CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby /
Hewan Peliharaan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread//-

Ternyata Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Banget Nempel-nempelin Kepalanya di Kaki Agan

Agan Sista pernah nggak sih saat lagi duduk atau berdiri tiba-tiba dihampiri oleh kucing peliharaan atu kucing liar dan dengan tanpa basa-basi mereka langsung mendongakkan kepalanya ke arah kaki Agan. Jika Agan memperhatikan mereka akan melakukan hal tersebut secara berulang-ulang. Seolah pengen ndusel, kucing terusm menerus mencoba untuk menempelkan kepala atau dahinya di kaki kita. Nggak sedikit kucing yang melakukan hal yang serupa. Kira-kira kenapa ya?


Ternyata kucing emang suka banget menempelkan kepala atau wajahnya ke arah kaki atau benda-benda di sekitarnya. Sekilas mungkin kita berpikir kalau mereka sedang gatal dan pengen digaruk. Tapi ternyata mereka melakukan hal ini untuk menandai hal-hal di sekitarnya, termasuk pada kita. Tanda ini akan dibuat menggunakan kelenjar aroma di seluruh tubuhnya.


Pada wajah kucing terdapat kelenjar yang melepaskan feromon, sebuah zat kimia yang dikeluarkan hewan saat berkomunikasi dengan sesamanya. Menurut para ahli perilaku kucing, kegiatan ini biasanya mereka lakukan untuk membuat sebuah ikatan atau hubungan sosial. Mungkin ini salah satu cara mereka berbasa basi mengobrol gitu kali ya Gan.


Saat kucing menempelkan kepalanya dengan gerakan mendorong ke tubuh kita maka bisa diartikan jika mereka mempercayai kita. Perilaku ini bukan hanya tentang menandai wilayah kekuasaan aja lho Gan. Tapi juga bisa diartikan sebagai tanda jika mereka ingin menunjukkan rasa familiar, menghormati, atau sekedar ingin menyapa kita, selain tentunya pengen mencari perhatian kita Gan. Cie! Mereka pun melakukan hal ini saat mencium aroma kucing lain di kaki Agan.


Jika kucing menempelkan kepalanya ke kaki Agan, nggak perlu merasa awkward Gan. Agan bisa membalasnya dengan melakukan hal yang sama kok. Tapi awas jangan mendorongkan kepala dengan terlalu keras ya. Atau mungkin Agan bisa membalasnya dengan sekadar mengelus kepala mereka dengan perlahan.


Kucing melakukan hal ini bukan hanya pada manusia aja lho. Mereka pun juga menempelkan kepalanya satu sama lain. Hal ini membuat mereka memiliki aroma tubuh yang serupa sekaligus mencadi tanda akan pertemanan mereka. So cute!


Sesama kucing yang saling menyerudukkan kepala dengan perlahan bisa diartikan jika mereka saling memiliki kepercayaan dan bersahabat dengan baik. Manis banget ya Gan kelihatannya. Famili kucing di alam liar pun ternyata juga melakukan hal yang serupa lho, karenanya dapat diartikan jika perilaku ini sudah berlangsung sejak lama. Bahkan mereka nggak hanya melakukan hal ini pada sesama kucing aja Gan. Mereka bisa menempel-nempelkan kepalanya ini pada kepala hewan lain. Bahkan anjing sekalipun.


Biasanya para kucing mendorong-dorongkan kepalanya dengan gerakan menyeruduk yang pelan ya Gan. Jika mereka menempelkan kepalanya dengan keras ke arah benda-benda lain sambil mengeluarkan suara yang nggak biasa, maka bisa jadi mereka sedang mengalami masalah. Agan harus perhatikan perbedaannya ya.


Tapi nggak semua kucing suka ndusel-duselin kepalanya ke arah kita. Meski begitu, saat mereka nggak melakukannya, nggak bisa diartiin kalau mereka nggak mau berteman dengan kita. Karena meskipun ini merupakan perilaku yang umum terjadi, nggak semua kucing melakukannya. Agan harus paham jika setiap kucing memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda-beda, seperti  halnya manusia.

Thread sudah digembok
Balasan post chinmilovers
Quote:


Ini alasan paling masuk akal,kucing liar di sekitar ane juga gitu kalo pada minta makan,dan jadwalnya pun mereka sudah pada hafalemoticon-Ngakak
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di