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, DIY. Untuk menuju ke sana, medan jalannya sangat curam. Namun, aspal sudah bagus dan halus. Walaupun lalu lintas sepi dan tak sepadat kota Jakarta, tetap waspada dan hati-hati untuk menuju ke sana.

Di pantai Sepanjang, tidak ada batu karang yang berada di tepian pantai, sehingga pengunjung/wisatawan tidak perlu khawatir untuk bermain di tepi pantai. Tak memakai alas kaki pun tak mengapa.



Sumber gambar : dokpri



Pantai Sepanjang sangat bersih dan rapi, sehingga sangat cocok sekali untuk melakukan kegiatan wisata menyusuri pantai. Di sana, juga banyak disewakan gasebo maupun payung dengan harga yang terjangkau. Angin laut yang bertiup kencang, bisa dimanfaatkan untuk bermain layang-layang. Ada beberapa penjual layang-layang berbagai model di sana.

Selain itu, ada juga tempat yang bisa dijadikan spot foto. Berwisata tanpa mengabadikan foto, apalah artinya. Karena foto adalah sebuah kenangan ataupun bukti bahwa kita pernah ke sana.

Tempat kuliner juga ada, walaupun tidak sebanyak pantai lainnya. Namun, sudah cukup untuk sekedar mengisi perut saat lapar.



Sumber gambar : dokpri


Itulah tiga destinasi wisata terbaik di Gunungkidul menurut saya. Bagaimana Gan/Sist, tertarikkah untuk berwisata ke Gunungkidul?


Sumber gambar : news.detik.com


profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 81 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Quote:


Pasti Gan, ayo ke Gunungkidul...emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 12 lainnya memberi reputasi
profile picture
alva610
kaskus addict
Ok ok
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di