KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Juana Maria, Wanita yang Terdampar 18 Tahun di Pulau Tak Berpenghuni
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cdb40d0c0cad744b7761148/juana-maria-wanita-yang-terdampar-18-tahun-di-pulau-tak-berpenghuni

Juana Maria, Wanita yang Terdampar 18 Tahun di Pulau Tak Berpenghuni



***
Sulit dibayangkan andai kita terdampar sendirian di pulau yang sunyi, sendirian, apalagi bagi seorang perempuan.

Tapi itulah yang pernah dialami oleh seorang wanita yang bernama Juana Maria. Seorang wanita muda yang tinggal sendirian pada sebuah pulau di Samudera Pasifik, San Nicolas.


Pulau San Nicolas.

Kisahnya itu pernah dibukukan oleh Scott O'Dell dengan judul: Island of The Blue Dolphins.

Tidak ada catatan yang pasti kapan Juana Maria (JM) dilahirkan, kecuali disebutkan ia lahir pada awal abad ke-19.

JM berasal dari Nicolenos yang tinggal di Pulau San Nicolas, yang merupakan bagian dari Channel Island California. Pulau itu dihuni oleh sekitar 300 orang, termasuk JM.

Di perkirakan sekitar tahun 1811-1814, saat JM masih kecil (anak-anak), datang sekelompok pemburu ke Pulau San Nicolas.

Mereka menghancurkan pulau itu, dan membunuh para penghuninya.

Namun pada tahun 1835, di pulau itu masih ditemukan sekitar 20 orang. Maka mereka diungsikan dari pulau itu ke California.

Entah bagaimana ceritanya, dalam evakuasi itu, JM tidak ikut, alias tertinggal di pulau itu.

Satu versi mengatakan saat itu JM sedang keluar mencari adiknya yang hilang.

Versi lain menyebutkan, ia melompat dari kapal karena adiknya masih tertinggal di sana. Namun kapal segera berangkat untuk menghindari badai yang diperkirakan akan segera melanda pulau itu.

Evakuasi berjalan lancar, namun nasib JM sudah tidak diketahui.

Hingga pada tahun 1853, atau sekitar 18 tahun setelah itu, seorang kapten kapal bernama George Nidever (GN) menemukan JM di pulau tersebut.



Penemuan JM itu dituliskan oleh GN dalam bukunya Kehidupan dan Petualangan George Nidever.

GN menggambarkan kondisi JM saat ditemukan sebagai ‘wanita tua yang sibuk membersihkan kotoran ikan paus’.

Saat ditemukan JM terlihat tersenyum dan membungkuk, lalu berbicara dengan bahasa yang tidak dapat dipahami oleh GN.

Saat itu, diperkirakan JM berusia 50 tahun, memakai pakaian dari kulit. Wajahnya terlihat menyenangkan dan terus tersenyum.

Keseharian JM di pulau itu adalah berburu anjing laut dan bebek, dan ia telah membangun sebuah rumah dari tulang ikan paus sebagai tempat tinggalnya. Dan terkadang ia tinggal di dalam gua yang ada di sana.

Karena bahasa yang diucapkan JM tidak bisa dipahami, maka tiada informasi yang bisa digali langsung darinya.

Namun para ilmuan berkeyakinan bahwa JM adalah anggota suku San Nicolas yang terakhir, yang ditemukan masih hidup di sana.

Setelah ditemukan, JM hanya bertahan hidup sekitar 7 minggu. Setelah itu, ia meninggal secara tragis pada tanggal 19 Oktober 1853, akibat kekebalan tubuhnya cukup rentan, serta mengidap penyakit disentri.

Dari JM, tiada petunjuk apapun yang ditinggalkannya, bahkan tiada yang tahu siapa nama aslinya. Namun para pendeta Katolik memberinya nama Juana Maria setelah dia dibawa ke Mission Santa Barbara.

Satu-satunya benda yang dibawa JM dari Pulau San Nicolas hanyalah sebuah jarum yang terbuat dari tulang, yang diperkirakan digunakannya untuk menjahit pakaiannya.

Jarum itu kemudian disimpan di San Francisco, namun akhirnya hilang saat gempa bumi tahun 1906.

Selain itu, baju kulit yang dipakai JM juga menghilang setelah dikirim ke Vatikan.


Patung JM

Akhirnya, semua jejak dan peninggalan sejarah JM musnah, kecuali kisah-kisah tentangnya.

Maka untuk mengabadikan kisah JM itu, dibuatkan sebuah patung untuk mengingat sosoknya yang misterius itu.(*) Ref
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adestiey dan 23 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Aboeyy
Quote:


kontak pertama kali dgn pendatang setelah sekian lama hidup sendiri emang rawan penyakit
kayak suku indian kala pertama kali kontak dgn imigran amerika, banyak suku india yg mati karena penyakit bawaan amerika bule kayak herpes dll
pantesan ada suku terisolir di pulau mana tuh ane lupa namanya, yang menolak pendatang, bakalan di tombak di panah kalo mencoba mendekat pulau itu
gimana kalo alien beneran ada ya? kontak pertama pasti bakal banyak penyakit aneh tuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
twiratmoko dan 29 lainnya memberi reputasi
profile picture


masuk akal, di india gak sih yg ada pulau klo orang asing masuk bakal dibunuh. yg sempet ketangkep satelit google
profile picture
pulau Sentinel gan
profile picture
davecchio
kaskus geek
Pulau deket India, gan.
Memang betul kekebalan tubuh mereka beda dengan kita.
profile picture
wazza.wr10
kaskus addict
Suku Sentinel itu gan
profile picture
Pika-Cu
kaskus addict


Pulau sentinel di India.. pemerintah India nya saja udah nyerah mendekati masy disitu.. akhir nya masuh kawasan dilarang sama pemerintahnya..
profile picture


hoo, jadi gitu sebabnya penolakan2 kaum primitif terhadap pendatang ya gan
ane kira mereka sedang melindungi sesuatu yang bener2 hanya mereka yang tau, mungkin kotanya, mungkin sejarahnya, mungkin tradisinya
tapi komeng agan logis juga sih, bisa jadi kekebalan tubuhnya itu lemah karena lambat adaptasinya dgn sesuatu yg baru dan gak biasa. *cmiiw
profile picture
karna mereka serba organik, alami dan pendatang serba micin wkwkw
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 7 dari 7 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di