CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5ad61e582b2e9c768b456e/semua-legenda-kepercayaan-dan-mitologi-ancient-near-east

tak terasa...

hampir seluruh kisah utama dalam perjanjian lama alkitab/tanakh sudah TS tulis kisah pembandingnya..




*yg dititik merah sdh ts tulis mitologi timur tengah kuno pembandingnya,lihat daftar di pejwan

*garis merah adalah pemisah antara perjanjian lama dan baru



kecuali utk kisah2 yg berasal dari kitab samuel dan raja-raja/kings(dilingkaran biru) yg memang tokohnya disandur dari buku raja israel(buku yg berbeda dari alkitab/tanakh), dimana arkeologi membuktikan bahwa kebanyakan raja raja dalam kitab kings tersebut kebanyakan sdh terbukti real person(tp bukan berarti mengakui narasi kisah kings dan samuel akurat..pembahasannya sdh bukan mitologi lagi),


*FYI,dari 53 tokoh alkitab yg terbukti real person oleh arkeolog,SELURUHNYA berasal dari kitab kings dan samuel,tokoh perjanjian lama diluar kings dan samuel seperti adam,abraham,musa,dll tidak ditemukan bukti kuat eksistensinya sampai skrg



profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina
epos erra/ erra dan ishum > komparasi dengan ramalan ezekiel

epos ini ditulis oleh pendeta babylonia yg bernama Kabti-Ilani-Marduk,tidak lbh tua dari 800 sebelum masehi,perkiraan ini msh lbh tua dr sebelum kelahiran nabi ezekiel di sekitaran 620 sebelum masehi.

epos ini menceritakan tentang dewa erra,dewa bencana kelaparan yg menghukum babylonia dengan bencana akibat dosa dosa penduduk babylonia.untuk menjalankan rencananya,dewa erra bahkan meyakinkan marduk agar menyerahkan sementara tahtanya kepada erra.Erra,dibantu sibitti/ tujuh(iblis? anak dr surga dan bumi(neraka)) mengacak acak kota babylonia,menyebabkan kekacauan dan kerusuhan dan jg teror bagi warga babylonia.


dewa ishum,dewa api,sekaligus dewa yg pertama kali mengabarkan erra atas prilaku buruk warga babylonia,namun ishum melihat bahwa tindakan erra telah melampaui batas,ishum mendebat erra agar menghentikan tindakannya krn tidak hny membunuh org jahat,tp jg org baik di babylonia,namun diabaikan erra.

pada akhirnya bangsa asing menyerbu babylonia dan meluluh lantakan kota babylonia yg sebelumnya sudah porak poranda.

*bangsa asing yg menyerbu babylonia ini mungkin merujuk ke invasi oleh suttu pada rentang 1100-850 sebelum masehi,atau mngkn 750 sebelum masehi apabila puisi ini merujuk ke kebangkitan akkad

erra (yg masih duduk di tahta sementara marduk) menjadi murka dan mengadakan rapat dengan dewa lain,memerintahkan dewa ishum mengusir bangsa asing penjajah dan memulihkan keadaan babylonia.erra sendiri memilih pensiun dari jabatan sementara pemimpin para dewa yg dipinjamnya dr marduk, dan memilih pergi dan beristirahat di Emeslam.

puisi ditutup dengan puji pujian terhadap erra yg bermurah hati mengampuni babylonia,jg menceritakan tentang seseorang manusia yg naik tahta dr akkad.

sejauh ini setidaknya telah ditemukan 36 copy epos erra/erra dan ishum yg tersebar luas diberbagai wilayah mesopotamia,mengidikasikan epos ini sebagai salah satu kisah penting budaya dan keagamaan mesopotamia.


book of ezekiel and poen of erra - dr.daniel bodi


perbandingan dengan ramalan ezekiel :

ezekiel 9

9 Then I heard him call out loudly, “Executioners, come! And bring your deadly weapons with you.

2 Six men came down the road from the upper gate that faces north, each carrying his lethal weapon. With them was a man dressed in linen with a writing case slung from his shoulder. They entered and stood by the bronze altar.

3-4 The Glory of the God of Israel ascended from his usual place above the cherubim-angels, moved to the threshold of the Temple, and called to the man with the writing case who was dressed in linen: “Go through the streets of Jerusalem and put a mark on the forehead of everyone who is in anguish over the outrageous obscenities being done in the city.”

5-6 I listened as he went on to address the executioners: “Follow him through the city and kill. Feel sorry for no one. Show no compassion. Kill old men and women, young men and women, mothers and children. But don’t lay a hand on anyone with the mark. Start at my Temple.”

They started with the leaders in front of the Temple.

7-8 He told the executioners, “Desecrate the Temple. Fill it with corpses. Then go out and continue the killing.” So they went out and struck the city.

While the massacre went forward, I was left alone. I fell on my face in prayer: “Oh, oh, God, my Master! Are you going to kill everyone left in Israel in this pouring out of your anger on Jerusalem?”

9-10 He said, “The guilt of Israel and Judah is enormous. The land is swollen with murder. The city is bloated with injustice. They all say, ‘God has forsaken the country. He doesn’t see anything we do.’ Well, I do see, and I’m not feeling sorry for any of them. They’re going to pay for what they’ve done.”

11 Just then, the man dressed in linen and carrying the writing case came back and reported, “I’ve done what you told me.”



beberapa kemungkinan paralel :

1.tujuh sibitti dalam epos erra memiliki fungsi yg sama dengan enam tukang jagal dalam kitab ezekiel

2.tuhan yg menghukum kotanya sendiri,babylonia dalam epos era,dan jerusalem dalam ramalan ezekiel.

3.hukuman yg dijatuhkan tuhan/dewa krn dosa warganya.

4.ishum mengingatkan erra atas nasib org org tidak bersalah yg ikt jd korban,dalam ezekiel jg ada upaya bertanya mengingatkan tuhan.

5.kota dan manusia penghuninya hanya bisa pasrah sampai tuhan sendiri yg menghentikan kemarahannya.
Diubah oleh beritapalestina
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di