alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
LAPAN Tanggapi Isu Bumi Datar dan Konspirasi NASA
4.5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5bad76c9518b19e601a27b/lapan-tanggapi-isu-bumi-datar-dan-konspirasi-nasa

LAPAN Tanggapi Isu Bumi Datar dan Konspirasi NASA

Ilustrasi bumi datar. (Istockphoto/lukbar)

Jakarta, CNN Indonesia -- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menanggapi dua isu yang masih hangat diperbincangkan yakni bumi datar dan konspirasi Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) soal pendaratan manusia di Bulan.

Ketua LAPAN Thomas Djamaluddin menyebut dirinya pernah mengajak komunitas penganut Bumi datar datang mengunjungi kantor LAPAN untuk membahas soal bentuk Bumi.

"Jadi saya sempat menanggapi orang yang menganggap bahwa Bumi itu datar, termasuk juga diundang ke LAPAN karena mereka di media sosialnya menyatakan menantang NASA untuk berdebat. Saya waktu itu ya tidak usah jauh-jauh ke NASA, kalau mau berdebat ya dengan LAPAN saja," kata Thomas kepada CNNIndonesia.com di kantor LAPAN, Jakarta, Senin (19/8).

Thomas menceritakan para penganut bumi datar tersebut bersedia dan datang ke kantor LAPAN. Dalam kesempatan tersebut, Thomas menjelaskan masalah utama anggapan bumi datar adalah ketidakpercayaan pada keberadaan gravitasi.

"Akhirnya saya jelaskan, masalah utama anggapan bahwa Bumi datar termasuk tidak percaya adanya satelit, itu ketidakpercayaan pada keberadaan gravitasi," lanjut dia.

Thomas pun menegaskan mengapa Bumi dan benda-benda langit lain seperti planet berbentuk bulat karena terjadi gravitasi. Oleh sebab itu, manusia dapat menggunakan wahana satelit. Sebab, prinsip kerja satelit memanfaatkan gravitasi Bumi.

Maka ketika ada individu atau sekelompok orang yang tidak mempercayai bentuk Bumi itu bulat, mereka dianggap mengingkari apa yang mereka gunakan. Misal, menggunakan ponsel untuk kegiatan browsing internet.

"Broadcasting juga mereka bisa nonton tv, sekarang tidak ada tv yang tidak menggunakan satelit. Semua tv menggunakan satelit," ucap Thomas.

Menurut Thomas, jika masih ada segelintir masyarakat berpikir bahwa Bumi itu berbentuk datar, publik harus diberikan edukasi soal aspek sains dan bagaimana mereka memperoleh informasi.

"Internet sekarang ini bisa digunakan untuk mencari ilmu tapi bisa juga digunakan untuk membohongi. Oleh karenanya, publik harus dilatih juga mengambil mutiara diantara sampah-sampah yang bertebaran di internet," jelasnya. 

Isu Konspirasi NASA

Menyoal konspirasi NASA soal pendaratan manusia ke permukaan Bulan atau lebih dikenal dengan misi Apollo, LAPAN menilai isu ini sangat mudah dibantah.

Pasalnya, tahun 1960-an merupakan masa perang dingin antara Uni Soviet (sekarang Rusia) dan Amerika. Sebab saat itu Rusia merupakan negara pertama di dunia yang meluncurkan satelit dan kosmonaut pertama ke luar angkasa.

Jika pendaratan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin ke permukaan Bulan disebut sebagai buatan Hollywood, maka Rusia akan langsung membantah dan NASA juga akan menjadi bulan-bulanan internasional.

"Jadi itu, [pendaratan manusia ke Bulan] tidak mungkin rekayasa. Tidak mungkin sekian banyak ilmuwan mau dibohongi oleh NASA karena harus dibuktikan secara ilmiah bagaimana sih proses atau setidaknya meluncurkan wahana Apollo sampai dengan Bulan," jelas Thomas. (din/age)



Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
menurut ane sih..

1. Bumi itu tidak datar.

2. Blom pernah ada manusia yang mendarat di Bulan..
Setau ane, pihak rusia juga sudah menyangkal bahwa itu adalah suatu kebohongan NASA tentang pendaratan manusua ke bulan..

Ane pernah nonton di tipi tetangga tentang ulasan kenapa pendaratan manusia ke bulan itu FAKE dari segala sudut pandang..
baik itu dari sudut pandang fotograpi, Radiasi dll .. Dan setau ane juga ilmuwan nasa yang pada saat itu mengetahui dan sempat memboorkan kebohongan ini sudah di Dead gan.. mati nya juga mistirius gitu..

Ane sih dari manusia awam juga blom yakin dan ga yakin pada saat itu udah ada manusia yang mendarat di bulan..
profile picture
basuseto


saya juga awam gan. tp logika dan wawasan jgn ikut awam. hal paling utama adalah logika itu penting. yg kedua wawasan atau ilmu. bisa dgn membaca, melihat gambar, video dan membandingkan. orang yg punya logika kuat bisa melihat mana fake, mana real hanya dgn melihat perbandingan 2 artikel bumi datar dan bumi bulat.
maka sebelum anda mempelajari ilmu astronomi dan bentuk bumi pastikan logika anda udah bener. krn jika logikamu kacau maka akan seperti orang2 eropa yg di sodori teori bumi bulat oleh Galileo, pasti akan menentang.

begitu juga dgn pendaratan manusia di bulan akan banyak di tentang dan dianggap FAKE krn kurangnya logika dan wawasan anda.

banyaknya anggaran AS untuk membuat pesawat luar angkasa dan menguji coba sampai memakan banyak korban pilot bukan untuk menipu dunia. tapi itu upaya ambisius amerika membuktikan kepada dunia bahwa negaranya mampu mendarat di bulan.dan pendaratan di bulan dilakukan sebanyak 3 kali.
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di