CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5ad61e582b2e9c768b456e/semua-legenda-kepercayaan-dan-mitologi-ancient-near-east

tak terasa...

hampir seluruh kisah utama dalam perjanjian lama alkitab/tanakh sudah TS tulis kisah pembandingnya..




*yg dititik merah sdh ts tulis mitologi timur tengah kuno pembandingnya,lihat daftar di pejwan

*garis merah adalah pemisah antara perjanjian lama dan baru



kecuali utk kisah2 yg berasal dari kitab samuel dan raja-raja/kings(dilingkaran biru) yg memang tokohnya disandur dari buku raja israel(buku yg berbeda dari alkitab/tanakh), dimana arkeologi membuktikan bahwa kebanyakan raja raja dalam kitab kings tersebut kebanyakan sdh terbukti real person(tp bukan berarti mengakui narasi kisah kings dan samuel akurat..pembahasannya sdh bukan mitologi lagi),


*FYI,dari 53 tokoh alkitab yg terbukti real person oleh arkeolog,SELURUHNYA berasal dari kitab kings dan samuel,tokoh perjanjian lama diluar kings dan samuel seperti adam,abraham,musa,dll tidak ditemukan bukti kuat eksistensinya sampai skrg



profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina

Pengadilan salomo


Raja-raja 3:16-27

3:16 Pada waktu itu masuklah dua orang perempuan sundal menghadap raja, lalu mereka berdiri di depannya.

3:17 Kata perempuan yang satu: "Ya tuanku! aku dan perempuan ini diam dalam satu rumah, dan aku melahirkan anak, pada waktu dia ada di rumah itu.

3:18 Kemudian pada hari ketiga sesudah aku, perempuan inipun melahirkan anak; kami sendirian, tidak ada orang luar bersama-sama kami dalam rumah, hanya kami berdua saja dalam rumah.

3:19 Pada waktu malam anak perempuan ini mati, karena ia menidurinya.

3:20 Pada waktu tengah malam ia bangun, lalu mengambil anakku dari sampingku; sementara hambamu ini tidur, dibaringkannya anakku itu di pangkuannya, sedang anaknya yang mati itu dibaringkannya di pangkuanku.

3:21 Ketika aku bangun pada waktu pagi untuk menyusui anakku, tampaklah anak itu sudah mati, tetapi ketika aku mengamat-amati dia pada waktu pagi itu, tampaklah bukan dia anak yang kulahirkan."

3:22 Kata perempuan yang lain itu: "Bukan! anakkulah yang hidup dan anakmulah yang mati." Tetapi perempuan yang pertama berkata pula: "Bukan! anakmulah yang mati dan anakkulah yang hidup." Begitulah mereka bertengkar di depan raja.

3:23 Lalu berkatalah raja: "Yang seorang berkata: Anakkulah yang hidup ini dan anakmulah yang mati. Yang lain berkata: Bukan! Anakmulah yang mati dan anakkulah yang hidup."

3:24 Sesudah itu raja berkata: "Ambilkan aku pedang," lalu dibawalah pedang ke depan raja.

3:25 Kata raja: "Penggallah anak yang hidup itu menjadi dua dan berikanlah setengah kepada yang satu dan yang setengah lagi kepada yang lain."

3:26 Maka kata perempuan yang empunya anak yang hidup itu kepada raja, sebab timbullah belas kasihannya w terhadap anaknya itu, katanya: "Ya tuanku! Berikanlah kepadanya bayi yang hidup itu, jangan sekali-kali membunuh dia." Tetapi yang lain itu berkata: "Supaya jangan untukku ataupun untukmu, penggallah!"

3:27 Tetapi raja menjawab, katanya: "Berikanlah kepadanya bayi yang hidup itu, jangan sekali-kali membunuh dia; dia itulah ibunya."





Kisah pengadilan tersebut membuat gambaran raja salomo sebagai seorang raja yg bijaksana,ternyata kisah pengadilan yg mirip ditemukan dalam berbagai legenda diberbagai belahan dunia,kebanyakan di timteng.hugo gressmann,menemukan setidaknya 22 cerita dengan konsep yg mirip : “dua perempuan berebut seorang bayi,hakim menyarankan membelah dua/atau yg plg kuat merebut si bayi adalah pemenangnya,ibu yg asli menolak krn tidak tega bayi nya menderita”

Versi agama budha

Salah satu cerita jataka menceritakan tentang budha yg berinkarnasi menjadi orang bijak mahosadha,mengadili seorang ibu dan yakshini yg menyamar sebagai seorang ibu dan menculik bayi asli tersebut,mengklaim sebagai anaknya.mahosadha menggambar garis ditanah,dengan kedua ibu berdiri di posisi bersebrangan,dimana si bayi akan diletakkan ditengah tengah.siapa yg berhasil keseluruhan tubuh sang bayi berhak memiliki bayi tersebut.ibu bayi yg asli tidak tega melihat bayi nya menangis menderita,sehingga ia mengalah dan membiarkan yakshini mendapatkan bayinya.mahosadha yg melihat ibu asli patah hati menangis kemudian memutuskan bahwa wanita tersebut lah sang ibu bayi yg asli.

Versi china(judge bao)

Hai-tang,berumur 16 tahun dijual kerumah bordil demi keluarganya yg miskin,disana ia bertemu Ma chun sing yg jatuh cinta kepadanya dan memperistrinya sebagai istri kedua,Hai-tang jg mampu memberi satu satunya keturunan kepada Ma chun sing,sehingga memancing kecemburuan istri tua ma chun sing..istri tua ma chun sing kemudian meracuni ma chun sing,memfitnah Hai-tang sebagai pelakunya,juga merebut bayi Hai-tang dan mengklaim sebagai anaknya.hai-tang ditahan dan disiksa dan terancam hukuman gantung.akhirnya dipengadilan,bao zheng (judge bao) membuat gambar lingkaran utk kedua ibu,ibu mana yg mampu menarik keseluruhan bayi kedalam lingkaran berhak atas is bayi,hai-tang si ibu asli tidak tega dan membiarkan istri tua ma chun sing menang,dan akhirnya hakim bao memutuskan hai-tang lah si ibu yg asli.kisah ini dikenal dengan judul “the chalk circle”

Versi sumeria

Edward lipinski menyebut bahwa motif cerita tersebut adalah salah satu contoh dari “kings bench tales”,tulisan-tulisan kebijaksanaan dari sumeria,namun sory,cerita mn yg dimaksud dan detail ceritanya gimana TS juga lom ketemuemoticon-Big Grin
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di