CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Beralih ke Energi Terbarukan, Mampukah Kita?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c127789facb950cd44731c0/beralih-ke-energi-terbarukan-mampukah-kita

Beralih ke Energi Terbarukan, Mampukah Kita?


Haloo Agan Sist, wah berasa udah lama banget nih ngga nulis di Kaskus.

Kangen kan ama ane.. hihiih...
Kali ini, ane si Kaksus10 mau bahas mengenai energi yang terbarukan nih.
Apa sih energi yang terbarukan itu?
Langsung cuss yuk cekidot ulasannya di bawah ini.
Selama ini, pada umumnya kita pasti mengandalkan energi listrik sebagai senjata utama kita, kan? Alat tempur kita sehari-hari membutuhkan energi listrik, mulai dari smartphone,  laptop, pemasak nasi, pendingin udara sampai untuk mencuci baju kita juga menggunakan listrik. Kalau listrik padam sudah pasti hidup berasa hampa, mau ngapa-ngapain juga susah.
Spoiler for pembangkit listrik:

Saatnya Beralih Ke Energi Terbarukan
Apakah Gan Sist tahu bahwa dibalik melimpahnya energi listrik yang kita nikmati, pasti ada udara yang tercemar oleh polusi, serta sumber daya alam lain yang dihabiskan?
Pembangkit listrik di Indonesia saat ini masih didominasi oleh energi fosil. Total jumlah pembangkit listrik yang terpasang hingga 2017 adalah sekitar 52.231mw atau sekitar 52gw dan kebanyakan menggunakan tenaga diesel.
So, bisa dibayangkan ngga, berapa besar BBM yang diperlukan untuk membuat pembangkit tersebut bekerja? Padahal sebagian besar bahan bakar yang ada di negara ini, berasal dari import. Boros? Tentu saja, karena langkah ini yang melemahkan nilai rupiah kita.
Selain boros dalam nilai financial, pembangkit listrik juga sangat mencemari udara. Pembakaran batu bara & minyak bumi untuk membangkitkan listrik, menghasilkan emisi CO2 yang relatif tinggi. Inilah akan meningkatkan temperatur bumi, menyebabkan suhu udara lebih panas di musim kemarau.
Jadi, dari banyaknya dampak negatif penggunaan sumber energi tidak terbarukan, saatnya kita beralih ke sumber energi yang terbarukan atau biasa kita sebut dengan sustainable energy. Energi terbarukan adalah sumber energi yang dpat dipulihkan kembali secara alami, dan prosesnya berkelanjutan serta cepat. Sustainable energy dihasilkan dari sumberdaya yang secara alami tidak akan habis bahkan berkelanjutan jika dikelola dengan tepat, Gan Sist.
Sebenarnya konsep energi terbarukan atau sustainable energy itu sudah lama, muncul sekitar tahun 1970an, di beberapa negara maju konsep ini juga telah wajib digunakan karena lebih ramah lingkungan.
Spoiler for PL Batubara:

Lalu bagaimana dengan di negara kita?
Well, Indonesia sendiri sepertinya sudah mulai menjalankan konsep ini, loh dan ternyata Indonesia punya banyak sumber energi yang terbarukan. Nih beberapa di antaranya :
1.    Panas bumi
Energi panas bumi adalah sumber energi yang terbarukan; energi ini berasal dari panas di dalam bumi (thermal). Sebagai negara dengan deretan gunung berapi aktif, Indonesia sangat kaya akan geothermal, namun sayangnya masih minim eksploitasi. Pembangkit listrik yang menggunakan energi ini baru PLTP Dieng di Jawa Tengah, PLTP Salak di Jawa Barat, PLTP Sibayak di Sumatera Utara dan PLTP Lahendong di Sulawesi Utara. Padahal kita masih punya lebih banyak titik sumber panas bumi yang mampu mengaliri listrik lebih banyak.
2.    Air
Yep, sekali lagi, sebagai salah satu negara dengan jumlah gunung berapi terbanyak di dunia, dan negara dengan garis pantai terpanjang di dunia; Indonesia tuh kaya banget dengan air.
Kita bisa mendapatkan energi kinetik dari potensi air yang ada. Dan sejauh ini memang Pembangkit listrik dengan tenaga air menjadi yang paling umum di Indonesia.
3.    Biofuel
Biofuel adalah bahan bakar hayati yang bersumber dari tanaman yang mengandung gula tinggi misalnya tebu, dan tanaman yang punya kandungan minyak nabati tinggi misalnya jarak dan sawit.
4.    Biomassa atau biogas
Adalah sumber energi terbarukan yang dihasilkan oleh aktifitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik, misalnya nih kotoran manusia dan hewan, limbah domestik, limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik.
Di Indonesia sudah ada nih pembangkit listrik yang menggunakan biomassa; yaitu PLTBM di Pulubala, Gorontalo yang memanfaatkan tongkol jagung.
5.    Matahari
Nah ini dia yang paling melimpah di negara kita.
Dengan matahari yang bersinar sepanjang tahun, diperkirakan Indonesia mampu menghasilkan hingga 4.8 KWh/m2, atau setara dengan 112.000 GWp. Sayangnya, Indonesia baru mampu memanfaatkan sekitar 10 MWp
Beberapa pembangkit listrik tenaga surya sudah ada di Bali, NTB, NTT, Maluku dan Sulawesi Tenggara.
Spoiler for pembangkit listrik tenaga matahari:

Lalu apa peranan kita, sebagai generasi milenial dalam pemanfaatan energi terbarukan?
Well, sebagai anak muda yang sama-sama menginginkan kebaikan bagi kelangsungan hidup bumi ini, yuk kita sama-sama sadar untuk hemat energi dan memilih energi terbarukan.
Contohnya kita bisa menghemat energi dengan matikan dan mencabut peralatan elektronik yang tidak dipergunakan di rumah, sekolah atau kampus maupun kantor. Menularkan hal positif ke teman-teman lain untuk tetap hemat listrik serta bahan bakar.

Kita juga bisa mencari tahu lebih dalam soal energi terbarukan di kota kita, dan memilih menggunakannya. Mengubah gaya hidup jadi lebih ramah lingkungan dan sebarkan aksi kita di media sosial, agar memberikan pengaruh yang positif serta ramah lingkungan.
Nah, gimana Gan Sist, punya cara lain untuk mengurangi penggunaan enargi konvensional?
sumber gambar : google



ane masih pake lampu teplok emoticon-Leh Uga
profile picture
TS kaksus10 
Retired Green Lifestyle Enthusiast
bangun2, idung item semua
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di