CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5ad61e582b2e9c768b456e/semua-legenda-kepercayaan-dan-mitologi-ancient-near-east

tak terasa...

hampir seluruh kisah utama dalam perjanjian lama alkitab/tanakh sudah TS tulis kisah pembandingnya..




*yg dititik merah sdh ts tulis mitologi timur tengah kuno pembandingnya,lihat daftar di pejwan

*garis merah adalah pemisah antara perjanjian lama dan baru



kecuali utk kisah2 yg berasal dari kitab samuel dan raja-raja/kings(dilingkaran biru) yg memang tokohnya disandur dari buku raja israel(buku yg berbeda dari alkitab/tanakh), dimana arkeologi membuktikan bahwa kebanyakan raja raja dalam kitab kings tersebut kebanyakan sdh terbukti real person(tp bukan berarti mengakui narasi kisah kings dan samuel akurat..pembahasannya sdh bukan mitologi lagi),


*FYI,dari 53 tokoh alkitab yg terbukti real person oleh arkeolog,SELURUHNYA berasal dari kitab kings dan samuel,tokoh perjanjian lama diluar kings dan samuel seperti adam,abraham,musa,dll tidak ditemukan bukti kuat eksistensinya sampai skrg



profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina

domba yg tersangkut disemak semak > abraham mengorbankan ishak



phrixus dan helle,adalah anak kembar dari raja athamas dan dewi nephele.ibu tiri mereka,bernama ino,membenci kedua anak kembar tersebut sehingga ia membuat rencana utk membunuh mereka,ia membuat seolah olah terjadi bencana kekeringan dan menyogok peramal setempat agar menjadikan phricus dan helle sebagai korban persembahan agar terbebas dari bencana kekeringan.namun rencana ini diketahui zeus(atau nephele pada versi lain) yg mengirim domba jantan dewasa(ram) yg mampu terbang/berenang,si domba jantan berhasil menyelamatkan phrixus,namun gagal menyelamatkan sodari perempuannya,helle yg terjatuh dari punggung si domba dan tewas tenggelam di dalam air.phrixus kemudian tiba di colchis,dimana raja aeetes memberikan putrinya utk dinikahkan phrixus,sebagai rasa terima kasih,phrixus mempersembahkan nyawa si domba kepada zeus,dan memberikan tenunan wol emas domba(golden fleece) kepada sang raja aeetes,dimana raja aeetes menggantungkan tenunan wol emas tersebut di semak belukar suci(holy grove) milik dewa ares.kisah tersebut berasal dari mitologi yunani.

skrg kita bandingkan dengan alkitab,kejadian 22 (abraham mengorbankan ishak/abraham diuji) :


22:1 Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya: "Abraham," lalu sahutnya: "Ya, Tuhan."

22:2 Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan
persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

22:3 Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.

22:4 Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh.

22:5 Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: "Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu."

22:6 Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.

22:7 Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: "Bapa." Sahut Abraham: "Ya, anakku." Bertanyalah ia: "Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?"

22:8 Sahut Abraham: "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku." Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.

22:9 Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.

22:10 Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.

22:11 Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: "Abraham, Abraham." Sahutnya: "Ya, Tuhan."

22:12 Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku."



22:13 Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.

22:14 Dan Abraham menamai tempat itu: "TUHAN menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung TUHAN, akan disediakan."

22:15 Untuk kedua kalinya berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepada Abraham,

22:16 kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri--demikianlah firman TUHAN--:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,

22:17 maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.

22:18 Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku."

22:19 Kemudian kembalilah Abraham kepada kedua bujangnya, dan mereka bersama-sama berangkat ke Bersyeba; dan Abraham tinggal di Bersyeba.


perbandingan


-kedua cerita bercerita tentang anak tidak bersalah yg dikorbankan,yaitu kebencian ino(mitologi yunani) dan Tuhan yg menguji abraham(alkitab),apakah motif yunani - alkitab berbeda? motif ino yg membenci anak tirinya juga muncul dalam kisah abraham,yaitu sara yg setelah berhasil mempunyai anak dari darah daging sendiri(ishak) menghasut abraham utk mengusir hagar dan anaknya(lihat kejadian 21)

21:9 Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri.
21:10 Berkatalah Sara kepada Abraham: "Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak."
21:11 Hal ini sangat menyebalkan Abraham oleh karena anaknya itu.
21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.
21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu."
21:14 Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba.
21:15 Ketika air yang dikirbat itu habis, dibuangnyalah anak itu ke bawah semak-semak,
21:16 dan ia duduk agak jauh, kira-kira sepemanah jauhnya, sebab katanya: "Tidak tahan aku melihat anak itu mati." Sedang ia duduk di situ, menangislah ia dengan suara nyaring.
21:17 Allah mendengar suara anak itu, lalu Malaikat Allah berseru dari langit kepada Hagar, kata-Nya kepadanya: "Apakah yang engkau susahkan, Hagar? Janganlah takut, sebab Allah telah mendengar suara anak itu dari tempat ia terbaring.
21:18 Bangunlah, angkatlah anak itu, dan bimbinglah dia, sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar."

ino : berusaha menyingkirkan anak tirinya yaitu phrixus dan helle, dengan cara pengorbanan manusia

sara : berusaha menyingkirkan ismail,anak hagar dengan cara mengusirnya dimana ismail hampir mati kelaparan digurun sampai kemudian ditolong tuhan(kejadian 21),kisah kemudian dilanjutkan dengan abraman di tes tuhan utk mengorbankan ishak(kejadian 22)



-pada momen krusial,Tuhan/dewa zeus mengintervensi peristiwa pengorbanan tersebut,jg munculnya domba jantan dewasa saat itu

-domba jantan dewasa(ram) akhirnya dikorbankan,pada mitologi yunani dikorbankan setelah berhasil menyelamatkan phrixus,pada kisah abraham,domba jantan tersebut justru dikorbankan sebagai pengganti ishak

-pada kisah abraham domba jantan(hidup) tersebut tersangkut disemak semak sebelum dikorbankan,pada kisah phrixus,domba=semak semak setelah si domba dikorbankan(mati)


versi mesopotamia nya mana?

ts lom ketemu..mngkn msh terkubur dibawah tanah..meski lom ketemu cerita mitologi tertulisnya,tapi ada indikasi mesopotamia jg pny versi cerita sendiri dengan motif "domba jantan dewasa tersangkut disemak semak yg dikirim Tuhan utk menyelamatkan korban persembahan manusia"

yg saya mksd adalah ini :



adalah patung domba jantan dewasa yg tersangkut disemak semak.."ram in the thicket",ditemukan di bekas kota ur,tempat titik awal dimana abraham bertolak melakukan perjalanannya...saat ditemukan,patung ini sontak mengingatkan arkeolog akan kisah domba jantan yg tersangkut disemak2 dalam kisah abraham..apalagi lokasi ditemukannya patung ini adalah di lokasi kuburan masal yg diduga lokasi pengorbanan massal manusia(death pit)



74 mayat ditemukan,6 laki laki,sisanya perempuan



bukan cm satu saja yg ditemukan,tapi jg ada dua,satu sedang dipajang di University of Pennsylvania Museum di Philadelphia, USA. dan satu lg yg sedang dipajang di british museum,mengindikasikan sepertinya patung ini mempunyai makna cerita di mesopotamia sehingga diproduksi berkala..terutama berdasarkan lokasi penemuannya di kuburan massal pengorbanan manusia, hampir dipastikan "domba dewasa yg tersangkut disemak semak" ini dimesopotamia erat kaitannya dengan pengorbanan manusia


profile-picture
anggrekbulan memberi reputasi
Diubah oleh beritafilistin
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di