CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Semua Legenda, Kepercayaan dan Mitologi Ancient Near East
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5ad61e582b2e9c768b456e/semua-legenda-kepercayaan-dan-mitologi-ancient-near-east

tak terasa...

hampir seluruh kisah utama dalam perjanjian lama alkitab/tanakh sudah TS tulis kisah pembandingnya..




*yg dititik merah sdh ts tulis mitologi timur tengah kuno pembandingnya,lihat daftar di pejwan

*garis merah adalah pemisah antara perjanjian lama dan baru



kecuali utk kisah2 yg berasal dari kitab samuel dan raja-raja/kings(dilingkaran biru) yg memang tokohnya disandur dari buku raja israel(buku yg berbeda dari alkitab/tanakh), dimana arkeologi membuktikan bahwa kebanyakan raja raja dalam kitab kings tersebut kebanyakan sdh terbukti real person(tp bukan berarti mengakui narasi kisah kings dan samuel akurat..pembahasannya sdh bukan mitologi lagi),


*FYI,dari 53 tokoh alkitab yg terbukti real person oleh arkeolog,SELURUHNYA berasal dari kitab kings dan samuel,tokoh perjanjian lama diluar kings dan samuel seperti adam,abraham,musa,dll tidak ditemukan bukti kuat eksistensinya sampai skrg



profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 12 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh beritapalestina

mitologi enki dan ninhursagh,mitologi surga sumeria

kisah mitologi ini dimulai dengan pujian pujian terhadap dilmun,taman surgawi para dewa tmpt dewa beristirahat,suci,murni,dan damai,tempat dimana binatang buas tidak akan memangsa binatang lain.

mitologi enki dan ninhurshag :

Holy the city.... The land Dilmun is holy.

Sumer is holy.... The land Dilmun is holy.

The land Dilmun is holy, the land Dilmun is pure,

the land Dilmun is pure, the land Dilmun is bright.

After she lay in Dilmun with the one who is alone,

the place -- after Enki had slept with his wife --
that place is pure, that place is bright.

After she lay in Dilmun with the one who is alone,

the place-after Enki had slept with Ninsikila --
that place is pure, that place is bright.

In Dilmun the raven screaks no croaking sounds,

the dar-bird sounds not the dar-bird's cry.

The lion kills not,
the wolf snatches not the lamb.


mengingatkan kita akan alkitab kitab kejadian 1:30 tentang deskripsi taman eden dimana tidak ada binatang saling memangsa :

"Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, g Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya. Dan jadilah demikian"

lanjutan mitologi enki dan ninhurshag :

Unknown the wild dog that makes the kid bend low.
Unknown the grain-devouring pig.

The widow spread malt on the roof:
birds above do not eat it.
The dove droops not the head.

The sick-eyed says not, "I am sick-eyed."
The sick-headed says not, "I am sick-headed."

Its old woman does not say, "I am an old woman."
The old man does not sav. "I am an old man."


dari deskripsi taman dilmun sumeria,diketahui bahwa taman dilmun memiliki ciri ciri lain yg sama dengan taman eden,tua dan penyakit adalah hal yg asing di dilmun,jg tidak adanya binatang yg saling memangsa


setelah deskripsi tentang dilmun,puisi dilanjutkan dengan keluhan dewi ninsikilla,bahwa di dilmun tidak ada air utk mandi dan bercocok tanam.maka enki ,dengan bantuan dewa utu mendatangkan air dari bumi.

puisi dilanjutkan dengan dewa enki yg berhubungan seksual dengan ninhurshag sehingga lahirlah dewi ninmu,kemudian enki berhubungan dengan dewi ninmu,dari hasil hubungan dengan ninmu lahirlah dewi ninkurra,kemudian enki berhubungan lg dengan ninkurra dan lahirlah dewi uttu

*dewi uttu berarti laba laba dalam bahasa sumeria, adalah dewi menyulam,berbeda dengan dewa utu,dewa matahari dan keadilan,saudari innana yg membantu enki mendatangkan air ke dilmun dikisah ini


ninhurshag sadar bahwa kelak enki pun akan berupaya menghamili uttu,oleh krn itu ia berpesan kepada uttu agar tetap tinggal dirumahnya dan jgn berhubungan dengan enki sampai enki memnuhi syarat membawa timun,apel,dan anggur kerumahnya,dan persyaratan ini dipenuhi enki sehingga enki akhirnya bs berhubungan dengan uttu.

tidak jelas bagaimana nasib timun,apel,dan anggur yg dibawa enki,namun barangkali ini adalah persyaratan dari sihir ninhurshag.dimana setelah enki berejakuasi,muncul 8 tanaman yg berbeda dari spermanya.8 tanaman ini kemudian dimakan oleh enki yg menyebabkan 8 organ tubuhnya mengalami kesakitan.ninhurshag kemudian menyembuhkan satu persatu organ tubuh enki yg mengalami kesakitan,dan dr tiap organ ini lahirlah dewa/dewi baru


Ninhursag fixed Enki in her vulva:

"Brother, what hurts you?"
"My skull hurts me."
"I have caused Abu to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My jaw hurts me."
"I have caused Nintulla to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My tooth hurts me."
"I have caused Ninsutu to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My mouth hurts me."
"I have caused Ninkasi to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My throat hurts me."
"I have caused Nazi to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My arm hurts me."
"I have caused Azimua to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My rib hurts me."
"I have caused Ninti to be born for you."

"Brother, what hurts you?"
"My ag hurts me."
"I have caused Ensag to be born for you."

For the little ones which you have caused to be bom ...,
Let Abu be the king of plants.
Let Nintulla be the lord of Magan.
Let Ninsutu marry Ninazu.
Let Ninkasi be the one who satisfies desire.
Let Nazi marry Nindara.
Let Azimua marry Ningiszida.
Let Ninti be the queen of months.
Let Ensag be the lord of Dilmun.

Oh Father Enki, praise!




* "nin" dalam bahasa sumeria berarti "lady",sementara "ti" berarti "kehidupan" atau "tulang rusuk",menariknya kisah eve dalam agama yahudi/judaisme jg muncul dr tulang rusuk,dan "eve" dalam bahasa ibrani adalah Ḥawwāh, yang berarti "living one" atau "source of life", dan berkorelasi artinya dengan ḥāyâ, "to live".


dalam mitologi enki dan ninhurshag disebutkan 3 : timun,apel,dan anggur

dalam alkitab tidak disebutkan scr spesifik rupa buah terlarang,namun budaya populer menggambarkan buah apel sebagai simbol buah terlarang yg dimakan adam dan hawa

sementara book of enouch menulis rupa buah terlarang adalah : “resembled grapes extremely fine and its fragrance extended to a considerable distance” (1 Enoch 31:4).





intermezzo..

asal usul cerita adam-hawa dari pandangan orientalis :



banjir tahunan terjadi di irak,sekitar sungai tigris..thorkild jacobsen,salah seorang sumeriology,pernah mengunjungi sendiri lokasi tersebut utk menyaksikan banjir dahsyat tahunan tersebut ,"tinggi banjirnya sampai 4 lantai bangunan,saya tidak pernah lupa pemandangan luar biasa tersebut"

*jacobsen..luar org moderen aja terkagum kagum..apalagi org sumeria kuno..


ini adalah citra satelit banjir tahunan sungai tigris terbaru yg terjadi akhir 2018,warna merah adalah rendering utk menunjukkan daerah yg terdampak banjir

setiap tahun salju dari puncak gunung mencair dari pegunungan tinggi iran menuruni kaki bukit dan bermuara ke sungai tigris,proses air mengalir ini bercampur tanah liat kemerahan(yg ini bukan rendering citra satelit yak)sehingga tampak seperti air mani bercampur darah perawan. pemandangan ini membuat penduduk mesopotamia kuno berfantasi bahwa adanya dewa mereka yg bersetubuh diatas sana,yaitu enki-ninhurshag(ninhurshag sendiri berarti lady of foothills) yg menyebabkan peristiwa dahsyat ini.

cerita mengenai enki-ninhurshag sendiri mengingatkan kita akan taman surga eden : tmpt dimana binatang buas memakan tumbuhan,tmpt dimana tidak ada penyakit & kematian,tempat dimana memakan buah mistis,dan tmpt dimana hawa yg diciptakan dari tulang rusuk,tidak ketinggalan,alkitab pun menyebut bahwa dilokasi antara sungai tigris dan euprathes lah taman eden berada.sebuah lokasi yg sama dengan mitologi enki-ninhurshag ini.

krn ada nya evolusi konsep keagamaan dari polytheis menjadi monotheis,maka bangsa yahudi tidak mngkn mengisahkan ulang dewa enki mensetubuhi dewi ninhurshag..no,tidak ada dua tuhan atau lebih,maka bagian cerita dewa bersetubuh dihapus.

begitu juga pada bagian cerita dimana enki menciptakan delapan dewa dewi dari delapan bagian tubuhnya,tidak tidak tidak,tujuh dihapus tersisa satu,hny tersisa bagian cerita "ninti/hawa=harafiah wanita dari tulang rusuk" yg diciptakan dari tulang rusuk tuhan(enki).

sementara elemen cerita ciri ciri dilmun(nama taman eden menurut sumeria) sebagai taman surga dan ciri cirinya tetap dipertahankan dalam tradisi yahudi krn tidak berbenturan dengan konsep monotheis


apabila ts masih ragu antara kaitan banjir ini dengan mitologi taman surga(sumeria menyebutnya dilmun,samawi menyebutnya eden),kita bisa melihat mitologi sumeria lainnya dengan setting lokasi yg sama, yaitu kisah innana yg diperkosa di taman surga :

Pada mitologi innana dan sukalletuda,diceritakan bahwa sukalletuda anak dari dewa igisigsig,ditugaskan sebagi tukang kebun dilmun(taman eden versi mesopotamia),suatu hari angin kencang berdebu mengenai matanya,menggosok matanya, sukalletuda kemudian melihat sesuatu yg tidak bisa ia lihat sebelumnya,yaitu dewi innana yg sedang tidur dibawah pohon..tergoda,maka sukalletuda melucuti pakaian innana dan memperkosanya.innana yg marah kemudian mengamuk mencari sukalletuda membuat banjir didunia manusia

“memakan buah(terlarang) dari pohon(kehidupan)” dalam budaya sastra timur tengah kuno adalah metafora/kiasan atas prilaku berhubungan seksual,dalam kisah alkitab,penulis membuatnya benar benar memakan buah terlarang,tapi dalam mitologi sumeria,yg dimaksud benar benar berhubungan seksual/intercourse.

dewa lain kemudian menegahi konflik ini dengan menghukum sukalletuda dengan mengusirnya dari taman dilmun.Atas peristiwa ini("memakan buah terlarang"/berhubungan seksual),berujung pada terusirnya ukalletuda dari dilmun,dan tidak lagi kebal akan kematian,seperti adam-hawa yg terusir dari taman eden krn "memakan buah terlarang"

elemen elemen lengkap lainnya cerita adam-hawa-taman eden(versi alkitab) bisa dilihat disini











Diubah oleh beritapalestina
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di