CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5ad61e582b2e9c768b456e/semua-legenda-kepercayaan-dan-mitologi-ancient-near-east

tak terasa...

hampir seluruh kisah utama dalam perjanjian lama alkitab/tanakh sudah TS tulis kisah pembandingnya..




*yg dititik merah sdh ts tulis mitologi timur tengah kuno pembandingnya,lihat daftar di pejwan

*garis merah adalah pemisah antara perjanjian lama dan baru



kecuali utk kisah2 yg berasal dari kitab samuel dan raja-raja/kings(dilingkaran biru) yg memang tokohnya disandur dari buku raja israel(buku yg berbeda dari alkitab/tanakh), dimana arkeologi membuktikan bahwa kebanyakan raja raja dalam kitab kings tersebut kebanyakan sdh terbukti real person(tp bukan berarti mengakui narasi kisah kings dan samuel akurat..pembahasannya sdh bukan mitologi lagi),


*FYI,dari 53 tokoh alkitab yg terbukti real person oleh arkeolog,SELURUHNYA berasal dari kitab kings dan samuel,tokoh perjanjian lama diluar kings dan samuel seperti adam,abraham,musa,dll tidak ditemukan bukti kuat eksistensinya sampai skrg



profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina

eksodus musa

identitas bangsa yahudi sebagai suatu bangsa dengan populasi besar muncul pertama kali dan ditonjolkan dalam exodus/keluaran,dimana diceritakan musa membawa kabur para budak, yahudi tersebut dengan cara membelah laut merah utk lolos dari kejaran pharaoh mesir.

sementara dari kisah enuma elish diceritakan marduk membelah tiamat(laut) dan membunuh qingu,dari campuran darah qingu dan tanah liat diciptakan lah manusia,manusia diciptakan utk tujuan menjadi budak bagi para dewa.mitologi epic of atrahasis memberi gambaran detail kronologi penciptaan manusia ,dimana pada awalnya tugas sebagai budak dewa dilakukan oleh iggigi,dewa yg statusnya lbh rendah,namun iggigi merasa tugas tersebut terlalu berat dan memberontak,sehingga diciptakan lah manusia utk menggantikan tugas iggigi tersebut.

dari sini kita menemukan kerangka cerita yg terbolak balik,namun adanya persamaan elemen : budak yg dibebaskan(iggigi),laut yg dibelah(tiamat),merah(darah qingu),dan munculnya populasi bangsa israel(manusia sumeria) dalam skala besar.



setelah musa dan rombongannya berhasil lolos dari kejaran firaun dan kehausan dipadang gurun,ada 2 kisah mukjizat selanjutnya perihal memberi minum rakyat yahudi :

yg pertama musa memukul batu dengan tongkatnya,dan dari batu tersebut keluar air tertulis di keluaran (eksodus) 17:5-6

dengan batu!" 17:5 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Berjalanlah di depan bangsa itu dan bawalah beserta engkau beberapa orang dari antara para tua-tua Israel; bawalah juga di tanganmu tongkatmu n yang kaupakai memukul sungai Nil dan pergilah. 17:6 Maka Aku akan berdiri di sana di depanmu di atas gunung batu di Horeb; haruslah kaupukul q gunung batu itu dan dari dalamnya akan keluar air, sehingga bangsa itu dapat minum." Demikianlah diperbuat Musa di depan mata tua-tua Israel


kisah tentang cerita mencari air dan mendapatkannya dari batu yg dipukul(dalam hal ini terkena tongkat poseidon) muncul dalam mitologi yunani,yaitu kisahdanaus yg entah apa padanan kisah mitologi mesopotamia nya.



dan peristiwa mukjizat musa mencari air yg kedua adalah kisah musa melempar tongkat dan merubah air jadi manis,tertulis di keluaran 15:24-25

keluaran 15:24-25

15:24 Lalu bersungut-sungutlah bangsa itu kepada Musa, kata mereka: "Apakah yang akan kami minum? " 15:25 Musa berseru-seru kepada TUHAN, dan TUHAN menunjukkan kepadanya sepotong kayu; Musa melemparkan kayu itu ke dalam air; lalu air itu menjadi manis. Di sanalah diberikan TUHAN ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan kepada mereka dan di sanalah TUHAN mencoba mereka.

sementara peristiwa merubah air pahit menjadi manis mngkn adalah simbol penegasan kemenangan dan berkuasanya Tuhan atas air(apsu dan tiamat)



Diubah oleh beritafilistin
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di