CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perlukah Pindah Ibukota Negara?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d779f78c0cad75a305ff34f/perlukah-pindah-ibukota-negara

Perlukah Pindah Ibukota Negara?

Sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Daerah Khusus Ibukota Jakarta memiliki kepadatan penduduk yang sangat tinggi. Ibukota negara juga merupakan pusat pemerintahan, yang seringkali memiliki masalah. Misalnya masalah kemacetan, masalah banjir musiman yang pastinya mengganggu aktifitas penduduk maupun aktifitas pemerintahan.


Akhir-akhir ini, wacana pemindahan ibukota negara sedang hangat diperbincangkan di lingkungan masyarakat yang menimbulkan pro dan kontra.


Namun, wacana pemindahan ibukota negara Indonesia memiliki beberapa alasan, diantaranya adalah :

1. Mengatasi masalah tata kota

Tata kota merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah kota. Jika ibukota negara Indonesia dipindah ke wilayah pulau lain, ada kemungkinan besar DKI Jakarta memperbaiki tata kota sehingga menjadi kota yang kondusif.

Selain itu, pemerintah juga akan memiliki kesempatan untuk membangun sebuah ibukota dengan tata kota yang lebih rapi dan tertata. Serta merencanakan pembangunan yang baik agar tidak menimbulkan kemacetan atau kesemrawutan.



Sumber Gambar : klik di sini


2. Meratakan pembangunan

Daerah Khusus Ibukota Jakarta memiliki sarana dan prasarana yang memadai karena pembangunan yang terus digalakkan. Namun, masih banyak wilayah pulau lain yang pembangunannya belum berkembang.

Maka dengan dipindahkannya ibukota negara ke wilayah pulau lain, diharapkan pembangunan di wilayah tersebut akan merata dan berkembang.



Sumber Gambar : klik di sini


3. Meratakan jumlah penduduk

DKI Jakarta adalah kota yang tingkat kepadatan penduduknya sangat tinggi. Banyak pendatang baru dari daerah lain yang bertujuan mencari pekerjaan. Karena DKI Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan pusat bisnis yang dinilai mampu memberikan lapangan pekerjaan.

Dengan memindahkan ibukota negara ke wilayah lain, maka kepadatan penduduk akan bisa diarahkan ke ibukota negara baru tersebut. Sehingga penyebaran penduduk juga semakin merata.



Sumber Gambar : klik di sini


4. Membantu pertumbuhan ekonomi

Saat ini, pertumbuhan ekonomi di wilayah DKI Jakarta sangat pesat. Gedung-gedung perkantoran maupun pusat perbelanjaan banyak dibangun.

Dengan memindahkan pusat pemerintahan atau ibukota negara ke pulau lain, setidaknya pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut juga akan ikut berkembang. Dengan syarat, konsep pembangunannya dirancang dengan baik dan berkualitas.



Sumber Gambar : klik di sini


Bukan hal mudah untuk memindahkan ibukota negara. Sangat memerlukan persiapan yang matang untuk menentukan wilayah mana yang cocok menjadi pusat pemerintahan baru. Namun, jika wacana pemindahan ibukota negara bisa untuk mengembangkan dan menumbuhkan wilayah luar pulau Jawa, wacana ini tentu layak untuk dipertimbangkan.

Namun, pembangunan juga perlu direncanakan dengan matang agar tidak merusak lingkungan alam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).



Sumber Gambar : klik di sini

Berbeda pendapat itu boleh, tetapi tetap harus menjaga perasatuan dan kesatuan. Jangan mudah terpecah belah hanya karena perbedaan pendapat.


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
swiitdebby dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lina.wh
Tetap, Indonesia...
profile-picture
alva610 memberi reputasi
profile picture
alva610
kaskus addict
Sip, tetap jaga persatuan dan kesatuan.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di