CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
Jaran Sungsang by: gatiandoko
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b5d106c32e2e6d7388b4574/jaran-sungsang-by-gatiandoko

Jaran Sungsang by: gatiandoko

Jaran Sungsang merupakan karya dari Gati Andokoyang juga telah dibagikan di Kerabat Keliling Jogja.






Sebenarnya kisah atau cerita ini sangat sensitif. Karena di dalam cerita terdapat kisah kekejaman dari kelompok komunis yang pernah ada di negara kita. Selain itu di dalam cerita ini terdapat beberapa misteri yang ada di Jogja.

Tentu sudah mendapatkan izin dari Gati Andoko untuk membagikan kembali ceritanya disini.


tokoh "Aku" disini merupakan seorang penulisnya, Gati Andoko



JARAN SUNGSANG

Spoiler for Daftar Isi::





Berhubungan untuk seri Jaran Sungsangsudah tamat, maka saya akan memberikan bonus. Bonus cerita lain tentang Gati Andoko yang tidak kalah menarik dengan Jaran Sungsang.

Spoiler for Bonus Gan:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eja2112 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ffernando69
BUNGA DI MEDAN PERANG

(Kisaran cerita "comfort woman"atau jugun ianfu masa penjajahan Jepang)




En, begitulah namanya. Bukan sekedar nama panggilan namun itulah nama utuhnya yakni En. Dilahirkan oleh seorang ibu bernama Kasiyan yg bersuamikan seorang masinis masa pendudukan Belanda bernama Koesmin. Gombong tahun 1935 dilahirkan tanpa diketahui kapan tanggal dan harinya.

Begitu cepat bangsa Jepang tahun 1942 menduduki dan menguasai tangsi-tangsi militer Belanda hingga Benteng van der Wijck yg ada di Gombong Kebumen berikut seluruh infra-struktur milik Belanda.

Tahun 1944 bangsa Jepang sudah bukan lagi menjadi "saudara tua" melainkan sudah menjadi hantu yang haus akan harta dan nafsu. Para pelacur yang didatangkan dari Jepang sendirii tidaklah cukup memenuhi hasrat sex para serdadu Jepang hingga harus dengan jalan pemaksaan gadis-gadis pribumi dijadikan budak nafsu/ JUGUN IANFU.

En, gadis yang sudah menginjak usia 9 tahun diistilah Jawa disebut "longgor", nampak lebih besar dibanding anak-anak seusianya; tinggi besar sekaligus cantik jadi incaran para pemuja nafsu bejat. Dipaksanya pak Koesmin (ayahnya) agar menyerahkan anak gadisnya. Kalau tidak mau akan dipecat bahkan dibunuh.

Bulan Mei 1944 segerombolan serdadu Jepang bersiap menjemput En di rumahnya saat pak Koesmin sdg menjalankan kereta api. Beruntung ada tetangga pelayan Benteng van der Wijck memberi tahu ibu Kasiyan bahwasanya serdadu Jepang dalam perjalanan menuju rumah. Sontak saja bu Kasiyan meminta En masuk kedalam karung gabah/padi diikat, digendongnya lantas pergi meninggalkan rumahnya. Dalam benaknya cuma sekedar menyelamatkan anak gadisnya dari orang-orang pemuja nafsu. Tak peduli seberapa berat, seberapa jauh perjalanan meski hanya jalan kaki dari sore hingga menjelang pagi tanpa ada istirahat, jalan dan terus berjalan. Hingga akhirnya berhenti di desa **i Kec. ***ar**an Kab Keb**en di rumah saudaranya.

Beberapa hari kemudian En disuruh tinggal dulu di desa **i sementara bu Kasiyan berusaha menemui suami di Gombong dengan segala penyamarannya tentu saja. Namun begitu sampai di Gombong belum juga sampai rumah diberi tahu tetangganya kalau pak Koesmin suaminya sudah meninggal karena konon kecelakaan kereta api. Ibu Kasiyan hanya menyangkal dalam hati bahwa suaminya bukan mati karena kecelakaan melainkan dibunuh oleh serdadu Jepang. Seketika itu pula bu Kasiyan kembali ke desa **i tanpa membawa harta benda apapun miliknya, karena yang ada dalam benaknya ingin mengindari anak gadisnya dari para pemuja nafsu. Tiga hari kemudian, atas saran dari pembantu setianya, ibu Kasiyan dan En untuk tinggal di daerah B***an.

Selama tiga tahun numpang tinggal di rumah pembantunya di daerah kec B***an kab Keb**en juga, ibu Kasiyan yg perkasa menghadap Sang Khalik. En, yang sudah dewasa dinikahkan dengan anak bekas pembatunya. Nama Kasiyan diabadikan untuk tambahan nama belakang menjadi En Kasiyan.

Quote:


Bersambung...............
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eja2112 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ffernando69
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di