KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tahukah Kamu, Apa Itu Plastik Wrap ??
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aafa3e2de2cf243468b4568/tahukah-kamu-apa-itu-plastik-wrap

Tahukah Kamu, Apa Itu Plastik Wrap ??





Pastinya kalian bingung apa sih itu plastik wrap, bahasanya memang tak sering kita dengar bahkan terkesan asing di telinga, padahal plastik tersebut kita sering lihat atau sering kita beli dan gunakan sehari-hari.

Biasa disebut plastik wrap atau wrapping, namun kalau bahasa sederhananya yaitu plastik tipis pembungkus parcel atau makanan ya kawan. Nah plastik wrapping sendiri adalah jenis plastik film yang tipis, dengan ketebalan 0.010 sampai dengan 0.020 mikron.



Untuk sekilas sejarah dari Plastik Wrapping ini, pada awalnya ditemukan secara tidak sengaja dari suatu percobaan laboratorium kimia pada tahun 1933, dimana tujuan dari percobaan itu adalah untuk membuat plastik berbahan keras yang dapat digunakan sebagai cover mobil.



Ternyata dari ujicoba tadi malah dihasilkan jenis plastik dengan karakteristik unik, sebagai berikut :

– transparan (tembus cahaya), transparan.

– tidak mudah sobek meskipun berbahan lemas, sehingga mudah dibentuk, serta elastis bisa ditarik dengan mudah.

– tahan akan asam untuk menghindari kotoran atau bakteri, jadi dapat melindungi sesuatu yang ditutupi plastik tersebut.

– kedap akan air, uap maupun minyak yang cukup panas, dan tidak mudah memuai.



Itulah hasil ujicoba yang tidak sengaja tadi, hingga akhirnya sekarang ini menjadi banyak kegunaan. Hal tersebut memberikan aura positif pada para ilmuwan, bahwasanya tidak ada kegagalan yang sia-sia. Unsur baru akan tercipta dan dapat digunakan untuk media lain yang membutuhkan.

Nah dari hasil ujicoba tadi, akhirnya para peneliti memakai bahan ini untuk digunakan pada makanan yang ditaruh ke frezeer maupun di microwave untuk menjaga aroma dan kelembaban makanan maupun sayuran supaya tetap segar/fresh dan hangat.

Dahulu kala plastik wrapping ini dibuat dengan menggunakan bahan PVDC (Polyvinylidene chloride). Tapi ternyata, bahan ini sangat berbahaya untuk kesehatan manusia, terutama bila digunakan untuk membungkus makanan ya kawan. Oleh karena itu, bahan pembuatannya diganti menjadi bahan LDPE, (Low Density Poly Ethylene) sehingga lebih aman untuk pemakaian sehari-hari dalam rumah tangga maupun industri makanan, dan jenis serta bentuknya seperti yang kita lihat saat ini.



Nah akhirnya terciptalah pembungkus unik dari plastik wrapping, bahkan plastik wrap sering dipakai untuk untuk menambah penampilan/display produk makanan, sayuran-sayuran, kue-kue di rumah makan, restoran, supermarket maupun ditempat penjualan bakery, karena dapat menjaga kestabilan rasa, aroma maupun penampilannya.

Bagaimana sudah jelas bukan ?? Semoga artikel ini bermanfaat ya kawan. Monggo seruupuutt dolo...

emoticon-coffee



By c4punk@2018

Referensi

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bungkus_plastik



dari ngga tau, sekarang jadi tau.. emoticon-Rate 5 Star
×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di