airell.718Avatar border
TS
airell.718
Norwegia Akan Membangun Terowongan Terapung Bawah Laut Pertama Di Dunia

Image Source: Liputan6.com

Terowongan di bawah laut, mungkin dulu hal seperti ini ada di film-film yang mengajak kita untuk berimajinasi. Namun, siapa yang akan mengira bahwa imajinasi tersebut akan ada di dunia nyata?. Terowongan bawah laut menjadi solusi kemacetan arus lalu lintas. FYI, terowongan bawah laut juga sudah dikembangkan pada beberapa negara juga termasuk Norwegia. Seperti Seikan Tunnel (Jepang), Channel Tunnel (Inggris & Prancis), Kanmon Railway Tunnel (Jepang), Bomlafjord Tunnel (Norwegia), Tokyo Bay Aqualine (Jepang).

Negara Norwegia sudah mempunyai sebuah proyek yang patut diacungi jempol Gan Sis. Karena, jika nantinya proyek ini berhasil maka negara tersebut berhasil menyandang predikat sebagai negara pertama yang mempunyai terowongan di bawah laut terpanjang dan terdalam di dunia. Karena, proyek ini akan melebihi negara RRC, Korsel, dan italia. Dimana negara tersebut juga mengembangkan proyek yang serupa dengan Norwegia.

Tentunya untuk pembangunan proyek ini tidak main-main Gan Sis, karena selain membutuhkan waktu yang lama juga harus mengeluarkan banyak dana. Dana yang dikeluarkan sebesar US$ 40 miliar. Sangat fantastis bukan?

Oleh karena itu, proyek ini membutuhkan segala aspek yang matang. Hal ini dibuktikan dengan oara pakar internasional yang harus melakukan simulasi. 50 pakar internasional telah melakukan simulasi pengukuran mengenai kondisi geologis. Pengukurannya meliputi arus air laut, longsor bawah laut, kecepatan angin yang terjadi, geologi batuan dasar, dan lainnya.

Sebenarnya, proyek seperti bukanlah gagasan terbaru. Karena, Edward Reed yang merupakan arsitek angkatan laut Inggris sudah mengusulkan terowongan mengambang di Selat Inggris sejak tahun 1882 namun diveto.


Image Source: Detik.com

Rute terowogan ini yaitu antara Kristiansand dan Trondheim yang berjarak 1.100 km. Dimana jarak tersebut jika ditempuh dengan kapal feri membutuhkan waktu sebanyak 21 jam.

Tentunya untuk membangun proyek ini memerlukan pengeboran dengan kedalaman 392 meter dan panjang 27 kilometer melalui bebatuan di bawah dasar laut.


Image Source: Tempo.co

Dibalik itu semua, ternyata Norwegia sudah mempunyai lebih dari 1.000 fjord atau celah daratan dengan tebing tinggi di kanan kirinya. Sehingga hal tersebut bisa menunjang kemudahan proyek ini. Dan diharapkan pada tahun 2025 bisa selesai 33%, walaupun menurut Kvalheim Dunheim pada tahun 2050 tidak akan selesai. Namun, untuk sekarang sebanyak 10% sudah selesai.


Image Source: Detik.com

(NPRA/CNN Style) - Terowongan dipasang dengan posisi kabelnya ditambatkan ke dasar laut atau ditambatkan ke ponton yang berjarak cukup agar memungkinkan kapal melintas. Terowongan ini mengangkut kendaraan dari ujung ke ujung fjord yang lain. Terowongan mengambang adalah proyek ambisius karena risikonya adalah ledakan, kebakaran hingga kelebihan muatan, dan pengujiannya sangatlah penting.

Mengingat proyek ini yang mungkin hampir mustahil dilakukan karena dilihat dari segi resiko yang akan dialami mulai dari kebakaran maupun kelebihan muatan, NPRA melakukan kerja sama dengan Institut Teknologi Norwegia pada departemen  Center for Advanced Structural Analysis atau CASA dan juga akan bekerja sama dengan angkatan laut Norwegia.

Oke Gan Sis, cukup sekian ulasan mengenai rancangan proyek Norwegia dari TS. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan


Jangan lupa tinggalkan jejak berupa rate, cendol, bata, saran, dan kritikan.
emoticon-Lempar Bata
BUT NO SARA, PORN, and PIRACY FOR COMMENT

……………………………………………………………………………......
Salam dari Airell.718

Reference:
123
Diubah oleh airell.718 07-02-2019 16:49
anasabila
4iinch
indriketaren
indriketaren dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.6K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
dewinterAvatar border
dewinter
#26
wow mantap nih semoga bisa cepat jadi emoticon-Jempol
indriketaren
indriketaren memberi reputasi
1