alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Yuk Mengenal Cara Seduh Kopi dengan Manual Brew
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c5bbfed68cc953f203a744f/yuk-mengenal-cara-seduh-kopi-dengan-manual-brew

Yuk Mengenal Cara Seduh Kopi dengan Manual Brew

Manual Brew??, seperti namanya adalah cara untuk menyeduh kopi secara manual tanpa menggunakan mesin espresso. Teknik ini kerap kali berkaitan dengan bubuk kopi yang sudah digiling, kertas filter, dan air panas yang sudah di tentukan tingkat temperaturnya. Minuman yang dihasilkan dengan cara ini umumnya adalah kopi hitam tanpa ampas yang memiliki tingkat ketajaman rasa yang berbeda dengan espresso ataupun Americano. Oleh karena itu, para barista pun menyarankan agar manual brew coffee ini dinikmati tanpa campuran susu ataupun gula demi mempertahankan keunikan rasa tersebut.

Berikut beberapa cara menyeduh Manual Brew:

1. Metode V60


V60 merupakan alat seduh kopi yang sangat populer pada saat ini, teknik V60 pada dasarnya adalah teknik kopi saring tapi dengan kertas khusus. Menyeduh Kopi dengan V60 merupakan teknik seduh kopi yang unik. Kopi yang dihasilkan mempunyai rasa dan aroma yang sangat berbeda dengan teknik seduh kopi yang lain, hasil kopi seduh V60 mempunyai rasa segar, ringan, dan bersih karena bebas ampas sama sekali. Kami akan berbagi tip untuk seduh kopi dengan V60, ikuti langkah berikut ini.

1. Siapkan V60 beserta paper filternya, timbangan/scale, Coffee, dan cangkir kesayanganmu.
2. Masak air sampai mendidih.
3. Siapkan gelas biasa, lalu taruh diatasnya V60 beserta paper filternya.
4. Bilas paper filternya dengan air yang sudah mendidih.
5. Pindah Pour Over ke atas cangkirmu. Lalu masukan kopi bubuk sedang 15 gram untuk takaran air 225 gr, rasio kopi dengan air 1/15 untuk satu cangkir.
6. Tuang perlahan dengan gerakan memutar dari sisi luar ke tengah dengan air 40-60 gr, lalu tunggu sekitar 45 detik.
7. Lalu tuang lagihingga total 100 gr. Tunggu sampai air turun, Lalu tuang hingga total air menjadi 175 gr.  
8. Terakhir tuang lagi hingga total berat air 225 gr. Waktu yang dibutuhkan sekitar 2,5  - 3 menit / 150 - 180 detik.

2. Metode French Press
https://s.kaskus.id/images/2019/02/0...0207115258.jpg

1. Siapkan French Press, Coffee dan cangkir kesayanganmu.
2. Masak air hingga mendidih, lalu diamkan 1 menit untuk mendapatkan suhu ideal sekitar 90 derajat celcius.
3. Masukkan kopi bubuk kasar dengan takaran 20 gr.
4. Tuang air sekitar 30 - 40 gr denngan memutar untuk blooming.
5. Tunggu sekitar 30 detik, lalu tuang air hingga 240 gr. Setelah itu tunngu sekitar 3 menit.
6. Pasang tutup French Press dengan benar lalu tekan secara perlahan.
7. Tuang ke cangkir.
8. Kopi nikmat hasil racikanmu siap untuk dinikmati.

3. Metode Aeropress
https://s.kaskus.id/images/2019/02/0...0207120211.jpg

1. Panaskan Air: Panaskan air sampai kurang lebih 85 derajat celcius
2. Grind biji kopi favorit: Selagi nunggu air panas, grind/giling biji kopi kamu di ukuran sedikit halus sekitar 20 gram (gunakan timbangan atau sendok takar kopi). Banyaknya biji kopi yang digunakan bisa juga sesuai dengan selera kamu.
3. Set Up Aeropress: Masukkan kertas filter ke dalam tutup/filter cap kemudian dibilas dengan air panas terlebih dahulu. Kemudian pasangkan ke chamber-nya dan langsung diletakkan diatas mug kamu.
Mug yang kamu pakai harus kuat/kokoh, karena nanti kita akan sedikit menekannya.
4. Aduk dan Angkat: Ketika air sudah panas, letakkan bubuk kopi ke dalam chamber aeropress. Tuang air panas sekitar 200 ml (sesuai selera, semakin sedikit air, rasa kopi semakin pekat) setelah itu aduk sekitar 10 detik atau 20 kali (menggunakan alat pengaduk yang ada dalam 1 paket aeropress). Lagi-lagi jumlah yang tertera disini hanya contoh, kamu bisa mengganti jumlahnya sesuai dengan selera kamu.
5. Tekan: Setelah diaduk, tunggu sekitar 30 detik, kemudian tekan plunger dengan tangan kamu secara perlahan. Semakin halus gilingan kopi kamu, semakin berat menekannya, tapi tenang aja, cuma sebentar kok.
Setelah plunger telah ditekan sampai ujung, cabut plunger. Kopi pun sudah siap untuk diminum. Kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk menyeduh kopi dengan Aeropress adalah sekitar 2 menit.

4. Metode Syphon
https://s.kaskus.id/images/2019/02/0...0207120855.jpg

Syphon Coffee Maker yang dikenal juga dengan nama Vacuum Pots. Syphon Coffee Maker ditemukan pertama kali di Berlin pada 1830 oleh Loeff ini merupakan alat yang memudahkan membuat kopi. Kopi yang dihasilkan dengan Syphon ini dipastikan memiliki rasa dan kualitas yang sangat baik dibandingkan cara membuat kopi lainnya.

Produk ini dibentuk dari kaca yang anti panas yang membuat syphon ini bisa mengendalikan suhu pemanasan sehingga kopi yang dihasilkan memiliki rasa yang murni dan tidak pahit. Suhu yang dihasilkan oleh syphon ini berada antara 91 hingga 95 derajat celcius yang merupakan suhu ideal untuk memanaskan kopi.

Produk ini menggunakan mekanisme yang sangat ilmiah dan bekerja sesuai dengan prinsip tekanan. Kalor akan memanaskan air pada ruang bawah. Ketika ruang atas ditutup, tekanan terbentuk dan air akan terdorong ke ruang atas. Bubuk kopi akan diletakkan pada ruang atas dan diaduk agar tercampur sempurna dan memungkinkan pemanasan untuk 40 detik.

Pemanasan Siphon dihentikan dan perubahan tekanan akan terjadi pada ruang bawah, dan kopi akan tersedot melalui filter kembali ke ruang bawah. Pemanasan pintar ini akan mencegah kopi menjadi gosong karena kopi tidak dipanaskan langsung ke sumber panas. Rasa kopi pun menjadi unik dan tidak kentara pahitnya

sumber:
https://kopitem.com/tentang-kopi/tip...ngan-aeropress
http://www.kopijavalorek.com/2012/11...nch-press.html
https://ottencoffee.co.id/syphon/bal...SAAEgKDYfD_BwE

Yuk Gan mulai sekarang cobain cara nikmati kopi dengan cara yang beda. sudah banyak dan menjadi hal yang umum menikmati kopi dengan metode manual brew tapi banyak juga orang yang belum berani coba emoticon-Malu . disarankan bean coffe yg di gunakan menggunakan bean single origin dan tanpa gula jadi karakter kopi dari masing - masing daerah dan cara menyeduhnya bisa kita nikmatin. sekian dan terima kasih emoticon-Angkat Beer
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Balasan post kerakpantji
Quote:


wah yg ini bisa jadi metode baru nih gan wkwkkw emoticon-Belo
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di