ridilridilanAvatar border
TS
ridilridilan
Diary Seorang Mahasiswa Putus Kuliah Yang Mendadak Terjun Ke Dunia Go-Jek
Selamat sore agan-agan, ane mau berbagi pengalaman ane selama masuk Go-Jek di sini. Siapa tahu, ada cerita ane yang mengandung informasi yang sedang agan-agan butuhkan. Atau sekedar penyemangat bagi para driver di luar sana bahwa kita ini senasib dan gak perlu sedih sendirian.

Terlepas dari semua itu, ane mau mengabadikan sejarah penting ini. Umur ane dua satu, di umur segini harusnya ane pusing mikirin tugas-tugas kuliah, eh nyatanya Tuhan membimbing ane ke masa muda yang lebih berbobot.
Spoiler for Klarifikasi:

Spoiler for Pesan buat kantor Go-Jek:


Spoiler for Buat Para Driver:


Bukan bermaksud menyebut merk, tapi mau gimana lagi? Setiap perusahaan ojek online punya adat istiadat yang beda-beda, terpaksa ane buka kartu biar agan-agan gak lieur dalam mencerna.

So, silakan dinikmati.


Diary Mahasiswa Putus Kuliah yang Mendadak Terjun ke Dunia Go-Jek

PART 1: UBER DULU, BARU GO-JEK
PART 2: DEPOK-KALIDERES 70 RIBUAN
PART 3: TENTANG BIANG KEROK
PART 4: TAKUT GELAP
PART 5: PINDAH HALUAN
PART 6: HARI PERTAMA JADI GO-JEK
PART 7: SETUT
PART 8: DEMI KOPI, SAGALEH, DAN GO-RESTO
PART 9: BURU-BURU BERANGKAT KERJA
PART 10: SIAPA SURUH JUTEK
PART 11: GARA-GARA AUTOBID
PART 12: GO-FOOD GUNUNG SINDUR
PART 13: MALAM TAHUN BARU
PART 14: RASUNA SAID
PART 15: EVALUASI DARI BANG BAYU
MINI PART: GACOR
PART 16: UBER, APA KABAR?
PART 17: NGOPI BARENG BANG TITAH BAYU
PART 18: NGEGO-JEK DI LUAR JABODETABEK
PART 19: FAKE GPS DI KALANGAN DRIVER GO-JEK
PART 20: MISTERI BIG DATA
PART 21: GANTUNG JAKET
Diubah oleh ridilridilan 24-04-2019 11:27
aspasha05
anasabila
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
121K
340
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Tampilkan semua post
ridilridilanAvatar border
TS
ridilridilan
#16
PART 5: PINDAH HALUAN

Bulan kedua ane di Ubermotor, ane bener-bener ngerasain asam garam dunia perojolan.

Ane pernah nganter dari Cibubur ke Pangkalan Jati tarifnya NOL RUPIAH.

"Waduh, Bang, itu beneran tarifnya nol?"

"Iya, Bu. Nol."

"Berarti saya naik barusan gratis, ya? Abangnya rugi dong ya?"

"Ah, ya enggak rugi juga lah, Bu. Kan saldo saya bertambah. Biaya perjalanan ibu dibayarin sama pihak kantor."

Ya, walaupun saldo di aplikasi ane nambah, tapi duit itu kan turunnya hari Kamis. Sementara dompet ane ga ada isinya. Bingung mau ngisi bensin pake apaan.

Dari sekian banyak yang tarifnya nol rupiah, ada yang ngasih tip ada juga yang melengos tanpa pikir panjang. Eeeh, Mas! Mbak! Bu! Pak! Saya emang dilarang sama pihak kantor untuk meminta biaya lebih dari yang tertera di aplikasi. Tapi seenggaknya kalian punya dengkul lah buat mikir: kencing aja bayar, masa iya ojek gratis.

Pernah juga ane nganter dari Stasiun Depok Baru ke Mampang Depok. Emang deket, tapi tarifnya cuma 2500 perak. Dan penumpang ane bener-bener ngasih dua ribu lima ratus lengkap dengan duit logamnya tanpa ngasih tip. Tega!

Sebagai seorang driver yang taat aturan, ane cuma bisa gerutu dalam hati sambil senyum dan bilang, "Makasih, Mas. Jangan lupa bintang lima!"

Di dua bulan itu, ane cuma ngasih duit sekitar tiga atau empat ratus ribu ke bokap ane buat cicilan motor. Itu artinya, bokap ane kudu nambahin. Fyi, cicilan motor ane itu 800rb selama tiga tahun. Dua bulan pertama aja udah empot-empotan, kudu pasang koyo kalo besoknya mau nyari selembar (cuma selembar) duit merah. Apalagi kalo harus tiga tahun begini.

Bokap ane udah nyaranin, "Kamu pindah aja ke Grab. Kalo enggak ke Go-jek."

"Enggak ah, Pak. Mereka nunggu orderannya lama. Lebih enak Ubermotor, orderannya ngalir terus."

"Ngalir sih ngalir, tapi kok duitnya ga ada? Buat cicilan motor aja kudu Bapak yang tombokin."

Aduh, bener juga ya.

Ane pikir lagi, walaupun orderannya banyak, tapi tarif di Ubermotor kecil banget. Tarif minimalnya 4500, tambahan tarif perkilonya cuma 1200an. Sedangkan Go-jek tarif minimalnya ceban, tarif tambahan perkilonya seribu enam ratus dan bisa sampe dua ribu rupiah per kilo. Gilak, beda jauh.

Emang, kalo di Ubermotor kita bisa dapet lebih kalo penumpang gak becus ngasih arah jalan sehingga bikin kita nyasar. Tapi sang driver harus nyasar satu kilometer dulu cuma supaya dapet tambahan harga seribu dua ratus perak.

Emang, ada yang namanya perkalian tarif di jam sibuk. Harga wajar bisa dikali sampe perkalian 2,0 saat sedang jam sibuk. Yang harga wajarnya lima ribu perak, bisa jadi sepuluh ribu kalo dikali 2,0. Tapi kan tarif minimal Ubermotor itu empat ribu lima ratus. Kalaupun dikali dua, cuma jadi sembilan ribu. Padahal tarif minimal Go-Jek itu sepuluh ribu! Tekor, kan?

Untuk pihak Ubermotor, ane bukan bermaksud menjelek-jelekan tarif kalian. Tapi emang udah jelek. Harusnya kalian nyadar, ongkos itu bukan cuma berdasarkan bensin. Tapi juga berdasarkan perawatan kendaraan, biaya makan driver, biaya pulsa driver, kuota, cicilan motor, sampe biaya parkir dan ngencing di wc umum pun harusnya diperhitungkan.

Agak miris sebenernya kalo ngeliat driver Go-jek atau driver Grabbike pada demo soal tarif. Tarif Go-Jek sama Grabbike tuh udah keren, masih cukup buat foya-foya. Bonus trip mereka, sehari bisa dua ratus ribu dan dua ratus ribu itu baru bonus doang! Belum lagi penghasilan bersihnya! Harusnya yang demo itu driver Ubermotor karena murahnya keterlaluan.

Dikarenakan (entah ini ada korelasinya atau enggak) pas masih kuliah ane pernah masuk HMI, ane jadi kepikiran buat ngajak driver-driver supaya pada demo. Pas ane omongin ke para driver, rata-rata mereka bilang, "Gak usahlah demo-demo. Bos besar Ubermotor gak di Indonesia, tapi di Amerika. Dia gak bakal denger kita tereak-tereak."

Ada juga yang bilang, "Kantor Uber mah gak peduli kita demo. Mau berdarah-darah sekalipun gak bakal diambil pusing. Pikiran mereka tuh begini: Mereka bikin tarif sekian, kalo gak suka ya jangan jadi driver Uber."

Bener juga.

Di sebuah tengah malam yang dingin, ane langsung bertekat buat pindah haluan. Dimulai dari daftar lewat website resmi Go-Jek, kemudian ada konfirmasi lewat sms dua minggu kemudian. Lalu ane dateng ke kantor Go-jek, ngasih lihat segala persyaratan, dan jadilah ane driver Go-Jek.

Kelihatannya simpel banget ya masuk Go-Jek? Itu mah ane persingkat aja. Sebenernya prosesnya luaama. Seluruh Indonesia pun tahu, dalam sehari ada ribuan orang yang mau jadi driver Go-jek dan ane cuma salah satu dari ribuan itu tadi. Sebulan lebih cuma buat proses pendaftaran dan pengaktifan akun, sebulan berikutnya untuk narik sambil nunggu jaket ijo turun dari tumpukan gudang, dan masih harus nunggu sms buat ikut tes safety riding.

Buat sistematika pendaftaran, agan-agan gak usah tanya ke ane, mending googling aja. Ribet soalnya, banyak yang kudu dijelasin.
Diubah oleh ridilridilan 19-12-2017 19:38
2