CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5ad61e582b2e9c768b456e/semua-legenda-kepercayaan-dan-mitologi-ancient-near-east

tak terasa...

hampir seluruh kisah utama dalam perjanjian lama alkitab/tanakh sudah TS tulis kisah pembandingnya..




*yg dititik merah sdh ts tulis mitologi timur tengah kuno pembandingnya,lihat daftar di pejwan

*garis merah adalah pemisah antara perjanjian lama dan baru



kecuali utk kisah2 yg berasal dari kitab samuel dan raja-raja/kings(dilingkaran biru) yg memang tokohnya disandur dari buku raja israel(buku yg berbeda dari alkitab/tanakh), dimana arkeologi membuktikan bahwa kebanyakan raja raja dalam kitab kings tersebut kebanyakan sdh terbukti real person(tp bukan berarti mengakui narasi kisah kings dan samuel akurat..pembahasannya sdh bukan mitologi lagi),


*FYI,dari 53 tokoh alkitab yg terbukti real person oleh arkeolog,SELURUHNYA berasal dari kitab kings dan samuel,tokoh perjanjian lama diluar kings dan samuel seperti adam,abraham,musa,dll tidak ditemukan bukti kuat eksistensinya sampai skrg



profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina

legenda keret/epos keret>job 1+ joshua 6+ joshua 7

epos keret mengisahkan tentang raja hubur,bernama keret,dikatakan adalah divine king,"son of gods",yaitu anak dari dewa el sendiri.meski demikian, raja keret bernasib buruk,ketujuh istrinya semua meninggal,entah saat melahirkan atau terkena penyakit,atau sebab lain,keret pun tidak pny keturunan.keret sendiri merupakan satu satunya anak dari ibunya,dimana ketujuh saudara lainnya meninggal.kerajaan keret terancam tidak memiliki penerus.


suatu malam,raja keret bermimpi didatangi oleh dewa el,dewa el menginginkan keret memiliki keturunan,oleh karena itu,keret harus mendatangi kerajaan Udum,mengancam pabal(pbl),raja udum dengan kekuatan militernya utk menyerahkan anak perempuannya(atau cucunya pada versi terjemahan lain) agar diperistri oleh keret,apabila pabal menawarkan emas dan perak sebagai gantinya,maka keret harus menolaknya.

keret menjalankan perintah mimpinya,dengan pasukannya ia menuju ke udum,dipertengahan jalan keret melalui kuil dewa Athirat,dewi laut,dan menyempatkan diri berdoa disana,menjanjikan emas dan perak apabila misi nya sukses.

Keret kemudian menyerang kerajaan udum,dan berhasil memaksa rajanya, Pubala menyerahkan putri/cucunya yg bernama Hariya,utk dinikahi keret. Keret dan Hariya menikah dan melahirkan dua anak laki laki dan enam perempuan. namun,keret melupakan janjonya kepada dewi athrirat,perihal emas dan perak apabila misinya sukses.

[fragment tablet rusak,tidak terbaca].

lanjutan terjemahan yg terpotong menceritakan tentang anak keret yg tumbuh dewasa.dewi athirat sendiri marah atas ingkar janjinya keret,semua keluarga keret jatuh sakit,termasuk keret sendiri,tanah menjadi kering dan gersang,ternak dan pertanian merana.keret akhirnya sadar akan janjinya dimasa lampau yg lupa ia penuhi,maka ia menugaskan salah satu anak perempuannya yg plg kuat imannya,bernama tatmanat, utk meminta ampunan berdoa mewakili keluarga keret,hujan lgsg turun diatas tanah bumi yg td nya kering.

para dewa berdebat memutuskan apa yg harus dilakukan utk keret yg melanggar janji pada dewi athirat.El berusaha membela keret,dan meminta dewa dewi lain menyembuhkan keluarga keret,namun tidak ada dewa dewi lain yg mampu. El lantas dengan kekuatannya sendiri menciptakan makhluk perempuan bersayap,yg bernama Shatiqtu, khusus utk menyembuhkan keluarga keret,dan dalam dua hari sembuhlah keluarga keret.

kemudian yassub,anak tertua keret,ingin menggulingkan ayahnya dr tahta dan merebutnya,menuduh keret tidak kompeten sebagai raja.keret murka dan memerintahkan Horonu, raja para iblis, menghancurkan tengkorak kepala yassub.

[fragment rusak]

sampai disini tablet tidak mampu lg dibaca dan ending kisah ini tidak diketahui,dari interpretasi kisah kisah lain,ahli sejarah berspekulasi bahwa seluruh anak keret mngkn tewas semua,kecuali anak perempuannya yg menjadi penerusnya.


*job pararrel :

1.awal kisah keret dimulai dengan keret yg sebatang kara,mengingatkan pembaca akan job 1:1-22 yg menjadi sebatang kara krn semua anak anaknya mati

2.job dikisahkan adalah orang terhebat di timur,dikisahkan pada job 1:3
"and he owned seven thousand sheep, three thousand camels, five hundred yoke of oxen and five hundred donkeys, and had a large number of servants. He was the greatest man among all the people of the East."

sementara keret adalah raja

3.dikatakan bahwa baik job dan raja keret adalah favorit tuhan(el) dikenal sebagai org yg saleh jg disayang tuhan(el menolong,bahkan membela raja keret )
job 1:8
There is no one on earth like him; he is blameless and upright, a man who fears God and shuns evil.”

*namun harus jg diakui bahwa yg menarik perhatian hanya tema utama cerita semua keluarga yg terbunuh,sementara pararrel kisah job dengan keret lainnya terlalu umum.




joshua pararrel,joshua 6:1-25

joshua 6 : penaklukkan kota jericho

6:1 dalam pada itu Yerikho telah menutup pintu gerbangnya; telah tertutup kota itu karena orang Israel; tidak ada orang keluar atau masuk.

keret mengepung udum ,mengisolasinya 6 hari lamanya

6:2 Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa.

formula :[el] memerintahkan [joshua/keret] utk menyerang raja dan kerajaan [yerikho/udum]

6:3 Haruslah kamu mengelilingi kota itu, yakni semua prajurit harus mengedari kota itu sekali saja; demikianlah harus engkau perbuat enam hari lamanya,

6:4 dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut. Tetapi pada hari yang ketujuh, tujuh kali kamu harus mengelilingi kota itu sedang para imam meniup sangkakala.

dalam kisah joshua,hari ke-7(meniup sangkala) dibedakan dengan 6 hari lainnya(hny mengelilingi kota sekali),6 hari berulang melakukan kegiatan monoton,sementara hari ke-7 spesial.

dalam kisah keret.keret memerlukan waktu 7 hari pasukannya berjalan sampai tiba di kerajaan udum,dan keret memberi waktu 6 hari pasukannya mengepung kerajaan udum,tapi tidak melakukan apa apa(idle),pada hari ketujuh pengepungan barulah pasukan keret membombardir udum dengan batu dan panah.

keduanya memiliki formula periode 6 hari adalah diam(pasukan keret diam/idle,pasukan joshua hanya mengitari kota)

pada hari ke-7 dimulailah kebisingan,joshua meniup sangkala,pasukan keret menyerang.

legenda keret menulis bahwa pada hari ketujuh raja udum,pabal tidak bs tidur,keadaan didalam istana sungguh berisik,dan anjing pun menggongong bersahut sahutan


6:5 Apabila sangkakala tanduk domba itu panjang bunyinya dan kamu mendengar bunyi sangkakala itu, maka haruslah seluruh bangsa bersorak dengan sorak yang nyaring, maka tembok kota itu akan runtuh, lalu bangsa itu harus memanjatnya, masing-masing langsung ke depan."

pada akhirnya keret berhasil menaklukkan kota udum,tidak disebutkan secara spesifik apakah temboknya runtuh atau tidak

6:6 Kemudian Yosua bin Nun memanggil para imam dan berkata kepada mereka: "Angkatlah tabut perjanjian itu dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut TUHAN."

masih tentang 6 hari dan hari ke-7

6:7 Dan kepada bangsa itu dikatakannya: "Majulah, kelilingilah kota itu, dan orang-orang bersenjata harus berjalan di depan tabut TUHAN."
masih tentang 6 hari dan hari ke-7

6:8 Segera sesudah Yosua berkata kepada bangsa itu, maka berjalanlah maju ketujuh orang imam, yang membawa ketujuh sangkakala tanduk domba itu di hadapan TUHAN, lalu mereka meniup sangkakala, sedang tabut perjanjian TUHAN mengikut mereka.

masih tentang 6 hari dan hari ke-7

6:9 Dan orang-orang bersenjata berjalan di depan para imam yang meniup sangkakala dan barisan penutup mengikut tabut itu, sedang sangkakala terus-menerus ditiup.

terkait formasi pasukan keret yg katanya mirip

6:10 Tetapi Yosua telah memerintahkan kepada bangsa itu, demikian: "Janganlah bersorak dan janganlah perdengarkan suaramu, sepatah katapun janganlah keluar dari mulutmu sampai pada hari aku mengatakan kepadamu: Bersoraklah! --maka kamu harus bersorak."

6 hari udum terisolasi dan kelaparan,dan hari ke-7 keadaan kota udum menjadi sangat berisik

6:11 Demikianlah tabut TUHAN mengelilingi kota itu, mengedarinya sekali saja. Kemudian kembalilah mereka ke tempat perkemahan dan bermalam di tempat perkemahan itu.
6:12 Keesokan harinya Yosua bangun pagi-pagi, lalu para imam mengangkat tabut TUHAN.

lagi tentang 6 hari diam dan hari ke-7 membuat kebisingan

6:13 Maka berjalanlah juga ketujuh orang imam, yang membawa ketujuh sangkakala tanduk domba itu di depan tabut TUHAN, sambil berjalan mereka meniup sangkakala, sedang orang-orang bersenjata berjalan di depan mereka dan barisan penutup mengikut tabut TUHAN, sementara sangkakala terus-menerus ditiup.

masih tentang 6 hari dan hari ke-7

6:14 Demikianlah pada hari kedua mereka mengelilingi kota itu sekali saja, lalu pulang ke tempat perkemahan. Dan begitulah dilakukan mereka enam hari lamanya.

masih tentang 6 hari dan hari ke-7

6:15 Tetapi pada hari yang ketujuh mereka bangun pagi-pagi, ketika fajar menyingsing, dan mengelilingi kota tujuh kali dengan cara yang sama; hanya pada hari itu mereka mengelilingi kota itu tujuh kali.

masih tentang 6 hari dan hari ke-7

6:16 Lalu pada ketujuh kalinya, ketika para imam meniup sangkakala, berkatalah Yosua kepada bangsa itu: "Bersoraklah, sebab TUHAN telah menyerahkan kota ini kepadamu!

masih tentang 6 hari dan hari ke-7

6:17 Dan kota itu dengan segala isinya akan dikhususkan bagi TUHAN untuk dimusnahkan; hanya Rahab, perempuan sundal itu, akan tetap hidup, ia dengan semua orang yang bersama-sama dengan dia dalam rumah itu, karena ia telah menyembunyikan orang suruhan yang kita suruh.

di kisah joshua,ada satu tokoh perempuan khusus,perempuan sundal bernama rahab

di kisah keret,perempuan khusus adalah putri pabal


6:18 Tetapi kamu ini, jagalah dirimu terhadap barang-barang yang dikhususkan untuk dimusnahkan, supaya jangan kamu mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu setelah mengkhususkannya dan dengan demikian membawa kemusnahan atas perkemahan orang Israel dan mencelakakannya.

keret diperintahkan el hanya fokus mendapatkan putri udum saja,tidak yg lain

6:19 Segala emas dan perak serta barang-barang tembaga dan besi adalah kudus bagi TUHAN; semuanya itu akan dimasukkan ke dalam perbendaharaan TUHAN."

keret harus menolak emas dan perak apabila pabal menawaran pengganti menyerahkan putrinya

sementara joshua mendedikadikan emas dan perak ,tembaga dan besi utk tuhan,bukan utk dirinya dan org org nya


6:20 Lalu bersoraklah bangsa itu, sedang sangkakala ditiup; segera sesudah bangsa itu mendengar bunyi sangkakala, bersoraklah mereka dengan sorak yang nyaring. Maka runtuhlah tembok itu, lalu mereka memanjat masuk ke dalam kota, masing-masing langsung ke depan, dan merebut kota itu.

udum menyerah kepada keret

6:21 Mereka menumpas dengan mata pedang segala sesuatu yang di dalam kota itu, baik laki-laki maupun perempuan, baik tua maupun muda, sampai kepada lembu, domba dan keledai.


6:22 Tetapi kepada kedua orang pengintai negeri itu Yosua berkata: "Masuklah ke dalam rumah perempuan sundal itu dan bawalah ke luar perempuan itu dan semua orang yang bersama-sama dengan dia, seperti yang telah kamu janjikan dengan bersumpah kepadanya."

joshua membawa rahab si perempuan sundal,keret membawa hariya,putri/cucu pabal

6:23 Lalu masuklah kedua pengintai muda itu dan membawa ke luar Rahab dan ayahnya, ibunya, saudara-saudaranya dan semua orang yang bersama-sama dengan dia, bahkan seluruh kaumnya dibawa mereka ke luar, lalu mereka menunjukkan kepadanya tempat tinggal di luar perkemahan orang Israel.

rahab diambil utk tinggal bersama bangsa israel,sementara hariya diambil keret utk menikah,dan tinggal bersama dikerajaannya

6:24 Tetapi kota itu dan segala sesuatu yang ada di dalamnya dibakar mereka dengan api; hanya emas dan perak, barang-barang tembaga dan besi ditaruh mereka di dalam perbendaharaan rumah TUHAN.

obyek emas dan perak tidak boleh utk org org [joshua/keret],namun khusus utk [yhwh/athirat],

6:25 Demikianlah Rahab, perempuan sundal itu dan keluarganya serta semua orang yang bersama-sama dengan dia dibiarkan hidup oleh Yosua. Maka diamlah perempuan itu di tengah-tengah orang Israel sampai sekarang, karena ia telah menyembunyikan orang suruhan yang disuruh Yosua mengintai Yerikho.


rahab membantu bangsa israel menyembunyikan dua mata mata israel

tapi kan rahab si wanita sundal ga sama seperti hariya yg melahirkan pangeran/raja?

dalam joshua 6:1-25 memang tidak ditulis mengenai rahab yg kelak melahirkan keturunan,tapi dalam kisah lain dialkitab diketahui rahab menikah dengan salom yg keturunannya kelak menjadi raja daud,dari keturunan raja daud berujung pada yesus kristus....





Matthew 1:5 New International Version (NIV)

5 Salmon the father of Boaz, whose mother was Rahab,

Boaz the father of Obed, whose mother was Ruth,

Obed the father of Jesse,

legenda keret : https://www.google.com/url?q=http://digitalcommons.andrews.edu/cgi/viewcontent.cgi%3Farticle%3D1282%26context%3Djats&sa=U&ved=0ahUKEwiKgLGu1YvZAhUFj5QKHYr4ANkQFggSMAM&usg=AOvVaw09Cjei9w0FyHJl2vuQ2R6L

*mulai page 166


http://davelivingston.com/mooncity.htm

https://books.google.co.id/books?id=mpYDLXUfIO8C&pg=PA221&lpg=PA221&dq=keret+six+days+dan+seven+day&source=bl&ots=uytBpjk93V&sig=dXYeiJMtrpWe0J9x6JoRPMYlXZ8&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwimj7rDv4nZAhVKipQKHRwlAWEQ6AEIFzAE#v=onepage&q=keret%20six%20days%20dan%20seven%20day&f=false

lanjutan..

joshua 7:1-26

7:1 Tetapi orang Israel berubah setia dengan mengambil barang-barang yang dikhususkan itu, karena Akhan bin Karmi bin Zabdi bin Zerah, dari suku Yehuda, mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu. Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel.

7:2 Yosua menyuruh orang dari Yerikho ke Ai, yang letaknya dekat Bet-Awen, di sebelah timur Betel, dan berkata kepada mereka, demikian: "Pergilah ke sana dan intailah negeri itu." Maka pergilah orang-orang itu ke sana dan mengintai kota Ai.

7:3 Kemudian kembalilah mereka kepada Yosua dan berkata kepadanya: "Tidak usah seluruh bangsa itu pergi, biarlah hanya kira-kira dua atau tiga ribu orang pergi untuk menggempur Ai itu; janganlah kaususahkan seluruh bangsa itu dengan berjalan ke sana, sebab orang-orang di sana sedikit saja."

7:4 Maka berangkatlah kira-kira tiga ribu orang dari bangsa itu ke sana; tetapi mereka melarikan diri di depan orang-orang Ai.

7:5 Sebab orang-orang Ai menewaskan kira-kira tiga puluh enam orang dari mereka; orang-orang Israel itu dikejar dari depan pintu gerbang kota itu sampai ke Syebarim dan dipukul kalah di lereng. Lalu tawarlah hati bangsa itu amat sangat.

7:6 Yosuapun mengoyakkan jubahnya dan sujudlah ia dengan mukanya sampai ke tanah di depan tabut TUHAN hingga petang, bersama dengan para tua-tua orang Israel, sambil menaburkan debu di atas kepalanya.

7:7 Dan berkatalah Yosua: "Ah, Tuhanku ALLAH, mengapa Engkau menyuruh bangsa ini menyeberangi sungai Yordan? supaya kami diserahkan kepada orang Amori untuk dibinasakan? Lebih baik kalau kami putuskan tadinya untuk tinggal di seberang sungai Yordan itu!

7:8 O Tuhan, apakah yang akan kukatakan, setelah orang Israel lari membelakangi musuhnya?

7:9 Apabila hal itu terdengar oleh orang Kanaan dan seluruh penduduk negeri ini, maka mereka akan mengepung kami dan melenyapkan nama kami dari bumi ini. Dan apakah yang akan Kaulakukan untuk memulihkan nama-Mu yang besar itu?"

7:10 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Bangunlah! Mengapa engkau sujud demikian?

7:11 Orang Israel telah berbuat dosa, mereka melanggar perjanjian-Ku yang Kuperintahkan kepada mereka, mereka mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu, mereka mencurinya, mereka menyembunyikannya dan mereka menaruhnya di antara barang-barangnya.

7:12 Sebab itu orang Israel tidak dapat bertahan menghadapi musuhnya. Mereka membelakangi musuhnya, sebab mereka itupun dikhususkan untuk ditumpas. Aku tidak akan menyertai kamu lagi jika barang-barang yang dikhususkan itu tidak kamu punahkan dari tengah-tengahmu.

7:13 Bangunlah, kuduskanlah bangsa itu dan katakan: Kuduskanlah dirimu untuk esok hari, sebab, demikianlah firman TUHAN, Allah Israel: Hai, orang Israel ada barang-barang yang dikhususkan di tengah-tengahmu; kamu tidak akan dapat bertahan menghadapi musuhmu, sebelum barang-barang yang dikhususkan itu kamu jauhkan dari tengah-tengah kamu.

7:14 Besok pagi kamu harus tampil ke muka suku demi suku dan suku yang ditunjuk oleh TUHAN harus tampil ke muka kaum demi kaum, dan kaum yang ditunjuk oleh TUHAN harus tampil ke muka keluarga demi keluarga dan keluarga yang ditunjuk oleh TUHAN harus tampil ke muka seorang demi seorang.

7:15 Dan siapa yang didapati menyimpan barang-barang yang dikhususkan itu, akan dibakar dengan api, ia dan segala sesuatu yang ada padanya, sebab ia telah melanggar perjanjian TUHAN dan berbuat noda di antara orang Israel."

7:16 Keesokan harinya bangunlah Yosua pagi-pagi, lalu menyuruh orang Israel tampil ke muka suku demi suku, maka didapatilah suku Yehuda.

7:17 Ketika disuruhnya tampil ke muka kaum-kaum Yehuda, maka didapatinya kaum Zerah. Ketika disuruhnya tampil ke muka kaum Zerah, seorang demi seorang, maka didapatilah Zabdi.

7:18 Ketika disuruhnya keluarga orang itu tampil ke muka, seorang demi seorang, maka didapatilah Akhan bin Karmi bin Zabdi bin Zerah, dari suku Yehuda.

7:19 Berkatalah Yosua kepada Akhan: "Anakku, hormatilah TUHAN, Allah Israel, dan mengakulah di hadapan-Nya; katakanlah kepadaku apa yang kauperbuat, jangan sembunyikan kepadaku."

7:20 Lalu Akhan menjawab Yosua, katanya: "Benar, akulah yang berbuat dosa terhadap TUHAN, Allah Israel, sebab beginilah perbuatanku:

7:21 aku melihat di antara barang-barang jarahan itu jubah yang indah, buatan Sinear, dan dua ratus syikal perak dan sebatang emas yang lima puluh syikal beratnya; aku mengingininya, maka kuambil; semuanya itu disembunyikan di dalam kemahku dalam tanah, dan perak itu di bawah sekali."

7:22 Lalu Yosua menyuruh orang segera pergi ke kemah itu, dan sesungguhnya, semuanya itu disembunyikan dalam kemah Akhan, dan perak itu ada di bawah sekali.

7:23 Maka mereka mengambil semuanya itu dari dalam kemah, lalu membawanya kepada Yosua dan kepada semua orang Israel, dan mencurahkannya di hadapan TUHAN.

7:24 Kemudian Yosua, beserta seluruh Israel mengambil Akhan bin Zerah, dan perak, jubah dan emas sebatang itu, anak-anaknya yang laki-laki dan perempuan, lembunya, keledainya dan kambing dombanya, kemahnya dan segala kepunyaannya, lalu semuanya itu dibawa ke lembah Akhor.

7:25 Berkatalah Yosua: "Seperti engkau mencelakakan kami, maka TUHAN pun mencelakakan engkau pada hari ini." Lalu seluruh Israel melontari dia dengan batu, semuanya itu dibakar dengan api dan dilempari dengan batu.

7:26 Sesudah itu didirikanlah di atasnya suatu timbunan batu yang besar, yang masih ada sampai sekarang. Lalu surutlah murka TUHAN yang bernyala-nyala itu. Oleh sebab itu nama tempat itu sampai sekarang disebutkan lembah Akhor.



*formula :

seorang [greatest man in east/raja] yg dicintai tuhan,kehilangan seluruh anak anaknya.tuhan kemudian ingin memberi [penglihatan/mimpi] agar [joshua/keret] menyerang [joricho/udum],dalam proses penaklukannya[joshua/keret] selama 6 hari monoton[berkeliling mengintai/mengepung tapi berdiam tanpa beraksi] dan pada hari ke-7 mengambil aksi yg berbeda dari 6 hari sebelumnya[meniupkan sangkala sambil membawa tabut/menyerang] dan menimbulkan kebisingan[sangkala/raja udum yg tidak bs tidur krn serangan keret hari ke-7],pada akhirnya kemenangan berhasil diraih[joshua/keret] dimana emas dan perak[tidak boleh disentuh israel,harus diberikan kepada tuhan/tidak boleh diterima keret apabila ditawarkan raja udum],juga disini membawa pulang[rahab/hariya] yg kemudian melahirkan keturunan yg menjadi raja,yaitu [daud/anak keret],tapi kemudian[tuhan israel/dewi atherat] menjadi murka krn [orang orang joshua/keret]melanggar janji karena emas dan perak [dikorupsi/tidak diberikan] untuk[tuhan israel/atherat] sehingga [joshua kalah dalam perang berikutnya melawan bangsa ai/kerajaan keret kena bencana kekeringan dan keluarganya jatuh sakit],lantas[joshua/tatmanat,anak keret] meminta ampun berdoa kepada tuhan dan [tuhan israel/el]mengampuni [bangsa israel/keluarga keret]
Diubah oleh beritapalestina
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di