Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

restubumiiAvatar border
TS
restubumii
Cara Service Lift
Spoiler for No Repost:

Sejarah Lift di dunia bisa di cari di mbah Google ya gan, ane gak bahas sejarahnya disini karena yang bahas banyak dan pasti sama kalo "karuhun" dan nenek moyang perlift-an adalah si Mbah Otis.

Sebagai Insan teknik yang meraup rejeki dari jasa service lift, ane rasa perlu membagi pengetahuan di dunia perlift-an.
Oke gan, kita langsung aja bahas teknik nya. tapi, mohon maaf jika disini ada pelaku, pekerja, atau yang satu profesi dengan ane. ane gak bermaksud untuk mengajari ya gan.


Spoiler for spoiler:



Teknis Perawatan Lift 
Secara umum perawatan lift dapat di bagi pada beberapa lokasi perawatan gan, diantaranya:

Spoiler for Service Lift:



A.    Ruang Mesin (Machine Room)
Ruang mesin adalah ruang terpenting ya gan, dimana diruangan ini terjadinya semua proses pengoperasian Lift berlangsung secara keseluruhan. Perawatan yang dilakukan di dalam ruang mesin yaitu mengecek komponen diantaranya:

Ø  Panel Kontrol (controller)
Yang di lakukan saat service
·      Periksa sekering
·      Periksa relay – relay
·      Periksa kabel-kabel, terminal, kencangkan baut-baut yang kendor
·      Periksa tahanan / resistor
·      Periksa Interphone

Spoiler for BB:


Ø  Motor Penggerak

Motor penggerak elevator ini memiliki asupan daya tegangan bolak-balik (AC) dari PLN yang sangat berperan dalam pelaksanaan kerja elevator, motor penggerak ini mempunyai kemampuan putar antara 50 putaran per menit sampai dengan 210 putaran per menit. Dengan kapasitas tegangan motor yang disesuaikan dengan kapasitas angkut.

Motor penggerak ini dilengkapi dengan rem magnet (magnetic brake) yang berfungsi menahan motor ketika kereta telah sampai pada lantai yang dituju, pergerakan cepat atau lambatnya elevator diatur oleh Inverter yang terintegrasi controller. Motor penggerak dalam menarik dan menurunkan elevator menggunakan tali baja (wire rope) yang melingkar pada puli
mesin (sheave).


Yang di lakukan saat service

·      Periksa terminal – terminal sambungan kabel

·      Periksa pelumas gearbox (jika menggunakan motor gearbox)

·      Bersikan body mesin dari pelumas



Ø  Rem Motor

Yang di lakukan saat service

·      Periksa cara kerjanya, penyetelan yang sesuai standar akan memberikan umur yang maksimum pada rem.

·      Periksa sepatu/kampas rem

·      Periksa semua bagian – bagian yang bergerak, terutama pin – pin dan baut – baut serta mur, kencangkan jika kendor.



Ø  Roda Penggerak (main sheave)

Yang di lakukan saat service

·      Periksa alur kabel baja (wire rope)

·      Periksa baut – baut pengikat

·      Berikan gemuk (grease) pada bantalannya (bearing)

·      Periksa pisik roda penggeraknya



Ø  Pengindera Kecepatan (Governoor)

Governor adalah komponen penggerak utama dalam elevator, didalam governor ini terdapat saklar yang berfungsi untuk menonaktifkan semua rangkaian sehingga otomatisasi elevator mati dan tidak berfungsi. Selain saklar juga terdapat pengait rem, pengait rem ini berfungsi untuk menghentikan kawat selling dan kawat selling ini menarik rem yang ada di kereta elevator.

Yang di lakukan saat service

·      Periksa kabel baja

·      Cek triping speednya baik itu secara mekanik atau secara elektri
·     Periksa switch triping nya
Spoiler for BB2:

B.    Ruang Luncur
Ruang luncur adalah lorong atau lintasan dimana kereta tersebut bergerak naik dan turun. Lubang ini harus merupakan lubang tertutup dan tidak ada hubungan langsung ke ruang di luarnya kecuali untuk lubang dua buah lift berdampingan. Komponen di ruang luncur (Hoistway) antara lain:
Ø  Guide Rail atau Rel Pemandu, Profil baja khusus pemandu jalanya kereta (car) dan bobot pengimbang (Counterweight). Ukuran rel untuk kereta/car biasanya lebih besar dari pada rel bandul pengimbang/counterweight. Guide rail ini terpasang tegak lurus dari dasar pit sampai di bawah slap ruang mesin.
Yang di lakukan saat service
·      Periksa dan kencangkan baut – baut pengikat pada braketnya.
·      Ratakan sambungan – sambungan rel yang tidak rata.
·      Jika menggunakan roda pemandu (roller Guide Shoe) bersihkan yang dilalui oleh roller dan jangan terkena oli atau pelumas lainnya.
Ø  Limit Switch/ Saklar Batas LintasAda tiga jenis saklar batas lintas yaitu untuk membalik arah (direction switch), final switch dan slow switch. Biasanya komponen ini terpasang di rel kereta, dipasang dibagian bawah dan dibagian atas rel. Yang berfungsi untuk menjaga agar kereta tidak menabrak pit atau lantai kamar mesin.
Ø  Vane Plate/ Pelat Bendera, Dipasang di rel kereta yang berfungsi untuk membaca level lantai, mengatur pemberhentian kereta pada lantai yang dikehendaki dan mengatur pembukaan pintu pendaratan (landing door).
Ø  Landing Door/ Pintu Pendaratan, Terdiri dari beberapa bagian, antara lain door hanger, door sill, dan door panel. Berfungsi untuk menutup ruang luncur dari luar. Pada hall door ini dipasang alat pengaman secara seri sehingga apabila salah satu pintu terbuka maka lift tidak akan bisa dijalankan.
Yang di lakukan saat service
·      Periksa daun pintu, baut – baut pengikat, roller – roller penggantung dan door guide shoe
·      Periksa penggantung pintu (hangers).
·      Periksa kontak pintu

Spoiler for BB3:


C. Kereta (Car)

Spoiler for Cabin:




Kereta adalah Cabin dimana penumpang naik dan dibawa naik-turun. Kereta ini dihubungkan langsung dengan bobot pengimbang (Counterweight) dengan tali baja lewat pully penggerak di ruang mesin.

Ø  Car Door/ Pintu KeretaTerdiri dari beberapa bagian, antara lain: door hanger, door sill, door panel dan door mekanisme yang mengatur buka tutup pintu. Berfungsi untuk menutup kereta dari luar. Pada pintu kereta (car door) ini dipasang alat pengaman secara seri dengan pintu pendaratan/ landing door sehingga apabila pintu terbuka maka lift tidak dapat dijalankan.

Yang di lakukan saat service

·      Periksa daun pintu, baut – baut pengikat, roller – roller penggantung dan door giude shoe

·      Periksa door switch

·      Periksa sensor pintu (curtain light sensor)

·      Periksa triangle key

·      Periksa roller – roller nya



Ø  COP (Car Operating Panel), Ada satu atau lebih COP. Biasanya terletak pada sisi depan kereta (front return panel). Pada panel tersebut terdapat tombol-tombol lantai dan tombol pengatur buka tutup pintu.

Yang di lakukan saat service

·      Periksa fungsi dari tombol – tombol



Ø  InterphoneBiasanya terletak pada COP (pada lokasi yang mudah dicapai) yang berfungsi untuk mengadakan komunikasi (dalam keadaan tertentu) antara kereta, kamar mesin (Machine Room) dan ruang kontrol gedung.

Ø  Alarm BuzzerYang berfungsi untuk memberi tanda bila lift berbeban penuh atau tanda-tanda lain.

Ø  Switcing BoxBiasanya menjadi satu dengan COP. Yang terletak dibagian bawah COP secara tertutup (yang dapat dibuka hanya dengan kunci khusus) didalamnya terdapat tombol-tombol pengatur.

Ø  Floor IndicatorNomor penunjuk lantai dan arah jalannya kereta. Biasanya terletak disisi atas pintu kereta (transom) atau pada COP.

Periksa dan ganti jika ada indicator yang rusak

Ø  Lampu Darurat atau Emergency Light, Biasanya terletak diatas atap kereta, fungsinya untuk menerangi kereta dalam keadaan darurat  (listrik mati) dengan sumber battery.

Periksa kontak pengamannya, llift akan berhenti jika pintu darurat di buka

Ø  Saklar Pintu Darurat (Emergency Exit Switch), Terletak pada pintu darurat diatas kereta, fungsinya untuk memastikan agar kereta tidak berjalan apabila pintu darurat dibuka untuk proses penyelamatan.
Ø  Safety Link, Mekanisme penggerak alat pengaman (safety device) diatas kereta yang dihubungkan dengan governor di kamar mesin. Berfungsi untuk menahan kereta over speed ke bawah (dalam keadaan darurat).


Spoiler for ++ Gan:



Spoiler for Bonus Gan:




Oke gan, sementara ane anggap cukup ya mengenai perawatan lift. 
boleh di cendol gan, kalo mau tanya2 trouble bisa di komeng gan
kalo minat dengan jasa vanesha cukup 80 jeti gan, kalo minta dengan jasa ane bisa PM langsung ke ane gan.

Nuhun
0
5.9K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Tampilkan semua post
wolfzmusAvatar border
wolfzmus
#3
Quote:


emoticon-Wow
0
Tutup