CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Masih perlukah kita ke dokter ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cb40ab1d439720cb91506e5/masih-perlukah-kita-ke-dokter

Masih perlukah kita ke dokter ?


Kejadiannya baru-baru ini, anak TS sakit panas, pusing dan mual. Dan rencananya rada maleman mau nganter anak ke dokter.

Berhubung perjalanan pulang ngelewati salah satu apotek, mampirlah TS ke apotek buat beli vitamin.

Nah, pas di situ kebetulan ada apotekernya, jadi sekalian aja nanya obat apa yang cocok sesuai umur anak berikut gejala-gejalanya (sama persis kalo kita ngejelasin ke dokter anak) 😎

Setelah ngobrol sebentar, apoteker itu menyarankan untuk minum 2 macam obat yakni untuk mual dan obat untuk panas/pusing (Paracetamol). Setelah diskusi sebentar dan dijelaskan cara pemakaiannya, langsung deh TS cus pulang.

Setelah di rumah, langsung ngasih obat yang sesuai dengan dosis dan aturan pakainya.

Besoknya, nanya ke anak mengenai kondisinya sebelum lanjut gawe lagi emoticon-Betty

Dari hal sederhana tersebut, TS bisa simpulkan..masih perlukah jasa seorang dokter kalau kita bisa berkonsultasi ke apoteker mengenai obat yang sesuai ?
Bukankah secara pendidikan, seorang apoteker lebih menguasai jenis obat maupun dampaknya ?

Nih, sumbernya :
https://www.alodokter.com/ini-yang-p...tugas-apoteker

Yang menarik dari artikel tersebut, ditulis pula :
"Apoteker juga bisa membantu menyarankan apakah Anda perlu bertemu dokter, mencarikan berbagai pilihan obat, serta memberitahu tentang efek samping dari setiap obat."

Jadi masih perlukah kita ke dokter bila kita bisa berkonsultasi ke apoteker dahulu selama apoteker tersebut bertindak tidak menyalahi aturan dengan memberikan obat keras yang diminta pasien tanpa melalui resep dokter ?

Bagi yang berprofesi seorang dokter, TS mohon maaf kalo artikel ini menutup rejekinya. TS yakin bahwa rejeki sudah ada yang ngatur (loh, kok TS malah ceramah rohani 😭)

Semoga artikel ini bisa menjadi renungan kita bersama, terutama mengurangi budget untuk konsultasi ke dokter di jaman yang serba sulit ini emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
durexz dan 10 lainnya memberi reputasi
Gw subscribe blog tentang kesehatan keluarga.
Bisa dapet info yang bermanfaat, termasuk pertolongan pertama kalo ada anggota keluarga sakit.

Ke dokter kalo sudah 3 hari belum menunjukkan tanda-tanda kesembuhan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makola dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh junaedi1982new
profile picture
Aku engga nyaranin sih gan, resikonya tinggi loh, takut kenapa-napa. Saran ku sih kalau males ke dokter bisa pake aplikasi kesehatan aja dirumah (misalnya kaya Halodoc). Menurut pengalaman ku praktis banget ko dan dokternya baik-baik lagi. Jadi kan tenang keluarga aman dan sehat tanpa harus ribet keluar rumah.. emoticon-Salam Kenal
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di