CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Mengambil pelajaran dr kehidupan ane sendiri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c7d1fb1f0bdb210d47e67df/mengambil-pelajaran-dr-kehidupan-ane-sendiri

Mengambil pelajaran dr kehidupan ane sendiri

Bikin trit lg ane buat pengingat jg buat diri sndiri sekaligus share jg di saat ada yg kampanye nikah muda cm utk menghindari zina tanpa memperhitungkan kesiapan lain yg sangat penting

Ada seorang perempuan yg dr kecilnya tdk percaya diri, jarang bergaul, trkenal paling pendiam di kelas, tdk menarik, sangat canggung dg lawan jenis,tp akademiknya lmyn tp hidupnya hanya itu sj sekolah dan rmh tdk prnah ikut ekskul, jarang main sm tmn2, brteman dg org itu2 sj yg sifatnya mirip2 jg,, trbawa sampe ia dewasa

Akademiknya lmyn iya bs masuk sklh2 favorit smpe bkrja di perusahaan yg cukup trnama

Dan saat di perusahaan trnama melalui program manajemen trainee inilah masa2 paling berat dlm hidupnya, smua kekurangan dia sejak kanak2 bnr2 trtantang disini,, dia yg pendiem, tdk suka tampil, suka menyendiri, brteman hanya dg sedikit org dg sifat yg sama,, di MT itu dia harus bs jd org yg mimpin, atraktif, byk tampil, selalu brsama byk org hampir 24 jam, harus membangun keakraban dg org byk, dia bnr2 down, jatuh, anxiety nya bangun, ketriger,,smpe awal2 masuk krja dia depresi, smpe berobat ke psikiater, krn kehidupannya sudah trganggu, tdk bisa tdr, ingin menangis trus, sampai self harm, dia merasa hari2nya sangat berat, kt psikiater itu smua krn dia trlalu sensitif yg mmg mudah stres ditambah d tmtpnya bkrja seolah dituntut utk jd org yg sgt brlawanan dg kepribadiannya

Bbrp waktu sblm itu ia prnah bkrja di perusahaan kecil dan brkenalan dg laki2 rekan krjanya, yg kl secara background ada di bwh dia, tp namanya perempuan yg insecure parah, dia menemukan kenyamanan dr laki2 yg sederhana itu, dan pertemanannya lanjut makin dekat, sampe si perempuan ini resign dr perusahaan itu krn dia pngn krja lebih baik dia lihat kk2nya bs krja di perusahaan trnama

Di saat perempuan ini depresi krn kaget dg krja di perusahaan besar, tmn laki2nya yg sederhana itu jd semacam malaikat baginya, satu2nya tmpt dia menemukan kenyamanan, dr seremnya kantor, tiap brgkt kantor dia merasa berat, motivasinya adalah bs brtemu dg teman laki2nya itu sepulang kegiatan kantor, krn dia merantau, jd tdk bisa kumpul sm ortu, si tmn laki2 ini jd tmpt plg baginya

Si tmn laki2 msh bekerja di perusahaan kecil,, hingga rasanya sangat ingin menikah, membayangkan akan menenangkan sekali kl bs tinggal bersama, ada teman

Saat memutuskan mau menikah si perempuan ditanya oleh keluarganya yg tau background si laki2, yg pendidikannya biasa2 sj, krjaannya di perusahaan kecil dg gaji umr, keluarga mencoba memberi masukan mengingatkan si anak perempuan, "km itu lulusan PTN X, krja di perusahaan X, yakin mau sama laki2 itu, takutnya km nnti jadi tlg punggung" dan kakanya yg membri rekomendasi tmnnya utk dikenalkan, namun si perempuan tdk mendengarkan, tntu sj krn dirinya yg super insecure, merasa dirinya ga pantes sm laki2 yg berkualitas, dia merasa dirinya jelek, kulitnya jelek, dia tdk bs masak, dll dia ga pd bgt kl harus pasangan sm laki2 yg dikenalkan kk nya,
sedangkan dia sudah menemukan tmn laki2 yg bs dia nyaman bgt

keluarganya jg bingung knp kok anak ini bs ga pedean bgt ya kuliah bergengsi, krjaan ok, muka tdk jelek2 amat byk yg bilang dia manis, tidak cantik tp ya tdk jelek2 amat jg, tp aura tdk pedenya bgitu kuat shg perempuan ini tidak menarik dan sulit brinteraksi

Akhirnya perempuan ini dan si laki2 sederhana menikah, si laki2 tdk modal apapun krn dibantu full ortunya sedang si prempuan menggunakan uang tabungan hasil dia bkrja yg mmg gajinya lebih dr cukup

Awal2 menikah masih baik2 sj, si perempuan tau betul dia harus siap keluar uang ekstra utk kebutuhan hidupnya jika mau hidup layak, tdk mungkin brgantung dg suami sj, jd dia yg bayar sewa tmpt tinggal, krn suaminya hanya mampu byr sewa tmpt tinggal yg krg layak, kmudian seriring waktu brlalu si prmpuan rasanya jengah dg laki2 itu yg sangat gt2 sj, tdk ada krja kerasanya yg dikira akan muncul stlah menikah, dg gaji umr si laki2 bs santai sj intrnetan, bc komik, dg fasilitas kos ber wifi yg dibyr si perempuan, si laki2 selow2 sj, cuek2 sj, tdk ad usaha utk hidup lebih baik pdhl kan dia sudah jd suami?? Kepala kluarga?? Di kantornya si perempuan mrasa sgt berat, ingin sekali resign, bnr2 trtekan, smpe dosis obat ditambah oleh psikiaternya, dia sadar betul tdk mgkin dia resign dg kondisi ekonomi suaminya yg spt itu, tdk mgkin keuangan keluarga bnr2 drop, dia merasa tdk terima dia sedemikian susahnya brtahan krja sedangkan suaminya bgitu2 saja, tdk ada inisiatifnya, tdk ada dorongan utk usaha ekstra, smpe hari2 sering diisi dg keributan

Tp si perempuan ttp mengidamkan punya anak spt kebanyakan pasangan lain yg sudah menikah, tp dia msh minum obat, akhirnya obat berenti atas keinginan sndiri spy bs program punya anak, dia merasa sudah siap hidup ikut suaminya sj, kl tdk kuat ngantor ya resign aja, tdk prlu obat lg utk bantu dia survive di kantor

Kmudian stlah 2 bln brnti obat dia positif hamil, sudah brniat resign namun ya dia pun sadar lahiran butuh biaya, di kantornya lahiran ditanggung, jd dia brpikir nanti sj resign stlah melahirkan,

Saat hamil msh sering trjadi prtengkaran2 dia tdk mnjadi ibu hamil yg bahagia, smpe akhirnya melahirkan, punya bayi dia jg sadar mengurus bayi itu tdk mudah, dia harus jd org yg bahagia dl, jadi pasangan ortu yg rukun spy bs mmbesarkan anak dg baik. Keinginan dia utk resign stlh lahiran pun jelas tak mungkin tak mungkin dg kondisi keuangan suaminya itu sedangkan kondisi prusahaan tmpt dia bkrja jauh lebih stabil dan trjamin tdk mgkin ditinggal

Merasa msh berat utk survive krja tp tk ngkin pakai obat krn menyusui si perempuan konsul psikolog, mencurahkan emosinya, msh nangis2 beratnya menjadi ibu sekaligus breadwinner

Tp seolah tdk punya pilihan ya ttp harus krja dijalankan dipaksakan trus smpe kemudian mgkin krn dibantu Tuhan jg, dia mulai enjoy bekerja, bs menaklukan rasa takutnya, malah lebih nyaman brinteraksi dg org2 dan rasa pede mulai sedikit meningkat, bs enjoy brteman dg lawan jenis dan krn sudah ada anak dia merasa dia bs jd org yg lebih cuek, tdk trlalu mempermasalahkan segala hal spt dl, tau ada anak yg jauh lebih penting dr semuanya dia bs lebih trkontrol dlm mghadapi mslh lain

Dan dikala ini dia jadi berandai2, cb ya dr dl sy bgini, dr sma sy paksakan ikut ekskul, atau saat kuliah, sy paksakan diri keluar dr zona nyaman mgkin sy akan lebih cpt merasa pede dan tntu akan mempengaruhi kputusan hidup yg sy ambil, kl sy melihat diri sndiri spt sy skrg, sy akan lebih selektif mencari pasangan, jika di awal sudah selektif dan banyak prtimbangan sblm menikah Insya Allah di saat stlah menikah masalah2 besar bs dimininalisir,, saat dl sy menikah sy dlm kondisi down, depresi, anxiety dan suami sy dikala itu itu spt penolong bagi sy, namun kini sy merasa justru kami spt tdk kompak brjalan brsama,, tp ya inilah apa yg sy dapat dr smua prbuatan sy, meski bgitu krja sm dg suami sdah lebih kondusif skrg tdk yg ribut2 spt dl

Hal2 yg sy ambil pelajaran dr pengalaman hidup sy sndiri :
1. Tentang parenting,, mendidik anak adlh tanggung jawab yg sgt besar, harus ada ilmu, punya anak bukan hanya ngasih makan, nyekolahin, tp harus mendidik, membentuk kepribadian anak, bgmn dia bs tahan banting, jd org percaya diri, nyaman dg dirinya sendiri dan org lain, sy yakin knp sy bs mnjadi spt ini krn pengasuhan sy dl jg krg baik krn ortu sy ya ga tau apa2 jg, spt misal liat sy spt trkucil dr tmn2 sebaya, harusnya kl ortu punya ilmu parenting akan turun tangan spy sy bs bermain dg wajar sm anak lain, bkn hanya dibiarkan sj kmudian menumpuk trbawa smpe dewasa, sy gamau salahin ortu krn mmg ya ortu jg gatau gapaham akibat2nya, sy ambil pejaran jd ortu itu gmn spy anak bisa trbuka sm ortunya, tiap ad mslh cerita sm ortu dan sbg ortu harus bs memberi solusi

Spt misal tipe anak ada yg easy, slow to warm, difficult, ortu harus paham bgmn mengasuh anak sesuai tipenya spy bs berkembang dg baik

2. Ttg menikah,, Saat memutuskan menikah harus bnr2 siap, matang, yakin, bkn cm krn tmn2 ud pd nikah, krn ditanya trus kpn nikah, nikah itu berat, kl ada yg kampanye2 nikah muda dg tujuan hindari zina sy krg setuju, nikah itu prlu kesiapan emosi, finansial, jiwa raga yg stabil, bukan cm biar bs halal brhubungan, sy jg salah saat memutuskan nikah sy hanya brpikit menikah akan membantu mslh sy saat itu, sy jd ad tmn, pdhl menikah sangat jauuh lebih besar, jangka panjang bgt

3. Ttg punya anak.. Stelah menikah, punya anak jg harus bnr2 siap, sama jgn mengira punya anak itu solusi, punya anak makin besar dan berat tanggung jwb, kl kondisi rmh tangga lg gak baik jgn brpikir kl punya anak bakal bs jd bikin pasangan rukun bs mempersatukan, justru jdlah pasangan rukun, bersatu, siap mental, emosi finansial dll dlu, jd lah pasangan bahagia dl barulah punya anak,



profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpandita dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lazyistj91
intinya masalah ekonomi ya sis. kalo soal pendidikan suami sih mau lulusan smp pun asal bisa jadi menteri atau pengusaha sukses ya ga masalah. dan masalah2 lain akan selesai dengan sendirinya.
Diubah oleh kamuhujat21
profile picture

Bukan, kalo ane lihat masalahnya karena suami tidak mau keluar effort lebih, tipikal yg lebih suka santai daripada kerja keras. Gak bisa mengimbangi ts yg tipikal model2 bintang pelajar kalau di sekolah

Kalau suami kelihatan ada usaha, ts tidak bakal terlalu komplain walau usahanya belum menampakan hasil.

profile picture
TS lazyistj91
kaskuser
This! Makasih gan trharu bs ada yg paham..

Jd pngn bahas lg bukan maksud ungkit2 cm pngn jelasin intinya dmn..
Dl tuh emg gt si nyantai bgt., dl dia tuh selow aja maksudku sblm nikah dia tggl d mn kosan yg krg layak akhir bulan makan biskuit

Stlah nikah kan bs hidup lebih baik tp orgnya gt aja selow dg fasilitas khidupan yg lebih baik, haha hihi intenetan santai2, kl blm nikah kyk gt gpp lah, ini udh nikah loh! pdhl ya ane afford ini pake k psikiater segala krn dl stres bgt di kantor,, prnah ane hamil brp bln, plg kantor, malem masih lanjut freelance, sdgkn dia tdr ajah gt, ane masih krja,, ane harapkan sikapnya lebih apa ya lebih berusaha, nanya kek ada yg bs dibantu ato apaa gt, ane jengah, ane jd nuntut spt itu, yg ane lebih sebelin itu sikapnya,, bukan miskinnya, yg utama, tp attitudenya tdk menunjukan posisi dia gmn, simplenya : tahu diri

Dan dg smua itu suami ane berkesan putih tanpa dosa ane hitam dan buruk,, ane ga brsyukur, suami ga salah, antagonis dan protagonis, ibu tiri dan cinderella,, dsba bnr2 hitam dan putih, apa tdk ada abu2 meski abu2nya ane lebih gelap dan suami lebih terang

Ane ga brsyukur? Mmg, tp apa suami brsyukur?? kl dia brsyukur ane yakin sikapnya ga santai selow cuek gt, dia akan lebih brusaha, brinisiatif, istri hamilnya trindikasi sesar, ga perlu urus2 bpjs ato apa, mgkin di luar sana ada suami yg istrinya harus sesar, hamil resiko tinggi, kelimpungan krja keras bagai kuda, ngurs bpjs, dsb dia msh bs nyaman2 aja, krja biasa2 aja apa trpikirkan? Kl ane bahas dg tujuan mningkatkan rasa tahu diri dianggapnya ngungkit2,, pamrih, ngatain siapa suruh km krja sy ga nyuruh, dsb

Ane ga nghargai suami? Mmg iya, tp dia gmn? sudahkan saat itu dia menghargai istri dg kondisi keluarga yg spt ini

Ga brpikir spt ini kah: pikiran brsyukur dlm posisinya:
"Oya sy dl kos seadanya, triplek, byk tikus dan kecoa, makan biskuit pas akhir bln, skrg sy lebih baik, alhamduliillah ada peran istri sy jg dia krja stres gt ampe k psikiater, sy akan usaha lebih ah disini"
"Wah tmn2 istri sy gajinya buat hepi2, beli barang2 jam tangan, tas branded, liburan luar negeri, istri sy ga gt gaji dia buat kluarga, sy akan berusaha lebih ah disini"
"Istri sy kehamilanya resiko tinggi msti k dokter fetomaternal, tarifnya mahal minum susu nutrican utk org kanker yg harganya mahal, indikasi sesar jg, biaya nya mahal, alhamduliillah masih bs terafford tanpa sy harus kelimpungan, nguli, ngojek, yg penting janin selamat, usaha dimaksimalkan, sy akan berusaha lebih disini ah"
Dsb
Lalu action,

kl ane jd dia kyknya bakal gt soalnya sikap ane 😭 kl bs brsikap gt, berusaha paham, berusaha tau diri, berusaha smuanya,, ane jg Insya Allah ga akan yg nuntut2 gmn bgt neror2, Insya Allah 😭 aku yakin pada diriku sndiri kl aku tak sejahat dan setakberperasaan-berperikemanusiaan itu

Gmn ya soalnya urusan tau diri ane tu ga enakan orgnya, waktu abis lulus kul nganggur ane d rmh ngrasa brsalah gt masih makan makanan ortu, kyk jd beban ortu, akhirnya ane milih ngrantau aja smbil jd jobseeker seadanya dg uang tabungan yg dipunya, ngekos seadanya

Dan berusaha, ane pngn suami usaha lebih, krn ane ngrasain sndiri dptin sesuatu yg dg usaha lebih, ane dr kel sederhana, masa kecil jajan sabana sepotong buat brg2, sate sebungkus buat bdg2, IQ biasa2 aja, bukan macem privilleged kid, tp usaha belajar inget pas SMA mau uan dan snmptn, tiap malem bngun bljr, krn lebih konsen ps mlem, bs llus cpns dan nilai trtinggi di formasi kmren jg usaha di tngh ksibukan urus anak dan krjaan, bljr lah itu smp jam 2 dini hari, subuh brgkt kluar kota utk tes, plg lg tngah malem, paginya krja lg

Yg ane ga usaha lebih itu dr sisi ngembngin soft skill emang jdiny gini, menurut ane jd tugs ortu jg ngarahin anaknya, encourage kl anak pemalu penyendiri n trtutup, temen dikit, suka ngurung diri tutup kamar

Yah gt lah silahkan ane d judge ini itu, kl niat meluruskan ini buat pngingat diri ane sndri bukan biar agan2 kaskuser mau paham,, yy pnting saat ane curhat ke org dunia nyata dan mmg psikolog dia bs paham: saran nya ane ttp krja, atasi masalah d tmpt krja, trus suaminy dimotivasi diminta ngrjain lebih d hal2 yg dia bisa,

dan itu dulu

Kondisi skrg stlah ada anak ya cukup stabil aja krn dia tunjukin lebih dlm hal urus anak, krn dg kondisi anak yg punya kondisi medis khusus (multiple alergi, lahir stunting, bb sempat seret) bnr2 nguras jiwa raha dan keuangan, tp masih baik2 saja, krn suami jg berpran.. ane yakin byk yg dr sisi keuangan istri udh lebih, dlm urus anak jg suami perannya kecil, gamau urus anak, cuek kl gt ga bgt sih, ane ga bakal kuat pasti pngn nendang

Pelajaran lain

6. Merasa cukup
Merasa cukup itu susaaah trnyata ya, tp tdk, ane bukan pngn kaya raya tanpa krja spt tanggapan bbrp kaskuser thd ane jg,, cari aja yg kyk ardi bakri, cere aja jari orang kaya ente bs santai2 dsb,, percayalah sy mskipun kondisi low anxious deprsei ringan jg tp tdk sedelusional itu, krn skrg ane sedang merasa cukup :
- d krjaan ane dah naik, stresnya stres biasa : gak yg smpe mslh mental gmn, kdg trbersit pngn k sikiater lg, tp trnyata tdk perlunya msh bs handle, tandanya : msh bs tdr, ga smpe pngn rusak2 tereak2 dan hal2 tak trkontrol lainnya, msh bs perbaiki mood sndiri dg nulis2, ngegofood, nonton, krn sy prnah ngarasain masa kelam yg sebaliknya (susah tdr, ga nafsu makan, nonton aja susah, udh play film malah bengong, pikiran kmn2, trus gajadi ntn, ga bs tdr, pikiran jelek trus, yg ada di pikiran yg worst2 bgt, sumpah ga enak bgt, seek help kl ada yg ngrasa gini yah)
- suami brperan ngurus anak trutama pas malem hari bangun kasih susu, atau nidurin anak yg kebangun tengah malem/dini hari, krn sy suka insomnia, dan ps baru aja mau tdr bayi kebangun, untung ad suami
- udh ada mba pengasuh yg cocok, telaten urus anak, telaten ngasih susu anak per 2 jam, berat anak naik dan ngejar ketinggalannya, sifatnya pas ga aneh2 gmn2,
- anak udh ngejar ktinggalannya di kurva pertumbuhN, pakai susu khusus, berat bs ngejar, alerginya adem, ceria, anteng, bs tdr pules, harganya yg mahal jd worthed bgt
- rumah ga brantakan2 amat, cucian ga numpuk amat

Udh sih gt rasanya cukup, meski dr keungan ga sehat bgt, gaji ane naik pun blm cukup, dg adanya gaji mba susu khusus kondisi medis anak yg mahaall, k dokter tiap 1-2 minggu, cicilan, jd gaji naik jg utk bulanan ga cukup, msti ambil dr tabungan, tp tak apa2 ga stres yg gmn2 tuh, namanya tritmen dr doktr sesuai kondisi anak ya dijalani, yakin cm smntara, nnti bs makan normal, dan bs nabung lg dikit2, yg penting di 1000 hari prtamanya prtumbuhannya bs trkejar dan bye stunting,

nanti kl ada rejeki lebih macem thr dll diutamakan utk pelunasan dipercepat cicilan, biar besarnya cicilan bs brkurang, dan keuangan bulanan bs lebih longgar sdikit demi sdikit, intinya msh aman2 sj, ga smpe harus ngutang, msh bs makan layak, ga cm nasi garem kecap kerupuk atau puasa tiap hari, cukup

Jd ane g muluk2 dan ga delusional pngn kaya raya jd istri keluarga bakri, barrack, atau gmn ya Allah ekwk, krn kondisi ini skrg ane cukup, cukup baik, aspek2 utama dlm hidup cukup baik2 sj, krn prnah lebih kelam ya kl dibanding dl ya jauuh lebih stabil lah gt skrg ini

Yg ptning itu semua aspek dlm hidup bs stabil, bukan berati tanpa masalah, tp msh dlm batas yg baik2 saja

Soal bahas aib suami ya maksih diingatkan tp disini ane bahas aib smuanya dh bukan suami aja, aib diri sndiri jg, kl nulis ane emg suka detail sih krn emg gt, tujuan yg baca bs tau detil jg, trgambarkan dg detail, gemes sndiri kl g detail -_-

Pnjng sekali ya
profile picture
Ane bisa paham, ane sering lihat kejadian sejenis di sekeliling, coba di obrolin dari hati ke hati dengan suami visi misi dia ke depan gimana, jelaskan jg poin2 yg jadi kekhawatiran dan unek2 sist, tapi ngomongnya baik2 jgn pake emosi, karena ga semua orang paham konsekuensi dari menikah berarti tanggung jawab dia bertambah, yg berarti usahanya jg harus lebih
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di