CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3652cd82d4957bd87ed84f/sampah-plastik-membahayakan-dan-juga-bisa-membunuh-waspadalah--waspadalah

Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!

Waspada Bencana Sampah Plastik

Sumber : Foto



Baru-baru ini ditayangkan di televisi, negara Indonesia sudah masuk peringkat kedua penyumbang sampah plastik terbesar sedunia. Whaat? Kok bisa, ya? Akhirnya ane mencoba mengulik sisi berita yang satu ini, bukankah di hadapan kita sudah sering kali ditemui produk-produk sampah yang terbuat dari bahan plastik?

Menurut berita yang dilansir CNN Indonesia, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Tuti Hendrawati menyebut total sampah di Indonesia akan mencapai 68 juta ton di tahun 2019. Sampah plastik sendiri akan mencapai 9,52 juta ton atau sebanyak 14 persen dari total sampah yang ada.

Membaca kata 'ton' saja sudah membuat nalar berpikir, kok bisa sebanyak itu? Ini sudah tahun 2019, berarti? Fakta di atas sudah terjadi dong, kalau begitu?Naudzubillah min dzalik!emoticon-Frown

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam kegiatan pawai menolak plastik sekali pakai di Taman Aspirasi Monas, Jakarta, Minggu, 21 Juli 2019 mengatakan bahwa pembuang sampah plastik ke lautan juga "harus kita tenggelamkan".

"Pencuri ikan kita tenggelamkan. Nah, sekarang pencuri ikan pergi, datanglah plastik. Pembuang sampah plastik ke lautan juga harus kita tenggelamkan."

Sumber : Di sini

Wah ... sudah separah itukah sampah plastik mencemari daratan dan lautan kita? Apalagi sejak ditemukannya bangkai ikan paus yang terdampar di perairan Desa Kapota, Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (19/11/2018). Ikan paus itu diperkirakan memakan sampah plastik seberat 5,9 kg. Sampah yang ditemukan botol, penutup galon, sandal, botol parfum, bungkus mi instan, gelas minuman, tali rafia, karung terpal, kantong kresek, dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya bisa agan klik sumber foto di bawah ini.

Sumber : Di sini

Setelah melihat fenomena di atas, perlulah kiranya hal ini menjadi perhatian kita saat ini, setidaknya dengan membaca dampak sampah plastik di bawah ini setidaknya kita bisa mengetahui tindakan apa-apa saja yang harus dilakukan mulai saat ini.

Apa saja dampak sampah plastik bagi lingkungan?

● Plastik baru bisa diuraikan oleh tanah setidaknya setelah tertimbun selama 200 hingga 400 tahun.  Plastik akan menimbulkan zat kimia yang dapat mencemari air tanah dan tanah sehingga tingkat kesuburannya menurun.

● Plastik telah membunuh hingga 1 juta burung laut, 100.000 mamalia laut, dan juga ikan-ikan yang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya dalam setiap tahunnya. Banyak hewan penyu di kepulauan Seribu yang mati hanya karena memakan plastik yang dikiranya sebuah ubur-ubur, salah satu makanan kesukaan penyu.

● Pembuangan sampah plastik secara sembarangan di sungai-sungai akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan penyumbatan alirannya sehingga menyebabkan banjir.

● Sampah plastik yang dibakar akan membuat polusi udara karena ketika plastik dibakar bahan kimia yang menjadi racun akan menyebar ke udara dan atmosfer menjadi terkontaminasi.

Tak hanya itu, bahaya sampah plastik juga membahayakan tubuh, diantaranya: 

● Sampah plastik yang dibakar akan mencemari lingkungan karena dalam asap tersebut terkandung zat dioksin dan zat karsinogenik yang apabila dihirup oleh manusia dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguan sistem pernapasan, kanker, dan gangguan sistem syaraf.

● Kemasan plastik yang dipakai untuk membungkus makanan atau minuman panas juga dapat menimbulkan pembengkakan hati.

● Bahan kimia tambahan yang ada dalam plastik juga dapat menyebabkan gangguan reproduksi.

Bahaya plastik menurut Global Healing Center adalah sebagai berikut :

1. Merusak keseimbangan hormon

2. Botol minuman atau wadah mengandung senyawa yang bisa merusak hormon endokrin.

2. Senyawa kimia masuk ke makanan
Senyawa kimia Phtalate yang masuk ke makanan dapat menyebabkan kanker dan perkembangan reproduksi.

3. Turunnya libido wanita
Senyawa kimia Phtalate juga bisa membuat libido wanita menjadi rendah.

4. Meningkatnya risiko asma
Bayi dalam kandungan berisiko terkena asma jika ibu hamil terkena Phtalate tinggi.
Memengaruhi organ vital bayi laki-laki.

5. Ibu hamil yang terkena senyawa kimia Di-isononyl phtalate dapat berpengaruh buruk terhadap perkembangan alat vital bayi laki-laki.

Quote:

Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (Adupi) menyatakan, pengelolaan limbah merupakan solusi dalam penanganan sampah plastik. Salah satunya melalui daur ulang sampah plastik menjadi produk baru yang bernilai tambah tinggi.

Ketua Umum Adupi, Christine Halim mengatakan, pengelolaan sampah plastik merupakan langkah yang tepat. Sementara pencemaran lingkungan yang terjadi akibat sampah plastik seiring kebiasaan masyarakat yang membuang sampah plastik sembarangan dan tidak mengelolanya secara baik.

Quote:

Sementara Ketua Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) Pris Polly Lengkong mengatakan saat ini ada 3,7 juta orang di 25 provinsi bergantung pada sampah plastik dan sampah daur ulang lain dalam mencari nafkah.
"Pengurangan atau pelarangan plastik sudah pasti akan mengurangi pendapatan pemulung. IPI mengharapkan adanya sirkulasi ekonomi daur ulang ditingkatkan, khususnya pada kantong plastik kresek agar ada peningkatan pendapatan pemulung," ujarnya.

Upaya mengantisipasi sampah plastik

Sumber : Di sini

Ada beberapa langkah alternatif untuk mengatasi permasalahan sampah plastik yang ada di Indonesia yaitu :

1. Menghimbau masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan ke laut

2. Mengurangi penggunaan plastik contohnya seperti sedotan plastik/kantong plastik sekali pakai dan bahan yang terbuat dari plastik lainnya.

3. Jika berbelanja ke supermarket atau ke tempat lainnya disarankan tidak memakai kantong plastik, tetapi membawa wadah sendiri yang bisa digunakan lagi.

4. Dengan mendaur ulang sampah plastik tersebut menjadi berbagai benda yang bermanfaat seperti kerajinan yang berbahan sampah adalah dompet, tas, dan tikar.
Sumber : Di sini

Quote:

Sumber analisa dan inspirasi ada
Di sini, di sini, sini, dan di sini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sunshii32 dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh evywahyuni
kemaren beli buku di toko buku ternama sudah tidak dikasih plastik
profile-picture
profile-picture
evywahyuni dan yukinura memberi reputasi
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di