CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Kenapa Motor Listrik Ga Laku Di Indonesia ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d39a53ff0bdb263e308fd30/kenapa-motor-listrik-ga-laku-di-indonesia

Kenapa Motor Listrik Ga Laku Di Indonesia ?






Quote:




Kenapa motor listrik ga laku di Indonesia ? Pertanyaan ini sering terdengar di telinga kita ya guys.

Memang berat memberikan sesuatu yang baru di tengah masyarakat yang tidak terbiasa dengan hal tersebut, seperti halnya kendaraan listrik masih jarang penggunannya di tanah air. Padahal dilihat dari segi ekonomi seharusnya lebih menguntungkan tinggal cash motor ngacir, tapi pola pikir masyarakat tidak semudah itu ditambah lagi peran pemerintah yang setengah-setengah karena mereka ini tahu sebenarnya kendaraan listrik bagus tapi usaha mereka di minyak mentah bakalan goyah.



Sudah barang tentu hal itu terjadi, karena bukan rahasia lagi penjualan minyak mentah akan terkoreksi dengan adanya listrik, elite politik yang bermain di migaspun bakal kehilangan profit dari jualannya tersebut maka tak heran fasilitas kendaraan listrik pun tak kunjung diadakan di pusat-pusat kota.

Bukan hanya itu para pembeli motor pun melihat jarak tempuh sekali mencash beda jauh dengan motor bensin, kendala yang dihadapi motor listrik tidak bisa di pakai untuk kendaraan jarak jauh, bahkan untuk batere yang di pakai pun harganya masih lumayan mahal.



Begitu juga dengan harga, motor listrik dinilai harganya masih mahal dibandingkan dengan motor bensin. Maka pihak produsen motor pun saat ini lebih senang mengeluarkan motor hybrid untuk secara berangsur mengurangi ketergantungan pada bensin. Namun hanya jenis-jenis tertentu saja yang memakai mesin hybrid, biasanya di kelas kendaraan premium.

Namun bila ada produsen motor listrik yang memproduksi massal bisa kemungkinan harga motor listrik akan murah setara dengan harga motor bensin. Seperti halnya motor Gesits yang dibanderol Rp24,95 juta. Dari model dan tampilan memang meniru pabrikan Jepang namun sekali lagi konsumen masih banyak keraguan untuk membeli, karena persoalan jarak tempuh di motor listrik dan juga kecepatan bila memakai motor listrik tak secepat motor bensin pada umumnya.



Padahal beberapa pabrikan besar seperti Piaggio, Vespa dan Terra e-Bike serta dari Jepang Yamaha dan Honda sudah mengeluarkan motor listrik namun harganya cukup mewah dibandingkan harga motor gesits buatan lokal, namun pembeli di Indonesia tetap tak melirik, maklumlah negeri ini memang unik mungkin nanti akan ada saatnya ketika listrik mulai mendominasi maka kendaraan berbahan bensin akan punah dengan sendirinya.


emoticon-Ngacir

referensi






profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 17 lainnya memberi reputasi
Mungkin menurut ane butuh waktu aja buat berpindah ke konsumsi energi yang lebih ramah lingkungan gan, nanti juga terbiasa kok emoticon-Toast
profile-picture
diandraps memberi reputasi
profile picture
syark04
kaskus maniac
Diliat drmana energi nya ramah lingkungan gan ??
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di