alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Demi neptunus, ini fakta dari "dissociative identity disorder" yang perlu diketahui.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bbc771b1854f78d4d8b4571/demi-neptunus-ini-fakta-dari-quotdissociative-identity-disorderquot-yang-perlu-diketahui

Demi neptunus, ini fakta dari &dissociative identity disorder yang perlu diketahui.





@CERITAKITAUNTUKSELAMANYAemoticon-Malu

Quote:


Sense kita terhadap kenyataan dan personalitas tergantung dari perasaan, pemikiran, persepsi, dan kenangan. Tapi jika beberapa hal mengalami “disconnected” maka sense terhadap identitas, kenangan, dan pikiran akan menghilang. Kejadian ini dinamakan dissociate disorder.

Tipe-tipe dissociate disorder ini ada 5. Pertama disebut AMNESIA. Amnesia adalah kejadian dimana kita tidak mampu mengingat pengalaman pada waktu tertentu atau juga bisa tidak mengingat informasi personal. Kedua disebut depersonalisasi. Depersonalisasi ini perasaan bahwa tubuh tidak nyata, berubah, atau dissolving. Selanjutnya ada derelasiasi, identiti confusion, dan identity alterasi. Dissociative identity disorder (DID) adalah bentuk paling kompleks dari dissociative disorder.

Dissociative identity disorder dapat mempengaruhi kepribadian seseorang yang pernah mengalami trauma. Gangguan ini terjadi sebagai mekanisme tubuh dalam menghadapi sebuah trauma sehingga pikiran membentuk pribadi baru yang belum ada sebelumnya. Udah banyak film dan pertunjukan lain tentang dissociative identity disorder ini sebenernya, tapi dibalik semua fakta masih banyak banget hal tentang gangguan ini yang belum kita ketahui bre, gw coba rangkum dibawah yah.

Kejadian ini gak selangka yang kita pikir



Beberapa dari kita berpikir kalau gangguan ini langka dan terjadi hanya di film atau buku yang dibaca. Banyak orang berpikir kalau kejadian ini jarang ditemui didunia nyata. Tapi ternyata melalui penelitian, para ahli sepakat kalau prevalensi dari gangguan kepribadian ini terjadi sebesar 2% dari total keseluruhan populasi. Dari persentase ini diperkirakan sekitar 6 juta orang di AS terjangkit gangguan kepribadian.

emoticon-Takut

Kejadian ini gak selalu ekstrim



Kayak yang ada ditv-tv, dissociative identity disorder ini merupakan kejadian kejadian ekstrim dimana sang penderit apunya banyak karakteristik dalam satu tubuh. Di kehidupan nyata, kasusnya gak selalu seperti ini. Pasien penderita dissociative identity disorder hanya mengalami satu perubahan kecil ditiap personalitas, contoh suara, cara duduk, dan sedikit gampang terkejut.

Pasien penderita juga akan mengalami kebinungan, cemas, dan mudah lupa ketika satu kepribadian bertukar menjadi kepribadian lain.

emoticon-Matabelo

Tipe pasien yang terjangkit



Kebanyakan orang tahu kalau sesuatu yang berhubungan dengan dissociative identity disorder dapat mempengaruhi orang dari ras atau gender apapun. Fakta menarik nya adalah, dissociative identity disorder biasanya muncul sebagai hasil trauma yang dialami pada usia 9 tahun atau lebih muda. Selain itu wanita juga lebih sering terjangkit dibandingkan pria karena wanita lebih banyak mengalami kekerasan dimasa kecil. Kekerasan ini dapat berujung pada perkembangan dissociative identity disorder. Kejadian paling banyak terjadi ada di Amerika Serikat, kejadian ini dipengaruhi oleh tekanan yang tinggi yang dirasakan oleh anak-anak amerika serikat.

Pengobatan



Satu mitos terbesar yang berhubungan dengan dissociative identity disorder adalah pengobatannya yang malah akan memperparah penyakit. Kejadian ini, sayangnya, disebabkan oleh beberapa kasus dimasa lampau yang dilakukan terapis yang mengalami misinformasi sehingga memperparah kondisi pasien. Ketika terapis diberi edukasi tentang kecemasan, depresi, dan kondisi dissociative pasien, jumlah kejadian memperparah jauh berkurang.

Hubungannya dengan schizoprenia



Miskonsepsi lain yang beredar adalah hubungan antara schizophrenia dan dissociative identity disorder ini adalah hal yang sama dan memiliki hubungan. Gangguan ini memang punya banyak kesamaan, tetapi ada beberapa hal yang mendasar yang membedakan keduanya. Kedua kondisi ini sama-sama melibatkan kecemasan, penarikan sosial, perubahan cara bicara, dan timbul pikiran-pikiran yang membingunkan. Sedangkan perbedaannnya adalah schizoprenia tidak melibatkan personlitas alternatif sedangkan dissociative identity disorder tidak melibatkan halusinasi.

Kasus pertama yang dipelajari



Pada tahun 1791, kasus pertama dari dissociative identity disorder tercatat dan dipelajari. Kasus ini melibatkan seorang wanita berumur 20 tahun yang punya 2 kepribadian yang berbeda. Wanita ini berkepribadian jerman, dan ini menjadi kepribadian pertamanya. Kepribadian keduanya adalah seorang wanita perancis dan dia bisa berbicara dan berprilaku seperti seorang prancis aristokrat. Wanita berkepribadian perancis ini menyadari keberadaan wanita berkepribadian jerman tetapi tidak sebaliknya. Setelah kasus ini banyak kasus serupa yang dilaporkan dan diidentikasi.

Kim Noble



Kim Noble merupakan seorang wanita dengan kasus dissociative identity disorder yang baru saja terjadi. Kim memiliki 100 kepribadian dan merupakan jumlah kepribadian terbanyak yang pernah dilaporkan. Dia mampu mengekspresi dan mempelajari personalitas nya yang berbeda lewat seni dan bertukar kepribadian 3-4 kali dalam sehari.

Tenang, kebanyakan pasien yang mengalami gejala ini bisa disembuhkan asal diberi terapi yang tepat. Buat yang merasa ada teman, tetangga, kolega yang punya gangguan ini coba untuk mendengarkan pengalaman yang mereka rasakan, berikan sudut pandang jujur tanpa menghakimi, hati-hati saat menyentuh, dan selalu tawarkan bantuan supaya bisa meringankan beban mereka bre.

Segini dulu yang bisa gw sampaikan sekarang. Lain waktu kita bahas lagi.

emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut


Quote:









Diubah oleh rendyprasetyyo
Quote:


orang sono mgkin lebih banyak mengalami trauma masa kecil bre, seperti kata ts.
misalny aja bully emoticon-Big Grin
profile picture
redsleever
Iya jg sih gan.. sadis jg ya klo ngebully sampek sakit jiwa
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di