CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5ad61e582b2e9c768b456e/semua-legenda-kepercayaan-dan-mitologi-ancient-near-east

tak terasa...

hampir seluruh kisah utama dalam perjanjian lama alkitab/tanakh sudah TS tulis kisah pembandingnya..




*yg dititik merah sdh ts tulis mitologi timur tengah kuno pembandingnya,lihat daftar di pejwan

*garis merah adalah pemisah antara perjanjian lama dan baru



kecuali utk kisah2 yg berasal dari kitab samuel dan raja-raja/kings(dilingkaran biru) yg memang tokohnya disandur dari buku raja israel(buku yg berbeda dari alkitab/tanakh), dimana arkeologi membuktikan bahwa kebanyakan raja raja dalam kitab kings tersebut kebanyakan sdh terbukti real person(tp bukan berarti mengakui narasi kisah kings dan samuel akurat..pembahasannya sdh bukan mitologi lagi),


*FYI,dari 53 tokoh alkitab yg terbukti real person oleh arkeolog,SELURUHNYA berasal dari kitab kings dan samuel,tokoh perjanjian lama diluar kings dan samuel seperti adam,abraham,musa,dll tidak ditemukan bukti kuat eksistensinya sampai skrg



profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina

epic of gilgamesh


asyuranbanipal

tahun 1849 , Austen Henry Layard,seorang arkeolog menemukan perpustakaan asyuranbanipal,yaitu perpustakaan kuno maha besar peninggalan kebudayaan asyria yg berasal dari era 700 Sebelum Masehi.


struktur rak tablet batu di perpustakaan asyuranbanipal

perpustakaan raksasa ini terpelihara dalam kondisi cukup baik dan menyimpan30.000++ keping tablet batu yg menyajikan informasi penting yg membawa arkeologi ke dunia kuno ribuan tahun lalu.

memberi arkeologi gambaran budaya,tradisi,agama,hukum,administrasi,dan legenda bangsa timteng masa lalu.

penemuan catatan plg terkenal yg ditemukan disana adalah epic of gilgamesh/epos of gilgamesh,epos tertua umat manusia,sebuah cerita kisah kepahlawanan plg populer bagi bangsa sumeria,babylonia,dan asyria selama ribuan tahun sekaligus merupakan cerita keagamaan mereka.


epic of gilgamesh ditulis dalam tulisan cuineform,arkeolog memastikan cerita ini bertahan ribuan tahun lintas generasi sumeria-babylonia-asyria,dan penemuan tablet epic of gilgamesh di asyuranbanipal saja(epic of gilgamesh jg ada ditemukan ditempat dan waktu yg lain) ditulis dalam dua bahasa,asyur dan neo-babylonia ,ditulis dalam bentuk puisi bercerita

12 tablet berisi cerita lengkap epic of gilgamesh telah berhasil diterjemahkan,sebagian tablet berhasil dibaca dengan sangat baik,namun sebagian kecil diantaranya ada yg mengalami kerusakan parah,sehingga arkeolog melengkapi cerita epic of gilgamesh dengan puisi lainnya yg masih memiliki koneksi cerita dengan epic of gilgamesh.

secara garis besar epic of gilgamesh menceritakan tentang kisah raja setengah dewa, gilgamesh dan sahabatnya enkidu,dan kisah pencarian obat keabadian.


kiri :enkidu ,kanan : gilgamesh


12 tablet epic of gilgamesh :

tablet 1 :




gilgamesh,anak dari dewi ninsun dan Lugulbanda,gilgamesh memangun kota uruk dan jg tembok kotanya

Gilgames dari Uruk, raja terbesar di muka bumi,penguasa bumi. 2/3 dewa dan 1/3 manusia, adalah Raja terkuat yang pernah ada ,bertubuhbesar raksasa dan kuat perkasa.

kekuatan absolut gilgamesh membuatnya bertindak semena-mena,ia meniduri setiap calon pengantin perempuan bangsawan kerajaannya sebelum diserahkan ke suaminya, mengambil apapun dari rakyatnya,dan menyingkirkan apapun yg berani menghalanginya.

sungguh penguasa yg lalim

tp siapa yg berani melawan?

Ketika rakyatnya mengeluh bahwa ia terlalu kejam,para dewa mendengar,dewi penciptaan,yaitu dewi Aruru menciptakan manusia liar Enkidu,bertubuh besar dan perkasa juga seperti gilgamesh, dari tanah liat,ia bentuk dan hembuskan nafas kehidupan.

*"Ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup" (Kej 2:7)

enkidu tinggal di hutan bersama sama teman teman binatangnya,ia bahkan bisa berkomunikasi dengan mereka.sampai suatu hari seorang pemburu melihat enkidu dihutan.ia terkejut ketakutan dan kabur kembali ke kota,memberitahu orang orang bahwa ia melihat manusia raksasa yg bakal menjadi lawan yg setimpal bagi gilgamesh.

tapi bagaimana cara menarik enkidu ke kota dan melawan gilgamesh?

ayah si pemburu memberi usul : "pikat enkidu dengan pelacur kuil cantik yg bernama shamhat."

shamhat berbaring di hutan,ketika enkidu melihatnya,shamhat menunjukkan buah dadanya dan menggoda enkidu

untuk pertama kalinya enkidu mengenal nafsu seks

7 hari 6 malam mereka berhubungan

dan saat enkidu selesai memuaskan hasratnya dan kembali kehutan menemui teman teman binatangnya,mereka menolaknya.

enkidu telah berbau manusia dan kehilangan kesuciannya,teman temannya tkabur melihatnya.

frustasi,enkidu kembali ke shamhat dan meminta nasihatnya

shamhat kemudian membujuk enkidu tinggal dikota bersama sama kaum sejenisnya(manusia)

shamhat mengenalkan enkidu musik,pakaian,makanan,dan peradaban manusia lainnya..jg menceritakan tentang gilgamesh si raja kejam..

enkidu naik darah mendengar bagaimana bagaimana gilgamesh memperkosa setiap calon pengantin seenaknya dan berbuat semena mena kepada rakyatnya.

rencana berhasil,demi rakyat uruk,enkidu akan menantang gilgamesh berkelahi

ditempat lain,gilgamesh mendapat petunjuk mimpi akan kedatangan enkidu



tablet 2


si pelacur kuil membagi sebagian kain nya utk enkidu,ini adalah pakaian pertama enkidu.si pelacur kuil menggengam tangan enkidu dan membawanya ke uruk.


enkidu memasuki gerbang kota uruk,rakyat uruk terpana melihat ukuran tubuh besar enkidu dan otot otot tubuhnya yg kokoh.mereka bersorak,akhirnya rakyat uruk memiliki jagoan sepadan dengan raja lalim mereka.

hari ini akan ada calon pengantin perempuan yg ditiduri gilgamesh,dalam iringan perjalanan,enkidu memblokir arak arakan pengantin tersebut dan menantang gilgamesh

gilgamesh menyanggupinya,ia bahkan senang akhirnya ada lawan yg memiliki ukuran tubuh sepadan dirinya.



mereka bergulat dijalan,membentur tembok kota ,dan tembok kota bergetar.seluruh kota terpana menyaksikan pertarungan mereka.pada akhirnya gilgamesh berhasil mengunci enkidu dalam pergulatan seru ditengah kota.namun bukannya kebencian,justru antara enkidu dan gilgamesh muncul rasa saling mengagumi ,mereka berpelukan dan berciumanemoticon-Betty (S)

gilgamesh mendeklarasikan enkidu sebagai sahabatnya

ibu gilgamesh,dewi ninsun memberi berkat restu kepada mereka,bahwa keduanya adalah sahabat sejati mulai sekarang(hubungan bromance emoticon-Betty (S))

"persahabatan" gilgamesh+enkidu membawa dampak positif bagi kepribadian gilgamesh,ia sangat menghargai pendapat enkidu,termasuk dalam memperlakukan rakyatnya sehingga gilgamesh tidak lagi berbuat semena mena kpada rakyatnya meski sifat angkuh gilgamesh tetap terpelihara.

enkidu suatu hari menceritakan tentang hutan cedar yg dijaga humbaba,monster peliharaan dewa enlil(dewa penguasa bumi,angin,udara)

enkidu menceritakan monster ini sangat kuat,dan tidak mngkn dikalahkan.

gilgamesh semakin tertantang,ia memilih mengambil resiko membuktikan dirinya sebagai petarung terkuat.

bersama enkidu dan gilgamesh mempersiapkan diri mencari humbaba

*sebenarnya kepastian pemenang duel gilgamesh-enkidu tidak pasti,dikarenakan pada bagian cerita tersebut mengalami kerusakan sehingga arkeolog menafsirkan sendiri berdasarkan puisi terkait gilgamesh lainnya

tablet 3 dan 4


gilgamesh mengumpulkan rakyatnya dan berpidato bahwa ia akan mengalahkan humbaba dan mengambil ranting pohon cedar yg dilindungi humbaba,para tetua penasihat kota uruk memperingati gilgamesh bahwa ia bertindak terlalu jauh dan membahayakan nyawanya sendiri.

niat gilgamesh telah bulat,sadar bahwa tidak mungkin membujuk gilgamesh membatalkan niatnya para tetua mengajurkan agar gilgamesh meminta berkat dewa matahari : shamash(utu) dan mendiang ayahnya.

shamash mengangkat enkidu sebagai anaknya,ditandai dengan ritual perayaan ,termasuk pesta seks hetero dan homo seksual emoticon-Betty (S)


akhirnya perjalanan keduanya dimulai,dengan senjata dan armor terbaik,keduanya dengan kaki raksasanya telah berjalan 450 mil dalam waktu 3 hari.mereka tidak berhenti kecuali saat makan.

dalam perjalanan,enkidu mengalami keraguan,namun gilgamesh menyemangatinya bahwa mereka bisa mengalahkan humbaba

tablet 5

setiap malam gilgamesh melakukan ritual menabur tepung disekeliling mereka tidur utk meminta perlindungan shamash dari ancaman enlil(humbaba adalah peliharaan enlil)

suatu malam dalam perjalanan mereka,gilgamesh bermimpi menyeramkan sampai terbangun sampai menggigil

ia menceritakan mimpinya kepada enkidu.enkidu mengatakan jgn khawatir dan menafsirkan mimpi tersebut sebagi keberuntungan bahwa mereka akan mengalahkan humbaba.

semakin mereka mendekati hutan cedar semakin sering gilgamesh bermimpi buruk dan ketakutan,sampai ia berdoa kepada dewa shamash.

dewa shamash menjawab doa gilgamesh.ia mengatakan bahwa mimpi buruk gilgamesh berasal dari aura pakaian humbaba dan mengatakan jgn khawatir akan gertakan humbaba.

akhirnya gilgamesh dan enkidu tiba di hutan cedar.mereka memotong daham pohon cedar yg suci,dan tiba tiba terdengar auman humbaba menggelegar yg bisa membuat tuli kuping manusia biasa.

humbaba telah muncul,namun saat itu ia belum menampakkan dirinya didepan gilgamesh dan enkidu,tapi mengeluarkan sihir halusinasinya

tiba tiba terdengar halusinasi suara pedang,kapak,dan senjata lain beradu ,meneror enkidu dan gilgamesh.

gilgamesh berdoa kepada shamash yg lgsg menjawab doa gilgamesh dengan mengirim 13 petir menghantam humbaba

humbaba muncul, terluka dan tersungkur

gilgamesh mencabut pedangnya,humbaba sudah tidak berdaya.

humbaba meminta pengampunan,ia tau gilgamensh adalah anak ninsun,dan mengatakan ia akan mengabdi pada gilgamesh apabila gilgamesh mau mengampuni nyawanya.

gilgamesh awalnya tertarik pada tawaran humbaba, namun enkidu menganjurkan agar enkidu menghabisi humbaba saat itu juga sebelum enlil menyadari apa yg terjadi.

humbaba mengatakan bahwa enkidu adalah manusia keji,dan jg humbaba mengatakan enkidu cemburu kalau humbaba mengabdi kepada gilgamesh

sekali lagi enkidu meyakinkan gilgamesh agar membunuh humbaba,hanya dengan kematian humbaba maka mereka bisa mendapatkan kemahsyuran sebagai satu satunya pembunuh humbaba.

bukankah inilah tujuan awal mereka?

maka tewaslah humbaba saat itu jg

kembali ke kota uruk,gilgamesh dan enkidu memamerkan kepala humbaba dan ranting pohon cedar kepada rakyatnya.



tablet 6

dewi ishtar terpesona dengan kekuatan gilgamesh,ia mengajak gilgamesh menikah.

dan tentu saja enkidu berusaha mempengaruhi gilgamesh agar menolak ajakan ishtar emoticon-Betty (S)

gilgamesh menolak dengan tegas ajakan ishtar,gilgameah mengatakan bahwa ia tau bagaimana nasib suami suami ihstar sebelumnya.

dewi ishtar merasa dipermalukan,ia marah dan meminta agar dipinjamkan banteng surga dari ayahnya utk menghukum enkidu dan gilgamesh

ayah ishtar yg jg merupakan dewa, bingung melihat tingkah putrinya,ia justru membela gilgamesh.namun ishtar ngotot meminjam banteng surga

akhirnya banteng surga berhasil didapatkan ishtar,dan ishtar melepas banteng surga ke bumi utk menghukum gilgamesh.

hentakan kaki banteng surga pertama kali mendarat membuat tanah lgsg terbelah,100 orang lgsg tewas tertelan bumi.

hentakan kaki kedua kalinya membelah tanah lainnya dan membunuh orang lainnya

enkidu dan gilgamesh muncul utk meladeni banteng surga

enkidu meraih tanduk si banteng ,namun gagal menghasilkan apapun.kemudian enkidu berhasil meraih ekor si banteng surga setelah melalui pergulatan seru, dan mencegah banteng surga kabur ketika gilgameah menghunus pedangnya tepat di pundak banteng tersebut.akhirnya gilgamesh memutilasi mayat sibanteng,mengambil jantungnya dan mempersembahkannya kepada dewa shamash.

ishatar muncul melewati tembok kota uruk dan mengutuk gilgamesh+enkidu.

enkidu menjawab gertakan ishtar,meraih salah satu potongan tubuh banteng surga,melemparkannya kepada ishtar sembari mengancam : ia akan melakukan hal serupa kepada ishtar apabila ishtar berani mendekat satu langkah lagi.

ketika ishtar dan pengikutnya(termasuk pelacur kuil) menangisi kematian banteng surga,gilgamesh dan enkidu memamerkan tanduk dan potongan tubuh banteng surga di pintu gerbang kota,juga mengarak bagian tubuh lainnya sebagai piala kemanangan.

gilgamesh semakin terlena dengan keperkasaannya,ia berteriak didepan rakyatnya :"siapa pahlawan terhebat?"

dan gilgamesh menjawab sendiri :" adalah gilgamesh dan enkidu !"

malam itu enkidu mendapat mimpi,mendapat gambaran para dewa sedang rapat

tindakan sembrono dan arogansi gilgamesh dan enkidu telah keterlaluan,pertama mereka membunuh peliharaan enlil,jg memotong ranting hutan suci cedar,kemudian mereka membunuh banteng surga dan mengancam dewi ishtar,tindakan mereka telah kelewatan batas dan telah memvonis nasib mereka sendiri kelak



tablet 7

Para dewata memutuskan bahwa ada yang harus dihukum karena membunuh sang Banteng Surgawi. Mereka menghukum Enkidu. Hal ini juga menggenapi kutukan Humbaba(sebelum mati humbaba mengutuk enkidu sebagai manusia kejam dan menyumpahinya),dan jg krn enkidu lah yg mengancam ishtar.

Enkidu jatuh sakit terkena kutukan para dewa sembari mimpinya membawanya ke Dunia akhirat sembari terbaring sekarat.

enkidu putus asa

ia menangis meminta belas kasihan shamash,namun shamash tidak mampu berbuat melawan kehendak hasil rapat para dewa.

enkidu menyalahkan pemburu yg menemukannya dihutan

enkidu menyalahkan pelacur kuil ,shamhat,yg bersetubuh dengannya dan membawanya ke kota uruk.dewa shamash menjawab enkidu..kalau bukan krn pelacur kuil tersebut,enkidu tidak akan pernah merasakan makanan enak,baju bagus,tarian musik dan yg plg penting mengenal gilgamesh bromate nya emoticon-Berduka (S)

enkidu merasa nyaman dengan nasihat shamash,dan ia memberkati shamhat dan pelacur kuil lainnya semoga makmur dan bahagia.

enkidu mengatakan kepada gilgamesh bahwa ia mendapat mimpi buruk dimana ia tidak berdaya melawan makhluk yg lbh kuat darinya..enkidu mengatakan satu satunya yg ia sesali adalah mati dalam kondisi seperti ini,bukan tewas terhormat sebagai pahlawan di medan tempur

enkidu menderita selama dua belas hari kemudian sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

tablet 8 dan 9



gilgamesh sangat terpukul atas kematian enkidu,ia menawarkan byk pengorbanan persembahan kepada para dewa agar meringankan beban enkidu didunia akhirat.

disisi lain gilgamesh merasa ketakutan ,bagaimana kalau ia kelak mati? semua hilang begitu saja..tiba tiba gilgamesh merasa takut akan kematian..

ia ingin menghindari kematian dan mencari obat keabadian

gilgamesh pergi dari uruk

menyendiri

mengasingkan diri

ia pergi mencari obat keabadian

ia mendengar rumor tentang utnapishim,manusia abadi

utk itu ia berkelana mencari utnapishim.utnapishim dan istrinya adalah orang yg selamat dari banjir besar yg pernah terjadi didunia akibat dosa manusia ,utnapishim (dan istrinya) selamat krn belas kasihan dewa enki yg membocorkan rencana para dewa,dan jg krn itu ia dianugerahi dewa mendapat kehidupan abadi dari dewa enlil

Dalam perjalanan, Gilgames berjumpa dengan alewyfe Siduri yang berusaha membujuknya agar menghentikan perjalanannya itu,namun diabaikan gilgamesh.
cerita untnapishm memiliki byk elemen cerita yg sama dengan cerita banjir nabi nuh,sampai detail ukuran kapal,dll,jd sebenarnya TS ga perlu lagi menulis detail saat utnapishim menceritakan kisahnya kepada gilgamesh,cukup buka torah/perjanjian lama,krn kisah mereka sangat mirip,hanya diganti nama tokoh aktor aktornya saja,tuhan=dewa enlil+enki,nabi nuh=utnapishim,detail ceritanya 90% sama

kisah banjir besar pada epic of gilgamesh ini jg ditemukan pada cerita epic of atrahasis dan eridu genesis dengan cerita yg sama pd bagian cerita banjirnya,ahli sejarah mengambil kesimpulan bahwa kisah banjir pada eridu genesis lah yg pertama ditulis dan disalin ulang pada epic of astrahasis dan epic of gilgamesh,sementara kisah biblical tentang kejatuhan adam kedalam dosa sampai banjir nabi nuh(genesis/kejadian bab 2 s/d 9) bisa ditemukan dalam ketiga epic mesopotamia tersebut


epic of gilgamesh=nabi nuh


epic of athrahasis=kejatuhan adam kedalam dosa+nabi nuh


tablet 10

utk bertemu dengan utnapishim,sebelumnya gilgamesh harus melewati air beracun yg mematikan.utk melaluinya ,gilgamesh harus meminta bantuan urshanabi.krn hny ia satu satunya yg bisa menahkodai kapal menyebrangi air beracun.

mendengar cerita gilgamesh,urshunabi bersedia membantu gilgamesh mrmpertemukannya dengan utnapishim,dan berlayarlah mereka mencari utnapishm

tablet 11 dan 12

Gilgames akhirnya berjumpa dengan Utnapishim, yang menceritakan kepadanya tentang air bah yang dahsyat krn manusia sdh terlalu byk berdosa,bagaimana dewa enki diam diam menolongnya, dan bagaimana dewa enlil akhirnya menganugerahi nya kehidupan abadi(nabi nuh berumur sampai 1000 tahun)

utnapishim menasihati gilgamesh bahwa anugerah hidup abadi percuma dicari,krn utnapishm pun mendapatkan nya scr kebetulan dr dewa.

gilgamesh bersikeras,dan utnapishm pun sadar bahwa tidak mngkn gilgamesh mundur hanya dengan kata kata

maka utnapishm menjanjikan Gilgames bahwa apabila gilgamesh dapat bertahan tidak tidur selama enam hari dan tujuh malam, ia akan memperoleh kehidupan abadi.

Gilgames menerima tantangan utnapishm,namun tidak beberapa lama mencoba,gilgamesh sdh tertidur.

istri utnapishim mencoba membangunkan gilgamesh,namun utnapishm mencegahnya,"gilgamesh pasti tidak mau mengaku tertidur kalau kita membangunkannya",ujar utnapishm kepada istrinya

oleh krn itu Utnapishim menyuruh istrinya memanggang roti untuk setiap hari sampai 7 hari,dan pada hari ketujuh membangunkan gilgamesh.

istri utnapishim menunjukkan kepada gilgamesh ketujuh roti tersebut

roti hari pertama sdh rusak parah berjamur,roti kedua rusak tp tidakseparah roti pertama,dan seterusnya sampai roti ketujuh

gilgamesh menangis,ia tidak bisa menyangkal lagi,ia telah gagal mendapat obat keabadian

Utnapishim disisi lain merasa iba,lantas ia menceritakan kepadanya tentang sebuah tanaman yang terdapat di dasar laut dan bahwa apabila gilagamesh memperolehnya dan memakannya,maka gilgamesh akan kembali menjadi muda kembali meski tidak hidup abadi.

Gilgames menyelam mencari tanaman itu, dan ia berhasil mendapatkannya.namun ia tidak ingin segera memakannya karena ia ingin membagikannya kepada para ketua-ketua Uruk lainnya,suatu pemikiran mengejutkan yg tidak mngkn dilakukan gilgamesh sebelum mengenal enkidu.gilgameah telah berubah menjadi lbh bijaksana dan memikirkan orang orangnya. dalam perjalanan pulang kekerajaannya,gilgamesh kemudian meletakan tanaman itu di tepi sebuah danau sementara ia mandi, malangnya tanaman itu kemudian dicuri oleh seekor ular.gilgamesh lagi lagi harus menerima kenyataan pahit.ia kehilangan kesempatan keduanya dan tidak ada lagi yg bisa diberikan utnapishim kepadanya.

gilgamesh kecewa utk kesekian kalinya,namun tidak ada lagi yg bisa ia lakukan.

meski gilgamesh pada akhirnya gagal mendapat resep keabadian.namun pertulangan hidupnya dan kematian sahabatnya telah mengubah gilgamesh.

dari seorang raja lalim arogan menjadi raja yg bijaksana dan memikirkan rakyatnya.

Gilgames kembali ke Uruk, dan ketika ia melihat dinding-dindingnya yang begitu besar dan kuat, ia memuji karya abadi manusia yang fana ini. Gilgames menyadari bahwa cara makhluk fana untuk mencapai keabadian adalah melalui meninggalkan karya peradaban dan kebudayaan yang kekal.

pada akhirnya puisi epic of gilgamesh ditutup saat perahu gilgamesh melihat kuil dewi ishtar dr kejauhan.


*pada tablet ini juga diceritakan dewa ea(enki) yg sangat melindungi manusia,selain menolong utnapishim,enki pun mengintervensi rapat para dewa agar hanya menghukum enkidu saja,tidak gilgamesh meski keduanya telah membunuh humbaba,peliharaan enlil

dan pada tablet penutup ini juga diceritakan bahwa gilgamesh sempat masuk ke dunia akhirat dan bertemu enkidu.enkidu menceritakan bahwa meski ia tidak mempunyai kabar baik dari dunia akhirat utk diceritakan,namun enkidu memberi nasihat bahwa semakin byk anak ,semakin byk teman,kekayaan,dan reputasi baik yg ditinggalkan,maka semakin mudah kehidupan di akhirat dan sebaliknya


http://m.sparknotes.com/lit/gilgamesh/section9.rhtml

http://www.ancient-literature.com/other_gilgamesh.html

https://archive.org/stream/TheEpicofGilgamesh_201606/eog_djvu.txt












profile-picture
profile-picture
profile-picture
madfaiz25 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina
profile picture
renofizaldy
kaskus addict
Njir ini lengkap banget terjemahannya, kenapa baru tau saya, mantab ente gan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di