CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5ad61e582b2e9c768b456e/semua-legenda-kepercayaan-dan-mitologi-ancient-near-east

tak terasa...

hampir seluruh kisah utama dalam perjanjian lama alkitab/tanakh sudah TS tulis kisah pembandingnya..




*yg dititik merah sdh ts tulis mitologi timur tengah kuno pembandingnya,lihat daftar di pejwan

*garis merah adalah pemisah antara perjanjian lama dan baru



kecuali utk kisah2 yg berasal dari kitab samuel dan raja-raja/kings(dilingkaran biru) yg memang tokohnya disandur dari buku raja israel(buku yg berbeda dari alkitab/tanakh), dimana arkeologi membuktikan bahwa kebanyakan raja raja dalam kitab kings tersebut kebanyakan sdh terbukti real person(tp bukan berarti mengakui narasi kisah kings dan samuel akurat..pembahasannya sdh bukan mitologi lagi),


*FYI,dari 53 tokoh alkitab yg terbukti real person oleh arkeolog,SELURUHNYA berasal dari kitab kings dan samuel,tokoh perjanjian lama diluar kings dan samuel seperti adam,abraham,musa,dll tidak ditemukan bukti kuat eksistensinya sampai skrg



profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina

"apa yg lbh manis dari madu? dan apa yg lbh kuat dari singa?"

[yg ini selingan aja..]

hakim-hakim 14

14:1 Samson pergi ke Timna dan di situ ia melihat seorang gadis Filistin.

14:2 Ia pulang dan memberitahukan kepada ayahnya dan ibunya: "Di Timna aku melihat seorang gadis Filistin. Tolong, ambillah dia menjadi isteriku."

14:3 Tetapi ayahnya dan ibunya berkata kepadanya: "Tidak adakah di antara anak-anak perempuan sanak saudaramu atau di antara seluruh bangsa kita seorang perempuan, sehingga engkau pergi mengambil isteri dari orang Filistin, orang-orang yang tidak bersunat itu?" Tetapi jawab Samson kepada ayahnya: "Ambillah dia bagiku, sebab dia kusukai."

14:4 Tetapi ayahnya dan ibunya tidak tahu bahwa hal itu dari pada TUHAN asalnya: sebab memang Samson harus mencari gara-gara terhadap orang Filistin. Karena pada masa itu orang Filistin menguasai orang Israel.

14:5 Lalu pergilah Samson beserta ayahnya dan ibunya ke Timna. Ketika mereka sampai ke kebun-kebun anggur di Timna, maka seekor singa muda mendatangi Simson dengan mengaum.

14:6 Pada waktu itu berkuasalah Roh TUHAN atas dia, sehingga singa itu dicabiknya seperti orang mencabik anak kambing--tanpa apa-apa di tangannya. Tetapi tidak diceriterakannya kepada ayahnya atau ibunya apa yang dilakukannya itu.

14:7 Maka pergilah ia ke sana, lalu bercakap-cakap dengan perempuan itu, sebab Samson suka kepadanya.

14:8 Setelah beberapa waktu kembalilah ia ke sana untuk kimpoi dengan perempuan itu; dan ketika ia menyimpang dari jalan untuk melihat bangkai singa itu, tampaklah ada kawanan lebah pada kerangka singa itu dan juga madu.

14:9 Dikeruknya madu itu ke dalam tangannya dan sambil memakannya ia berjalan terus, kemudian pergilah ia kepada ayahnya dan ibunya, dan memberikannya juga kepada mereka, lalu mereka memakannya. Tetapi tidak diceriterakannya kepada mereka, bahwa madu itu dikeruknya dari kerangka singa.

14:10 Setelah ayahnya pergi kepada perempuan itu, Samson mengadakan perjamuan di sana, sebab demikianlah biasanya dilakukan orang-orang muda.

14:11 Ketika mereka melihat dia, dipilihlah tiga puluh orang kawan untuk menemani dia.

14:12 Kata Samson kepada mereka: "Aku mau mengatakan suatu teka-teki kepada kamu. Jika kamu dapat memberi jawabnya yang tepat kepadaku dalam tujuh hari selama perjamuan ini berlangsung dan menebaknya, maka aku akan memberikan kepadamu tiga puluh pakaian lenan dan tiga puluh pakaian kebesaran.

14:13 Tetapi jika kamu tidak dapat memberi jawabnya kepadaku, maka kamulah yang harus memberikan tiga puluh pakaian dalam dan tiga puluh pakaian kebesaran kepadaku." Kata mereka kepadanya: "Katakanlah teka-tekimu itu, supaya kami dengar."

14:14 Lalu katanya kepada mereka: "Dari yang makan keluar makanan, dari yang kuat keluar manisan." Ada tiga hari lamanya mereka tidak dapat memberi jawab teka-teki itu.

14:15 Pada hari ketujuh berkatalah mereka kepada isteri Samson: "Bujuklah suamimu, supaya diberitahukannya kepada kami jawab teka-teki itu; kalau tidak, kami akan membakar engkau beserta seisi rumah ayahmu. Apakah engkau mengundang kami untuk membuat kami menjadi miskin? Tidak, bukan?"

14:16 Lalu menangislah isteri Samson itu sambil memeluk Samson, katanya: "Engkau benci saja kepadaku, dan tidak cinta kepadaku; suatu teka-teki kaukatakan kepada orang-orang sebangsaku, tetapi jawabnya tidak kauberitahukan kepadaku." Sahutnya kepadanya: "Sedangkan kepada ayahku dan ibuku tidak kuberitahukan, masakan kepada engkau akan kuberitahukan?"

14:17 Tetapi isterinya itu menangis di sampingnya selama ketujuh hari mereka mengadakan perjamuan itu. Pada hari yang ketujuh diberitahukannyalah kepadanya, karena ia merengek-rengek kepadanya, kemudian perempuan itu memberitahukan jawab teka-teki itu kepada orang-orang sebangsanya.

14:18 Lalu pada hari yang ketujuh itu, sebelum matahari terbenam, berkatalah orang-orang kota itu kepadanya: "Apakah yang lebih manis dari pada madu? Apakah yang lebih kuat dari pada singa?" Sahutnya kepada mereka: "Kalau kamu tidak membajak dengan lembu betinaku, pasti kamu tidak menebak teka-tekiku."

14:19 Maka berkuasalah Roh TUHAN atas dia, lalu pergilah ia ke Askelon dan dibunuhnya tiga puluh orang di sana, diambilnya pakaian mereka dan diberikannya pakaian-pakaian kebesaran itu kepada orang-orang yang dapat memberi jawab teka-teki itu. Tetapi amarahnya masih juga bernyala-nyala, lalu pulanglah ia ke rumah ayahnya.

14:20 Maka diberikanlah isteri Samson itu kepada kawannya, bekas pengiringnya.



"Dari yang makan keluar makanan, dari yang kuat keluar manisan."

"apa yg lbh manis dari madu? apa yg lbh kuat dari singa?"



adalah teka teki dari samson yg tidak diketahui jawabannya oleh ahli agama sampai skrg meski seluruh alkitab dibolak balik sekalipun.anehnya gara gara teka teki ini samson sampai senewen dan illfell dengan wanita yg ia sukai sampai meninggalkannya..latar belakang teka teki samson sendiri sudah cukup aneh,reaksi samson sendiri stlh ditanya pujaan hatinya lbh aneh lagi.berlatar belakang setelah samson membunuh singa dan mengambil madu dari mayat singa(madu muncul dr mayat singa?) sudah membingungkan,apalagi ia bertanya kepada 30 orang filistin teka teki apa yg lbh manis(dr madu-yg ia ambil dr mayat singa) dan lbh kuat(dr singa-yg ia bunuh?)

sebuah simbolik dan metafora(lagi)?

singa

menurut Paul Carus,seorang pemerhati budaya dunia, singa adalah simbol mistis panas matahari dalam budaya timur tengah, dan samson adalah simbol dewa matahari yg menaklukkan singa(yg ini sudah dibahas ditulisan ts mengenai etimologi nama samson sebelumnya), yg berarti berkuasa atas panas matahari.budaya singa+matahari memang lazim di agama dan budaya timur tengah kuno.



According to Krappez, the astrological combination of the sun above a lion has become the coat of arms of Iran. In Islamic astrology the zodiacal Lion was the 'house' of the sun. This notion has "unquestionably" an ancient Mesopotamian origin. Since ancient times there was a close connection between the sun gods and the lion in the lore of the zodiac.

madu

skrg kita melihat salah satu puisi cinta innana-dumuzid,judulnya"laki laki madu",diketahui puisi ini utk menggambarkan peristiwa pernikahan suci antara pendeta perempuan dan raja shu-sin sebagai simbol pernikahan innana-dumuzid :

He has sprouted, he has mushroomed, he is well-watered lettuce,
my shaded garden of the plain, his mother's favorite,
my grain luxuriant in its furrows, he is well-watered lettuce;
my fruit-filled apple tree, he is well-watered lettuce.

5 The honey-man, the honey-man will sweeten me always;
my lord, the honey-man of the gods, his mother's favorite,
with honey-hands, with honey-feet, will sweeten me always.
His honey-sweet limbs, will sweeten me always.


dari puisi cinta diatas diketahui bahwa dalam dunia ancient near east, madu diasosiasikan dengan hubungan seksual dan sebagai pihak/bagian dr laki laki yg akan "memberi rasa manis" kepada perempuan,tapi apa? ada spekulasi yg cukup nyeleneh,namun bisa dipertimbangkan, bahwa madu merujuk kepada "sperma"

hakim-hakim 14:14 Dari yang makan keluar makanan, dari yang kuat keluar manisan.

makan keluar makanan mungkin merujuk ke perempuan,dan dari yg kuat keluar manisan(madu) mngkn merujuk apa yg dikeluarkan laki lakiemoticon-Traveller

the riddle's original meaning, or at least one of its possible meanings, is sexual, with the description of honey as "something to eat" and "something sweet" having originally referred to semen

sebagai pendukung spekulasi ini,leviticus 2:11 berbunyi memerintahkan melarang mempersembahkan madu utk Tuhan,mngkn krn makna madu yg "diasosiasikan" demikian di lingkungan ancient near east?

setidaknya spekulasi nyeleneh ini memberi kita jawaban teka teki yg tidak bisa dijawab teolog kristen dan yahudi ribuan tahun lamanya :

"apa yg lbh manis dari madu? apa yg lbh kuat dr singa?"


krn samson(matahari) adalah penakluk singa(dan memang scr literal dalam kisah hakim-hakim 14,samson benar benar membunuh singa) ,maka berarti jawaban dr teka teki tersebut adalah : "samson sendiri" ,seorang narsis tingkat dewa..dan juga kalau ia memang seorang narsis tingkat dewa membuat kita memahami kenapa samson begitu kecewa kepada wanita pujaannya yg justru bertanya kepada samson mksd teka tekinya itu,membuat ego dan harga diri samson terluka krn mempertanyakan "madu" samson?


emoticon-Traveller









Diubah oleh beritafilistin
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di