alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
[Official Lounge] Xiaomi Redmi Note 5 Pro - All Rounder
4.72 stars - based on 29 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b34643adac13ed2378b456a/official-lounge-xiaomi-redmi-note-5-pro---all-rounder

[Official Lounge] Xiaomi Redmi Note 5 Pro - All Rounder

[Official Lounge] Xiaomi Redmi Note 5 - All Rounder


MIUI 10 stable sudah diluncurkan!
Spoiler for Panduan update MIUI 10:


Redmi Note 5 sudah turun harga. Varian 6/64 GB juga sudah tersedia secara resmi.


*gambar sengaja tidak dispoiler

Spoiler for Intro:

Spoiler for Harga lama sebelum 16 Juli 2018:

Spoiler for Harga lama sebelum 6 September 2018:

Gila, dari harga launching awal, naik 100 ribu. Sekarang malah turun lagi 300 ribu emoticon-Hammer (S) Varian 6/64 GB juga sudah resmi, tapi jauh sekali bedanya. Harga baru per 6 September 2018 dari cuitan twitter Mi Indonesia.
Redmi Note 5 (3+32) - Rp 2.399.000 - 2,4 juta
Redmi Note 5 (4+64) - Rp 2.799.000 - 2,8 juta
Redmi Note 5 (6+64) - Rp 3.499.000 - 3,5 juta
Semua model sama persis speknya, cuma beda di RAM dan ROM nya saja. Harga di atas adalah harga official. Beberapa agan bahkan bisa dapat yang resmi TAM 4/64 cuma di 2,7 juta. Dengan begini, maka semakin berkurang selisih harga distri (per 6 September 2018, masih selisih sekitar 400 ribu dengan harga baru ini).

==================================================
emoticon-Hot Newsemoticon-Hot News emoticon-Hot News
Kabar gembira bagi yang tidak sengaja bricked RN5 nya karena ARP

Spoiler for Kabar gembira:


WARNING!!!

JANGAN PERNAH UPDATE KE 9.5.19.0!!!


Karena versi tersebut sudah ada ARP (Anti Rollback Protection). Untuk selengkapnya lihat di sini.
Untuk lebih detailnya, liat index bagian ARP.

=============================

Bagi yang mo beli garansi distributor, terutama RN5 versi China, kotak merah, tulisan mandarin, model MEE7S, perhatikan beberapa jenis kutukan ini.

=============================

Sejak negara api menyerang, terjadilah pertempuran sengit antara asuske dan miruto.
Spoiler for snsv vs iw:

Bagi yang mo komparasi, silahkan lanjutkan di trit komparasi. Kalau nekat masih sering "diskusi" secara OOT, siap2 menghadapi apocalypse terhadap id agan.

Warning dari Momod
Quote:

Quote:

==================================================

Panduan laporan Field Report (FR)
Spoiler for Panduan FR:


Petunjuk tempat di mana bisa beli
Spoiler for Tempat beli RN5:

========================================

Berhubung strategi penjualan siomay yang memang sengaja membuat stoknya sangat terbatas, jadi ini termasuk barang Ghoib.
Spoiler for Ghoib:

Bagi yang ingin bertanya tentang ketersediaan stok atau kapan stoknya dipindah ke alam manusia, silahkan pantau beberapa page terakhir dari trit untuk mendapatkan update terbaru. Ane tidak sanggup untuk update lagi, karena satu hari bisa loncat 5-10 page.
Diubah oleh rn5whyred
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok

Berbagai kutukan RN5 versi China

Berbagai Jenis Kutukan RN5 Kotak Merah versi China
The Curse of the Red Box


Belakangan ini ada banyak sekali yang beli RN5 garansi distri versi China, kotak Merah, tulisan mandarin, model number MEE7S dan menerima berbagai kutukan yang menyebalkan. Sementara ada 8 kutukan (per tanggal 16 September 2018) :

1. OIIMIFA (aslinya OEIMIFA).
Ini cuma masalah tampilan, mo diflash ke versi berapa pun, tetap terbaca OIIMIFA, padahal ROM nya OEIMIFA. Semua fungsi lain normal, cuma OII nya aja, jadi cuma masalah tampilan. Belakangan kita ketahui dari agan lian.lawliet bahwa sumber masalah adalah di partisi persist. Padahal uda ada banyak agan yang tes untuk flash fastboot (yang ada partisi persist), tapi tetap tidak bisa merubah OII menjadi OEI.

Solusinya adalah
a. Kalau agan sudah anti 4 ataupun agan bisa pake cara lain untuk flash persist.img ini, maka tidak perlu pake test point lagi. Selain point b, kalau agan juga kena kutukan fake ROM, tapi tidak kena fake UBL, maka bisa langsung flash persist.img bersih, extract dari ROM fastboot sesuai versi ROM agan sekarang. Ikutin tutor flash persist.img dari xda atau dari agan sepurterbang. Untuk file persistnya, liat bagian sensor modar.
b. bersihkan partisi ini dengan metode dari agan lian.lawliet. Perlu test point dan wajib masih anti 3.
c. Bagi yang uda root (ada beberapa spesies OII yang sudah UBL dari awal), jauh lebih gampang, karena cukup hapus file aja di partisi persist.

2. Fake UBL
Statusnya unlocked, di Developer option - MI Unlock terbaca uda unlock, ga bisa bind account lagi. Tapi pas di fastboot, dengan command : fastboot oem device-info, aslinya masih lock, munculnya 1 true 3 false (harusnya kalau uda UBL asli : 3 true 1 false). Jadi kuncinya kena Fake UBL adalah ga bisa bind account dan di fastboot masih tetap locked. Kalau agan masih bisa bind account, bukan Fake UBL. Kalau uda unlocked dan di fastboot muncul 3 true 1 false, juga bukan Fake UBL.

Celakanya adalah ga bisa bind account ataupun lock ulang (pake ROM fastboot, clean and lock). Minusnya terjebak tidak bisa root/cusrom sama sekali, sangat fatal bagi yang mo oprek. Dari semua kutukan, mungkin ini satu2nya kutukan yang paling merepotkan.

Belakangan sudah ketemu solusi untuk Fake UBL ini, khusus yang masih ARP anti 3 (semua resiko ditanggung penumpang) :
a. Agan 4gung : Caranya adalah dengan xiaomitools, pilih china stable (tidak peduli yang mana pun). Tujuan hanya untuk mancing minta unlock. Ketika gagal unlock, perlu oem lock lagi. Setelah oem lock ini, maka sudah bisa bind account dan biasanya langsung bisa UBL tanpa menunggu lagi. Cara ini tidak perlu test point sama sekali. (ane pindah ini jadi opsi pertama karena tidak perlu bongkar HH). Agan IwaNoUse telah membuktikan bahwa tidak perlu test point. Bahkan dia kena 3 kutukan sekaligus (ROM abal2 + fake UBL + Sensor modar), lengkap penderitaannya. emoticon-Ngakak (S)
b. Rizvian Igamo di grup fb : Caranya adalah lock lagi di fastboot sehingga HH bootloop. Kemudian dengan metode test point (perlu bongkar HH), flash ke ROM China yang masih ARP Anti 3 (misalnya CN 9.5.16.0). Akan kena lock kembali dan bisa di UBL lagi secara normal.
c. agan lian.lawliet : Mirip seperti metode b, juga perlu test point. Tapi ini perlu flash nya via miflash dengan edit parameter sedikit
d. Fix Miui Can't Be Installed On This Device : Cara ini adalah khusus yang uda ikut tutor di atas, tapi entah kenapa salah flash ROM anti 3 jadi ROM anti 4. Sehingga terjebak dan tidak bisa flash ROM lain lagi, muncul error Can't be Installed tersebut. Posisi HH seperti ini belum bricked, karena masih bisa flash, tapi perlu diakali. Caranya adalah pake metode adb sideload dan dilanjutkan flash ulang via xiaomitools, sehingga HH bisa booting kembali. Setelah itu, lanjutkan bind account dan unlock seperti biasanya. Cara ini konfirm berhasil di agan ijoin, setelah beberapa hari terdampar di ambang putus asa.
e. Fix Fake UBL Rom anti 4 dari agan Jazzakallah : Ini khusus untuk yang uda terjebak di anti 4 dan tidak bisa pake metode di atas. Cuma nya cara ini perlu Test point dan juga perlu mi account yang uda authorized, yang mana account ini sudah sangat langka, sudah jadi account legendaris (susah sekali dapatnya). Jadi ini hanya solusi terakhir kalau uda sempat terjebak di ARP anti 4 (makanya dari awal ane sarankan untuk tidak up ke anti 4 secara sukarela).

3. Fake ROM
Muncul warning ROM not official, sangat mengganggu. Fungsi lain normal, tapi watermark yang ada di atas HH sangatlah tidak sedap dilihat. Solusinya sementara bisa clear data di settings > Installed app > security. Kemudian di Data usage > uncheck mobile data. Lalu di Setting > additional setting > revoke authorization > Security > disable. Tidak ada data yang hilang, karena yang diclear cuma app security, yang isinya cuma setting doank. Ada beberapa agan yang bilang setiap muncul error di atas, cukup restart uda bisa sembuh.

Solusi pastinya adalah perlu flash ke ROM global dengan mi flash atau xiaomi tools. Lihat metode a di fake UBL di atas, sudah dijelaskan juga oleh agan 4gung. Tapi belakangan kita tahu bahwa Fake ROM ini dsebabkan oleh error yang sama, yaitu dari partisi persist.img juga. Jadi kalau agan bisa flash persist.img dari fastboot ROM yang sama, maka problemnya juga solved. Tentunya perlu sudah UBL, karena harus bisa flash partisi terpisah, ataupun booting dari TWRP.

4. 10 Fake 9 :
ROM aslinya uda MIUI 10, tapi di about phone masih terbaca versi 9.5.6.0. Ini perlu perhatian khusus, karena bisa saja MIUI 10 nya uda 8.7.6 ke atas (sudah ARP). Jadi kalau mo flash balik ke ROM lain, wajib dicek dulu getvar anti nya. Ini perlu baca post ARP dulu. Nampaknya kutukan ini ada hubungannya dengan kutukan OII di atas, di mana ketika ROM diflash, version ROM nya tidak berubah. Minusnya mirip seperti kutukan OII, masalah di tampilan. Tapi bisa jadi ada resiko kena ARP anti v4, jadi perlu lebih berhati2.

Belakangan diketahui juga kalau agan gagal flash pas mencoba untuk mengatasi masalah Fake UBL, bisa jadi agan sangkut di ROM MIUI 9.x.x.x, tapi ternyata ROM sudah berubah menjadi MIUI 10 (semacam transisi). Kutukan ini bisa muncul dalam beberapa varian tambahan. Yang jelas kalau uda kena ini, hati2 untuk cek anti nya di fastboot, sebelum nyoba2 flash. Karena agan uda tidak bisa percaya versi MIUI yang ditampilkan di about phone, sebelum sampai fix dulu fake ini dengan flash persist.img.

5. OEIRUFA
Ini bukan kutukan, tapi adalah varian baru dari RN5 dari Rusia, OEIRUFA 9.5.13.0; sama seperti varian China dengan OEICNFA. Ini adalah varian resmi, bisa update OTA, tapi bukan ROM global. Bahkan ada yang post bisa dapat update OTA ke versi OEIRUFA 9.5.27.0. Di link ROM siomay juga ada bagian untuk download full ROM versi OEIRUFA ini. Sayangnya di varian ini juga ada yang kena sensor modar, yang berarti harus difix dengan cara UBL dulu dan flash persist.img.

6. Sensor modar
Kutukan ini terjadi ketika agan ga bisa pake rotation ataupun magnet. Kalau cek di CIT mode (about phone > tap kernel 5 kali), semua sensor ga berfungsi. Install sensor box, semua sensor tidak berfungsi. Harusnya ada detek seperti di post ini bagian sensor

Sumber masalah ini adalah di partisi persist.img yang entah corrupt ataupun tidak seperti seharusnya. Cara perbaikinya sama seperti kutukan OII dan Fake ROM, tinggal flash persist.img nya, baik dari fastboot maupun TWRP. persist.img bisa didapat dari Fastboot ROM versi yang sama. Baik anti 3 maupun anti 4 bisa flash ini, tapi wajib sudah UBL, dan harus download persist.img dari versi yang sama dengan versi MIUI sekarang (kalau 9.5.17.0 berarti download dan extract persist.img dari ROM fastboot 1,5 GB versi 9.5.17.0 juga). Ingat bahwa pada saat flash persist.img lewat TWRP (terutama untuk yang sudah anti 4), agan tidak bisa langsung flash begitu saja. Karena persist.img dari fastboot masih dalam bentuk sparse img, perlu diconvert ke versi EXT4 img dulu (raw img) sebelum bisa diflash lewat dd command di Terminal emulator TWRP.

Untuk file persist nya, khusus untuk pengguna ROM global, tidak perlu download full fastboot ROM hanya untuk ekstrak persist.img nya saja. Agan AdamN sudah upload beberapa versi yang bisa dipakai. Flash persist tidak akan merubah anti. Tapi sebisa mungkin tetap pake persist dari base ROM yang sesuai agan, atau setidaknya yang paling mendekati.

7. 5 digit, kutukan 9.5.17.0.0
Ini termasuk kutukan baru dengan ROM 5 digit. Kutukan ini sering muncul di 9.5.17.0.0 (nol terakhir harusnya ga ada). Kutukan ini persis seperti kutukan OIIMIFA, bisa sembuh dengan cara flash persist.img

8. Varian kutukan OIIMIFA dan 9.5.17.0.0
Belakangan juga ditemukan beberapa varian lain dari kutukan OII dan 5 digit ini. Ciri2nya adalah versi ROM nya tidak wajar. Penyebab dan solusinya masih sama seperti kutukan OII dan 5 digit di atas, yaitu flash persist.img

9. Kutukan lain2
Sejauh ini masih nambah terus, karena RN5 terus berevolusi karena seleksi alam emoticon-Big Grin Pusing emoticon-Hammer (S)

====================================================

Rangkuman Solusi

Karena kutukan di atas terlalu panjang, jadi ane buat ringkasan solusi di bawah aja. Jadi ga pusing2 nyarinya.
1, 3, 4, 6, 7, 8. Untuk OII, Fake ROM, 10 Fake 9, sensor modar, 5 digit, Varian OII; Ikutin tutor flash persist.img dari xda atau dari agan sepurterbang (sama, tapi dalam Bahasa Indonesia). File persistnya bisa ambil dari agan AdamN. Perlu UBL, jadi kalau agan kena fake UBL, perlu solve dulu dengan cara di bawah. Anti 3 ataupun anti 4 tidak masalah.
2. Fake UBL, Ikutin tutor agan 4gung, hanya untuk yang masih anti 3, tidak perlu test point/bongkar HH.
5. OEIRUFA bukan kutukan. Untuk flash ke ROM global, perlu UBL dulu.

Agan IwaNoUse yang berhasil melewati Fake UBL (no 2) dan Fake ROM + sensor modar (no 3 dan 6); tanpa perlu test point/bongkar HH; dan bahkan bisa root dan pasang TWRP + magisk setelahnya.

Kebijakan baru untuk ROM global
Perlu diperhatikan bahwa siomay sudah mulai menerapkan kebijakan baru untuk pindah ROM. Bagi pengguna ROM non global; baik versi China maupun Rusia; tidak boleh flash ROM global tanpa UBL. Kalau nekat, bakalan bootstuck dan harus pake mi authorized account (uda ada cara bypass nya di pejwan). Jadi kalau yang beli garansi distri terutama dus merah, dan ingin pake ROM global (kalau belum diflash oleh seller); wajib UBL dulu dan jangan pernah sekalipun untuk relock (ataupun di miflash pilih clean and lock).

Kesimpulan
Semua kutukan sejauh ini terjadi hanya di RN5 versi china (kotak merah, tulisan mandarin, model MEE7S). Dan hampir semua sumber masalah ini berakar dari partisi persist.img. Analisa sementara dari agan Marconi20, mungkin karena kebanyakan dus merah itu locked/bundling dengan opsel di China. Jadi sebelum diimport masuk, perlu diunlocked dan diflash dengan ROM global dulu. Entah bagaimana caranya, mungkin jadi merusak partisi persist ini dalam proses unlocking. Makanya terjadi berbagai kutukan ini.

Jadi kalau bisa, agan hindari dulu yang kotak merah ini, meskipun memang harganya lebih murah. Sebisa mungkin beli garansi resmi TAM, berhubung harganya juga uda ikut turun, atau paling mentok garansi distributor kotak orange versi global. Kecuali agan memang uda siap2 untuk mo oprek2 dan test point (bongkar HH).

Semua tutor credit ke pembuat nya. Seperti biasa, semua penerapan saran dimari dan di link post ini, semua resiko ditanggung oleh penumpang. Do With Your Own Risk.
Diubah oleh Desmanto
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di