alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Kepoin Kumpulan Cerita Komunitas KOMPAK di Sini Gan!
4.33 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c89dd478012ae57a226c89f/kepoin-kumpulan-cerita-komunitas-kompak-di-sini-gan

[Periode Berakhir] Kepoin Kumpulan Cerita Komunitas KOMPAK di Sini Gan!

Periode KOMPAK udah selesai nih Gan Sis!
Agan Sista udah ceritain komunitas kalian di KOMPAK kan? Pasti udah dongg! Kalian penasaran ngga sih komunitas mana yang bakal jadi juaranya? Mimin sih penasaran banget nih. Nah, makanya tungguin terus info dan updatean dari mimin ya Gan Sis!


KASKUS sebagai tempat Agan Sista “Berbagi Hobi, Berkomunitas” mengajak Agan Sista semua buat ikutan program KOMPAK! (Komunitas Paling Kamu) dan ceritain keseruan komunitas kalian di Aslinyalo.com

Agan Sista yang mau ikutan, wajib daftarin diri kalian di website Aslinyalo.com, dan ceritain apa pun tentang komunitas kalian dan menangin kesempatan hadiah total ratusan juta rupiah!

Program ini juga terbuka buat komunitas di luar KASKUS loh Gan. Ngga cuma di Jabodetabek aja, komunitas dari Sabang sampai Merauke pun bisa ikutan di program ini! Ayo ceritain komunitas kalian, dan share kegiatan unik komunitas yang kalian ikutin ke KASKUSER lainnya.

Syarat dan Ketentuan

  1. Pertama, kamu harus buka dulu Aslinyalo.com
  2. Log in dengan ID KASKUS yang kamu punya
  3. Isi Data Diri Agan Sista: Nama, No Handphone
  4. Isi Data Komunitas: Nama Komunitas, Domisili Komunitas, Jumlah Anggota Komunitas, Akun Social Media Komunitas (jika ada)
  5. Lalu ceritakan komunitasmu dengan lengkap. Mulai dari awal terbentuk hingga kegiatan yang dilakukan bersama komunitas. Sertakan juga link video dokumentasi kegiatan komunitas dan link blog (jika ada)
  6. Jangan lupa upload foto-foto kegiatan komunitas dan foto full team komunitas kalian ya!
  7. Periode submission: 18 Maret - 18 Mei 2019
  8. Submit thread cerita Agan di Aslinyalo.com ya, karena thread yang dibuat pada komen thread ini tidak akan dianggap valid oleh dewan juri.
  9. Top 20 cerita komunitas yang terpilih berkesempatan buat memperebutkan hadiah total ratusan juta rupiah untuk kamu dan komunitasmu!
  10. Top 20 cerita tersebut akan diumumkan pada tanggal 24 Mei 2019
  11. Top 20 yang terpilih wajib membuat video kreatif tentang komunitas kalian dengan durasi minimal 3 menit, dan dikirim ke kompak@kaskusnetworks.com dengan subject [KOMPAK] Video [Nama Komunitas]
  12. Pengiriman video paling lambat tanggal 9 Juni 2019
  13. 20 video komunitas akan di-upload di KASKUS TV mulai tanggal 10 Juni 2019
  14. Pemenang akan terbagi 2 kategori: Komunitas Terfavorit dan Komunitas Terbaik.
  15. Akan ada 5 pemenang Komunitas Terfavorit berdasarkan voting (likes video di KASKUS TV). Dan juga akan dipilih 5 video komunitas terbaik berdasarkan pilihan dewan juri.
  16. Komunitas Terfavorit masing-masing akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 5,000,000 dan Komunitas Terbaik masing-masing akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 25,000,000
  17. Periode voting: 10 - 16 Juni 2019
  18. Pengumuman pemenang terfavorit dan terbaik akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2019

Agan Sista bisa ceki-ceki thread ini untuk tau info lebih lengkapnya.

Buat kalian yang penasaran dengan cerita-ceritanya, berikut kumpulan cerita tentang komunitas dari Agan Sista yang udah ikut berpartisipasi. Cekidot Gann!


profile-picture
profile-picture
profile-picture
azhuramasda dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
KOPPAJA adalah Komunitas Peduli Pendidikan Anak Jalanan. Komunitas yang fokus di bidang pendidikan ini telah ada di beberapa wilayah seperti Bogor, Jakarta dan Bekasi. Awalnya komunitas ini dibentuk karena rasa kepedulian kami terhadap lingkungan sosial, seringkali kami lihat masih banyak anak-anak diluar sana yang belum dapat kesempatan untuk bersekolah, salah satunya anak jalanan (pengamen/pemulung). Anak-anak kurang beruntung seperti mereka ini harus putus sekolah karena faktor ekonomi yang akhirnya menyebabkan mereka turun ke jalan untuk mencari nafkah.

KOPPAJA wilayah Bekasi resmi dibentuk pada februari 2012. Relawan yang bergabung dengan komunitas ini datang dari berbagai latar belakang dan profesi, tapi memiliki visi misi sama untuk terlibat dalam perubahan membantu mencerdaskan anak jalanan melalui pendidikan non formal secara gratis. Menurut kami, jalanan bukanlah tempat yang layak untuk tumbuh kembang anak apalagi usia mereka yang rata-rata masih di bawah umur. Mereka tidak hanya butuh di kasihani, di beri uang, di beri makan tapi mereka juga butuh pengetahuan dan pendidikan.

Pertama kali saya ikut gabung di KOPPAJA tepatnya agustus 2012. Awalnya kami mengajar di pelataran ruko sentra niaga yang berada di samping mall BCP. Di tempat belajar yang seandanya ini, relawan akan saling berbagi tugas dari mulai bawa tiker, alat tulis, papan tulis, buku-buku bacaan atau snack untuk anak didik. Kami selalu mengajar di hari minggu dari jam 1 siang sampai jam 4 sore. Saat waktunya belajar mereka akan datang sendiri ke tempat biasa kami menggelar tikar di depan ruko dekat pohon dan mereka akan menghampiri kami sambil berlarian dengan wajah ceria. Malah kalau mereka lagi semangat belajar, mereka lah yang akan menunggu kami lebih dulu. Tapi ada juga kondisi dimana kami harus menjemput mereka untuk belajar. Kami harus keliling mencari mereka entah itu di lapangan, pelataran ruko mall atau sekitaran lampu merah.

Kadang sebelum belajar kami akan menyuruh mereka mandi dan potong kuku supaya terlihat lebih bersih. Belajar dengan mereka emang butuh kesabaran, kadang saat belajar ada tukang jualan mainan atau makanan lewat, mereka akan langsung bubar buat jajan sebentar, belum lagi main lari-larian atau manjat pohon. Kurang nyamannya belajar di pelataran ruko itu ketika tiba-tiba hujan, jadi belajarnya mau nggak mau berhenti dulu sampai nunggu hujan reda. Sekarang tempat belajar mengajar kami udah lebih nyaman. Rumah belajar KOPPAJA yang berlokasi di jalan agraria kayuringin bekasi ini juga di manfaatkan sebagai perpustakaan.

Jadwal kegiatan kami diadakan setiap hari jumat, sabtu dan minggu. Hari jumat untuk pendalaman materi agama sedangkan sabtu dan minggu untuk pelajaran umum sekolah. Anak didik ada 50 orang dengan 20 relawan aktif. Setiap minggunya relawan akan bergantian memberi materi untuk anak didik. Saat proses belajar kami akan membagi mereka dalam kelompok belajar dan menyampaikan materi dengan metode kreatif, seru dan asyik agar mereka lebih antusias dalam mengikuti pelajaran.

Kami berharap dengan menyediakan tempat untuk mereka belajar, kami dapat membantu mengurangi populasi anak jalanan agar tidak kembali lagi turun ke jalan. Komunitas kami pun bekerjasama dengan PKBM untuk mengikutsertakan anak didik dalam ujian paket kesetaraan. Selain kegiatan mengajar relawan juga melakukan kegiatan positif seperti acara aksi peduli lingkungan, berbagi ramadhan, kelas inspirasi, gerakan gemar membaca dan banyak lainnya.

Motto :
“ Kami ada, Karena mereka”

Instagram : @koppaja.bekasi
Youtube : KOPPAJA Bekasi
Facebook : KOPPAJA Bekasi Official
Twitter : @KOPPAJABekasi















profile-picture
profile-picture
azhuramasda dan ho.do.pargabus memberi reputasi
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di