Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hai2lpAvatar border
TS
hai2lp
Oli Mesin Motor Matic Terbaik Menurut KasKuser
Sebelum2ny belon ada polling untuk Oli motor Khusus Matic
Ane pengen tau pilihan agan2 untuk oli motor matic kepercayaan agan
Mohon bantuan kaskuser tuk meramaikan polling ini
N kalau ada Oli Matic yg kurang tambahin ya ,,
Ini dah ane revisi dari thread seblumnya


Dan semoga bermanfaat bagi yg kebingungan nyari2 Oli matic terbaik

Maaf Oli pabrikan Honda AHM MPX-2 , suzuki , dll , ga ane masukin ga bisa di edit poll nya

Ane dah mulai urut berdasarkan pemantuan TS sendiri

=== PILIHAN TERBAIK Menurut TS ====
1.Motul Scooter Expert (Rp. 200.000)
2. Motul Scooter biasa (Rp. 150.000)
3. Shell AX7 Scooter (RP. 42.000)
4. Castrol POWER1 SCOOTER 4T
5. Repsol Moto Scooter 4T 5W40
6. BM1 PC 1100 (Rp. 50.000)
7.Pertamina Enduro matic

Cuma Ane rasa Petronas Syntium Moto Scooter (Rp 80rb-an) juga bagus , tar ane uji klo dah nemu barang nya

=== Sebaiknya Dihindari Jika punya Uang Lebih ===
1. Yamalube Matic (Ane dah nyoba gan biasa aja)

Sory klo ane murtad dari Yamaha , dia emg kurang mampu nyangi kualitas international terbaikemoticon-Blue Guy Peace


Bagi agan2 yg memiliki motor matic ini boleh berpatisipasi

Yamaha Mio J, Mio Soul , Mio ,Mio Sporty CW, XEON, Fino, Nouvo
Honda Beat,Vario, Spacy, Scoopy, Revo matic,PCX
Suzuki Nex, Hayate 125, Skydrive, Skywave,Spin
Kymco Agility, New Dink, DJS, Downtown , Grand Dink, Like, Movie S, MyRoad, New Sento, People, Sento, Super, Vitality, Xciting
Vespa piaggio Matic

Ane Sendiri pake motor Mio , Keresa banget begitu ane coba pake Shell Advance 4T AX7 Scooter , tarikan nya lebih dashyat di banding pake Yamalube Matic, begitu gas langsung ngacir, Harga beda dikit mening jajal sekalian cma beda 10rbemoticon-Ngacir
emoticon-2 Jempol

Cuma ane lagi ngidam ma Motul Scooter Expert , harga nya paling gila emg Rp 200.000 per liter nya ... pengen tau bner2 kerasa ga ya performa ny di banding shell
emoticon-Matabelo

Bagi Agan2 yg udah nyoba Motul Scooter Expert tolong riview di comment dong ,, jgn asal vote aja (make kaga)


Kaya ny mesti bertahap ,, dgr2 sih BM1 PC1100 jga bagus .. coba in ah ...emoticon-Blue Guy Peace( Update: Udah ane coba lumayan juga untuk tarikan diatas 60 KM, cepet naik ke 80 ke atas)

Spoiler for AHM Oil MPX-2:

Spoiler for BM1 PC 1100:

Spoiler for CASTROL POWER1 SCOOTER 4T:

Spoiler for Motul Scooter Expert 4T 10W40:

Spoiler for Motul Scooter Power Injection 5W40:

Spoiler for Motul Scooter 4T 10W40:

Spoiler for Pertamina Enduro matic:

Spoiler for PETRONAS Syntium Moto Scooter:

Spoiler for Repsol Moto Scooter 4T 5W40:

Spoiler for Shell Advance 4T AX7 Scooter:

Spoiler for TOP 1 Action Matic:

Spoiler for YAMALUBE MATIC:

Spoiler for YAMALUBE POWER MATIC:

Note: Oli-oli diatas hanya yg di design khusus Untuk Matic bukan oli mesin biasa
Polling
0 suara
Pilihan Oli Mesin Motor Matic Agan2
suekethos
tien212700
kiosbangjek
kiosbangjek dan 9 lainnya memberi reputasi
8
2.5M
9.2K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
r3van80Avatar border
r3van80
#8779
Quote:


Bukannya ane menyerang posting ente gan. Cuma koreksi dikit. Intinya pendapat agan benar kok. Jangan marah ya. emoticon-Big Grin

Pertamina Fastron Pertamina Racing 10W-60, base oil PAO, Viskositas 40C 157 cP, Viskositas 100C 22,94 cP. VI 175. TBN 11.1. Harga Rp 270rb / liter online.
Amsoil Signature 5W-30, yg banyak dijual online, base oil juga PAO, Viskositas 40C 59.9 cP, 100C 10.4. VI 163. TBN 12.6. Harga Rp 180rb / quart (946mL).

Di suhu 40C, ketika mesin awal start, Amsoil 5W-30 (atau oli 5W-30 umumnya) bakalan 3X lebih mudah di start dibandingkan oli 10W-60. Enggak kasihan dinamo starter / ACG / SMG -nya?
Ketika suhu 100C, mesin sudah jalan, oli 5W-30 juga lebih ringan 2X dibandingkan oli 10W-60.
Oli 10W-60 tuh berat gan. Monggo di coba dah kalau gak percaya.

Viscosity Index = Kemampuan oli mempertahankan viskositasnya dari awal mesin start hingga suhu 200C. VI diatas 110 dianggap sudah tinggi sekali. Oli Sintetik bisa punya VI hingga 400. Oli buat mesin jet pesawat kayaknya, harganya mahal, makanya tiket pesawat mahal. emoticon-Big Grin

Gampangnya, oli VI rendah, akan semakin encer ketika panas, alias bakalan terasa lebih lemot, terasa logam saling beradu, menggerung. Itu karena VI rendah, oli menjadi terlalu encer jadi dia enggak bisa lagi melindungi.
Motor ane sering banget diatas 80 km/j, diatas 100 km/j, karena situasi jalan yang memang mendukung. Tukang parkir di warung saja, kemarin sampai bilang, laah ente pembalap gan, lewat ngebut terus. wkwkwkwkwk.... emoticon-Big Grin
Enggak ada gejala menggerung tuh. Karena ane selalu milih oli dengan VI tinggi.

Jadi oli 0W-20. dengan VI tinggi, di suhu tinggi pun dia akan tetap seperti oli 0W-20, relatif enggak tambah cair lagi.
Kalau olinya yg ekonomis, bakalan memble ketika suhu tinggi.
Begitu.
Itulah gunannya datasheet.
Dan itu kenapa ane menghindari oli2 yang tanpa datasheet. Niat bikin oli, tapi enggak boleh dilihat isinya apa. Aneh yg bikin.

Amsoil 0W-20, HTHS 2,7 cP. Alias diatas minimum standar 2,6 cP untuk oli 0W-20 SN/GF-5. HTHS, berarti tuh oli separah2nya ketika kondisi suhu tinggi 150C, dan gayanya shear (gesekan piston), dia bakalan tetap ngasih viskositas minimum 2,7 cP. Alias dia tetap ada lapisan seencer 2,7 cP diantara ring piston dan silinder. Semakin tinggi HTHS semakin baik. HTHS 3,5 cP tuh ideal banget, Amsoil Signature Series 0W-40 (jarang banget), Amsoil MCF.
Oli2 yang tidak percaya diri, gak bakalan ngasih tulisan HTHS di datasheetnya.
Gampangnya, HTHS = separah2nya tebal tipisnya tuh lapisan film oli.

Motul ester gak pernah ngasih HTHS, ya karena itu Ester, yang memang bakalan nempel ke permukaan mesin. Jadi agak percuma ngasih HTHS untuk ester. Walaupun bisa sih kalau Motul mau.

Sekian, semoga menambah wawasan agan2 semua. emoticon-shakehand
Diubah oleh r3van80 05-03-2019 00:08
1
Tutup