CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5ad61e582b2e9c768b456e/semua-legenda-kepercayaan-dan-mitologi-ancient-near-east

tak terasa...

hampir seluruh kisah utama dalam perjanjian lama alkitab/tanakh sudah TS tulis kisah pembandingnya..




*yg dititik merah sdh ts tulis mitologi timur tengah kuno pembandingnya,lihat daftar di pejwan

*garis merah adalah pemisah antara perjanjian lama dan baru



kecuali utk kisah2 yg berasal dari kitab samuel dan raja-raja/kings(dilingkaran biru) yg memang tokohnya disandur dari buku raja israel(buku yg berbeda dari alkitab/tanakh), dimana arkeologi membuktikan bahwa kebanyakan raja raja dalam kitab kings tersebut kebanyakan sdh terbukti real person(tp bukan berarti mengakui narasi kisah kings dan samuel akurat..pembahasannya sdh bukan mitologi lagi),


*FYI,dari 53 tokoh alkitab yg terbukti real person oleh arkeolog,SELURUHNYA berasal dari kitab kings dan samuel,tokoh perjanjian lama diluar kings dan samuel seperti adam,abraham,musa,dll tidak ditemukan bukti kuat eksistensinya sampai skrg



profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina

shachar dan shalim

ugarit teks dengan judul shachar(shahar) dan salim(shalem) menceritakan tentang periode awal tidak lama setelah bumi tercipta,dewa el turun ke tepi pantai,disana ia melihat dua perempuan yg membuatnya tertarik secara seksual,membawanya bersama ia.dewa el kemudian membunuh seekor burung dengan melempar tongkatnya,memanggangnya dengan api.berbincang bincang,dewa el memberi kedua perempuan ini pilihan,utk memanggilnya sebagai suami atau ayah,kedua perempuan ini memilih memanggil el sebagai suami,dan berhubunganlah mereka layaknya suami istri.

genesis 6

6:1 When human beings began to increase in number on the earth and daughters were born to them

6:2 the sons of God[son of god=atribut lain utk yhwh/el menurut dogma judaism] saw that the daughters of humans were beautiful, and they married any of them they chose.

6:3 Then the Lord said, “My Spirit will not contend with humans forever, for they are mortal; their days will be a hundred and twenty years.”


dari rahim kedua perempuan ini lahirlah Shachar ("fajar") and Shalem ("senja"),kedua dewa bersaudara ini melambangkan venus(sementara pada mitologi mesopotamia,venus di atributkan utk innana/ishtar), nama kedua perempuan mortal yg melahirkan mereka tidak disebutkan.


genesis 6:4

The Nephilim were on the earth in those days—and also afterward—when the sons of God went to the daughters of humans and had children by them. They were the heroes of old, men of renown.



kota yerusalem

Nama "Yerusalem" ditelusuri etimologinya berujung dari kata Sumeria yeru 'pemukiman' / kata Semit yry 'mendirikan, meletakkan suatu landasan', dan dewa Shalem", karenanya dewa Shalem adalah dewa perlindungan awal dari kota Zaman Perunggu tersebut.

Bentuk Yerushalem atau Yerushalayim (Yerusalem) pertama kali muncul di Alkitab, pada Kitab joshua. Menurut suatu Midras, nama tersebut merupakan kombinasi dari Yhwh Yir'eh ("Allah akan memastikan/menyediakan", nama yang diberikan Abraham pada tempat di mana ia hendak mengorbankan putranya) dan kota "Shalem"




profile-picture
nyctophiliac memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di