CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d750fd8d4397205e21a8316/gak-bakal-nyesel-pelihara-musang-yuk-gan

Gak Bakal Nyesel, Pelihara Musang Yuk, Gan!

Cara Menjinakkan, Memelihara, Dan Membeli Musang






Musang atau dikenal juga dengan Luwak tergolong sebagai mamalia. 'Pabrik' kopi berjalan ini, konon menghasilkan kopi yang terenak. Bahkan sudah diakui oleh wisatawan asing. Keahlian Musang dalam memilih biji kopi terbaik, dan sistem pencernaannya yang sederhana, membuat biji kopi yang sudah dimakannya, menjadi lebih nikmat untuk diseduh, atau lebih dikenal dengan Kopi Luwak.

Jenis Musang, Karakter dan Harganya


1. Musang Pandan (Musang Luwak)



Dalam bahasa inggris adalah Palm Civet. Bukan cuma namanya, musang ini benar-benar memiliki aroma khas pandan, Gan. Musang jenis ini tergolong murah karena agak galak, harganya sekitar Rp 270,000 - Rp 700,000. Tergantung dari tingkat jinaknya. Bisa jadi mahal jika memiliki keunikan, seperti berekor putih, atau berwajah putih.

Pertama kali memelihara musang, TS pilih musang ini, Gan. TS yang kala itu belum ahli dalam memilih musang, mendapatkan musang yang hissing, takut manusia. Menjinakkannya butuh kesabaran tingkat tinggi.

Banyak cara menjinakkan musang, cara yg TS pilih adalah cara ter-ekstrim dan berisiko. Yakni pendekatan dengan tangan.

A. Tangan dikepal, arahkan ke musang secara perlahan.

B. Jangan ragu sedikitpun, ketika musang mulai berdesis. Hirup nafas panjang-panjang, supaya rasa sakit digigit dan dicakar berkurang.

C. Pertahankan kepalan tangan, kurang dari tiga puluh detik, musang akan berhenti menggigit. Itu tandanya si musang mulai mengenali bau, dan memahami bahwa Agan bukanlah bahaya.

D. Keluarkan tangan Agan secara perlahan.

E. Ambil pisang yang telah dipotong seukuran ibu jari, beri makan musang agan dengan tangan tersebut. Pelan-pelan, berulang kali.

F. Lakukan langkah ini setiap memberi makan. Niscaya dalam waktu dua hari sang Musang akan luluh kepada Agan.

2. Musang Akar





Yang satu ini, adalah tipikal musang yang mudah beradaptasi, Gan. Musang ini memiliki warna mirip dengan musang pandan, hanya wajahnya lebih hitam, telinganya terbuka lebar. Harganya tiga kali dari harga musang pandan, berkisar dari Rp 900,000 - Rp 1,200,000. Musang akar banyak dijumpai di daerah Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bangka. Jujur saja, musang akar adalah favorit TS.

3. Musang Bulan



Musang satu ini memiliki warna yang eksotis, yakni hitam pekat tidak bercorak, dan berekor putih. Harganya berkisar antara Rp 1,200,000 - Rp 3,000,000an. Harga ini didapatkan karena sifatnya yang ramah, dan bulunya yang tebal dan eksotis. TS belum pernah pelihara musang jenis ini (mahal), namun sering menjumpai teman komunitas yang punya. Iri.

4. Musang Binturong/Binturung



Musang satu ini adalah yang paling spesial Gan, harganya pun fantastis bisa sampai Rp 8,000,000 atau bahkan lebih. Ukuran musang ini adalah yang paling besar dibanding musang lainnya. Binturung mahal karena kelangkaannya. Bahkan sesungguhnya musang jenis ini termasuk satwa yang dilindungi. Tidak boleh dipelihara.

Masih banyak lagi jenis musang lainnya, musang rase, musang bali, musang biul, dan banyak lagi. TS hanya menjelaskan yang TS pernah asuh saja. Binturung termasuk (peace). Sebelum kemudian kami lepaskan ke alam liar (semoga doi hidup dan beranak pinak.

Untuk breeding, musang sebaiknya berumur diatas 1 tahun Gan. Lebih baik lagi kalo si Betina lebih tua dibanding si Jantan.

A. Letakkan kedua musang di 2 kandang terpisah, bersebelahan. Buat kenalan. Untuk waktunya tidak ditentukan, berbeda setiap musang. Semakin lama semakin baik, bisa sampai sekitar 3 bulan.

B. Jika pengenalan sudah dirasa cukup, gabungkan musang ke dalam 1 kandang. Biasanya betina akan sedikit defense, dan mungkin mereka akan berkelahi sedikit. Cukup diperhatikan sedikit, kalau perkelahiannya fatal, segera pisahkan lagi.

C. Untuk musang yang sudah siap disatukan, alangkah baiknya jika kandangnya ditutup kain, hal ini dilakukan untuk menjaga privasi mereka. Siapa tau malu.

D. Perkimpoian memakan waktu sekitar 1 bulan.

Ciri-ciri perkimpoian berhasil, atau musang hamil.

A. Betina enggan dikimpoikan lagi oleh si Jantan.

B. Betina tampak tidak seaktif sebelumnya.

C. Betina lebih defensive (sensitive) dari biasanya.

D. Perutnya akan sedikit membesar dan turun (bukan lebar kesamping).

E. Puting susu akan membesar, dan seiring dengan masa kehamilan yang menua, bulu disekitar puting akan rontok (membentuk lingkaran).

Musang, sungguh peliharaan yang TS sarankan kepada para pembaca pecinta hewan. Percaya atau tidak, bahwa kotoran musang tidak bau. Tergantung dari makanan, dan perawatannya. Ts menganjurkan pisang sebagai makanan utama. Pepaya sesekali, untuk melancarkan pencernaan. Biji kopi merah, kepala ayam, kulit ayam, dan lain-lain sesekali sebagai penambah nafsu makan.

Banyak orang memelihara musang sengaja membuatnya obesitas, agar terlihat lucu. Namun TS tidak menganjurkan hal tersebut. Sama seperti manusia, obesitas itu tidak baik. Rentan sakit jantung.



Ada juga orang-orang yang memangkur (memotong) taring musang. Dengan alasan supaya tidak digigit dan rabies. TS juga tidak menganjurkan ini. Ini sungguh kejam sekali. Kalau tidak mau digigit, jangan menyakiti. Gunakan sarung tangan dan sebagainya saja.

Sekian dulu thread kali ini. Kalau ada pertanyaan tentang tips lebih lengkap. Termasuk breeding, di komentar ya.

Sumber : pengalaman dan opini pribadi. Sedikit wikipedia.
Sumber foto : Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh agungdar2494
Quote:


Tergantung jenis Gan. Kalo pemula, usahakan beli yg udah bisa makan sendiri ya Gan. Harga mahal dikit gapapa yg penting jinak. Budgetny agan berapa?

Musang pandan yg jinak 400an.

Makanannya mudah, pisang, pepaya, palak ayam rebus, nasi kecap.

Quote:


Wkwkwkwk bener Gan. Ini kalo udah bonding, jd lengket banget. Lucu dan pinter juga. Eeknya jg gk bau.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
syark04
kaskus maniac
Knpa pala ayam gan ? ceker gak dimakan ya ?

Ngeliat gigi nya ngeri seh. emoticon-Takut (S)

oh ya eek nya apa bisa dilatih ?
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di