alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Setelah Sekian Lama, Akhirnya Jejak Pertama Dinosaurus Telah Ditemukan GanSis
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5cafeb84337f93763722f512/setelah-sekian-lama-akhirnya-jejak-pertama-dinosaurus-telah-ditemukan-gansis

Setelah Sekian Lama, Akhirnya Jejak Pertama Dinosaurus Telah Ditemukan GanSis

Foto: pixabay.com

Sudah ada banyak bukti keberadaan dinosaurus yang ditemukan oleh peneliti, seperti fosil, mumi, maupun jejak kaki dinosaurus.

Nah, kali ini ilmuwan berhasil menemukan bukti baru keberadaan dinosaurus, tapi jenis penemuan ini adalah yang pertama kali ditemukan, teman-teman.

Bukan fosil, mumi, atau telur dinosaurus, kali ini tim ilmuwan berhasil menemukan jejak kaki dinosaurus terkecil lengkap dengan jejak kulitnya, lo.


Jejak kaki beserta jejak kulit yang tercetak sempurna ini adalah milik Minisauripus yang ditemukan di Korea setelah melakukan ekspedisi besar.

Jejak Permukaan Kulit Pertama yang Ditemukan




Penemuan jejak kaki lengkap dengan jejak permukaan kulit dinosaurus ini adalah yang pertama ditemukan, lo.

Biasanya, sisa-sisa keberadaan dinosaurus yang ditemukan oleh para ilmuwan hanya berupa rangka, sisa-sisa jaringan lunak seperti otot dan kulit yang kondisinya sudah tidak sempurna.


Bahkan sangat sedikit penemuan yang menunjukkan jejak kulit dinosaurus dan memperlihatkan dengan jelas teksturnya.

Jejak kaki beserta jejak kulit ini ditemukan sebuah lempengan kuno di dekat kota Jinju, Korea.



Jejak Kaki Dinosaurus Terkecil di Dunia

Setelah dilakukan penelitian, ilmuwan mengetahui kalau jejak kaki beserta jejak kulit ini adalah milik dinosaurus terkecil di dunia, yaitu Minisauripus.

Minisauripus adalah dinosaurus terkecil yang panjang tubuhnya bahkan kurang dari 20 sentimeter, lo, teman-teman.

Saat itu, fosil Minisauripus ditemukan setelah diduga terjebak dalam hujan badai yang terjadi di Korea.


Jejak kulit kaki yang ditinggalkan oleh Minisauripus ini berukuran sangat kecil, yaitu sekitar satu inci dan menempel di lapisan lumpur yang sangat tipis, sekitar satu milimeter.

Ilmuwan yang menemukan bukti baru tersebut menduga jejak kaki Minisauripus ini menempel setelah ia menginjak permukaan lumpur yang menempel pada sebuah lempengan.

Nah, akibatnya jejak kaki beserta tekstur kulit kakinya ikut tercetak dengan sempurna pada lumpur yang ada di lempengan tersebut.


Penemuan jejak kaki dan jejak kulit Minisauripus ini merupakan penemuan kesepuluh tentang dinosaurus terkecil ini dan penemuan pertama yang menjelaskan pola atau tekstur kulitnya.


Kulit Dinosaurus Punya Pola yang Berbeda

Kulit dinosaurus ternyata punya fungsi yang sama seperti sidik jari yang dimiliki manusia, nih, teman-teman.

Manusia memiliki sidik jari yang berbeda-beda, begitu juga dinosaurus yang memiliki pola kulit yang berbeda dengan kelompok dinosaurus lainnya.

Pola kulit berbeda yang dimiliki oleh dinosaurus bertujuan sebagai penanda untuk perbedaan anatomi atau bagian tubuh antar dinosaurus.

Dari penemuan jejak kulit kaki Minisauripus ini, diketahui kalau tekstur dinosaurus terkecil ini mirip dengan kulit burung berbulu dari Tiongkok, lo.

Sumber: Bobo


Quote:



Diubah oleh semogahate
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Buset, kecil amat emoticon-Hammer2
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di