alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Android General Information and Troubleshooting
4.91 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/583f0e7ad89b09c51e8b456b/android-general-information-and-troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting


Prologue

Kaskus android lounge yang awalnya dibuat untuk ngobrol2 chit-chat ringan menjadi rumah yang begitu menegangkan dan menyeramkan bagi pendatang dari subforum lain; di mana lounge biasanya adalah tempat ngobrol2 dengan santai. Setelah berdiskusi dengan mod, enthu dan agan; maka sepakat untuk dibuat trit baru. Karena itulah trit ini dibuat untuk pemisahan pembahasan informasi, masalah dan solusi seputar android. Dengan begitu, di kaskus android lounge part 2 nantinya, murni akan digunakan sebagai tempat ngobrol2 santai. Sementara di trit ini, barulah boleh bahas lebih teknis, detil dan segala macam yang tegang2.

Cek Salah Kamar

Sebelum mulai post, cek dulu apakah agan ada salah kamar :
Agan ingin membahas android secara generik, troubleshooting, mencari solusi generik? >>> dimari lah tempatnya, silahkan baca pejwan dan post detail masalah agan ataupun tanyakan informasi yang ingin agan dapatkan

Agan ingin beli HH android baru, komparasi antara 1 HH dengan HH lain? >>> Cari trit komparasi di Subforum android bagian sticky
Agan perlu rekomendasi app/game ataupun request? >>> Trit Games dan Aplikasi di Subforum android bagian sticky
Ada postingan yang nyangkut atau bermasalah? >>> Trit Rules dan laporan hidden post
Perlu informasi Stock ROM, custom ROM, root, modif spesifik? >>> Tanyakan di official/waiting lounge dari HH yang bersangkutan. (pake fitur search)
Ingin curhat, ditinggal pacar, ingin melupakan mantan? >>> Salah kamaremoticon-Salah Kamar , harusnya di subforum Heart to Heart.


Daftar Isi Pejwan
01. Android_____1
___ a. Prologue_____1
___ b. Cek Salah kamar_____1
___ c. Daftar Isi (ini)_____1
02. Reserved for hansip_____2
03. Kumpulan Dokumentasi_____3
04. Android Troubleshooting Process_____6
profile-picture
mustofan memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:

Marshmallow 6.0 kah? Ane pernah baca beberapa kali kalau A5 series yang MM 6.0 cenderung bermasalah di restart2 sendiri. Teman ane pun ane sarankan jangan update ke MM 6.0 meskipun da dapat. Bahkan SC pun ga ngerti apa yang terjadi. Random di beberapa orang, ga semuanya kena.

Coba cek dulu pas restart tu HH nya panas gak? Wifi atau mobile data on? GPS, bluetooth, dan lain2? Perlu tau dulu gejala spesifiknya, yang mungkin agak susah ditelusuri sih karena intermitten (munculnya random dan tidak beraturan). Kalau agan bisa menemukan polanya sebelum restart sendiri tu, akan lebih mudah ngeceknya.
Quote:

1 & 2. Tu shutdown tiba2 dan hang nya terjadi setelah agan ganti ROM? Kalau iya, kemungkinan ga bersih, terutama di boot.img nya (yang berisi kernel). Pureshot ane kemarin ngebug auto restart karena partisi modemnya ngebug dengan izat. Update OTA langsung sembuh, memang salah dari vendor. Jadi belum tentu juga karena emmc (meskipun bisa jadi salah satu kemungkinan juga). Bagusan agan balikin ke posisi sebelumnya deh, yang cuma error di astro doank.

3. Blank screen dan tiba2 booting lagi, kayaknya kena sleep of death. HH ngehang tapi pas layar off. Jadinya sama, ga bisa diapa2in. Penyebabnya juga mungkin sama seperti di atas, karena ROM nya ga cocok dengan boot.img.

Untuk MTBF emmc HH entry level - mid-low memang sekitar 2-3 tahun aja. Mo harga murah, pasti ada aja yang disunat. Agan masih ingat gak, 5 tahun lalu mo dapat HH dengan ROM 4 GB, perlu keluar duit berapa? Ane masih ingat, juni 2012, ane beli SF andro, android pertama ane dengan ROM 512 MB dan RAM juga 512 MB, harganya 1,5 juta. Dengan hitung inflasi, 1,5 juta waktu tu mungkin uda hampir bernilai 2 juta sekarang. Coba tebak berapa GB ROM yang agan bisa dapatkan dengan harga 2 juta? Tries cuma 1,9 juta, uda dapat ROM 32 GB dan RAM 3 GB.

Peningkatan yang sangat drastis, tapi mempertahankan harga yang sama. Memang benar, teknologi berkembang, metode produksi semakin efisien dengan density yang makin rapat. Dari semua komponen, hampir semuanya masih memiliki ukuran fisik yang ga jauh beda. CPU dan GPU (atau lebih tepatnya SoC) mungkin makin banyak core, tapi teknologi fabs nya makin menyusut (tahun ini uda bisa ketemu 10 nm), jadi die size total ga beda jauh. Komponen lain, termasuk, sensor, sim tray, ukuran kamera, layar, batere dan sebagainya ga beda jauh kan?

Nah, tinggal yang ROM size atau emmc nya tu. Ukurannya mungkin tambah besar juga, tapi peningkatan dari misalnya 1 GB jadi 32 GB, tidak serta membuat ukurannya jadi 32 kali lebih besar kan? Artinya ukurannya masih kurang lebih sama, tapi kerapatannya makin tinggi. Makin rapat nand flash nya, error rate pasti akan makin tinggi. Kecuali teknologi controller ataupun peletakan ic nya yang dipake juga sanggup mengatasinya. Dan tentunya teknologi lebih tinggi, artinya lebih mahal kan. Hanya HH flagship yang sanggup pake. Kalau yang low-end pastinya nyari yang kapasitas gede, tapi ga terlalu peduli dengan error rate nya. Karena itu, MTBF nya pasti uda nomor 12 deh.

Hipotesa ngawur ane
Ane berhipotesa kejadian serupa yang terjadi ketika era PC mulai turun dari level hanya horang kayah yang bisa beli; masuk ke level konsumer di mana semua orang bisa beli PC. Harddisk tu mungkin sebenarnya bisa tahan lebih, bisa running 24 jam 7 hari non stop. Tapi harganya sangat mahal. Jadi supaya bisa masuk di kantong kebanyakan konsumen, mereka cari cara supaya bisa menghemat cost produksi. Ditemukanlah fakta bahwa kebanyakan orang tidak membuka PC lebih dari 8 jam perhari (misalnya jam kantor). Jadi mereka kurangin komponen yang tidak begitu penting, sehingga harddisk nya tidak sanggup running 24/7 tanpa error; tapi masih sanggup jalan 10 jam perhari (dengan restart di setiap hari nya). MTBF nya turun. Jatuhnya harga harddisk nya lebih murah, lebih terjangkau semua orang dan pas dengan kebutuhannya. Komponen2 lain juga mungkin disunat dengan konsep serupa.

Tapi kalau misalnya ane pake harddisk yang sama, dipake 24/7 bisa gak? Bisa, tapi umurnya akan jadi lebih pendek, karena MTBF lebih cepat tercapai. Terus kalau mo nyari harddisk yang benar2 bisa jalan 24/7 masih ada gak? Masih ada, agan harus balik beli harddisk awal yang memang dirancang 24/7; yang sekarang dikenal dengan entreprise grade. Perbedaan harganya bagai bumi dan langit. Agan cari aja HDD WD/seagate 500 GB sekarang berapa harganya. Kemudian cari juga HDD yang entreprise grade, yang tipe SAS dari misalnya HP/IBM; cek yang 450 GB berapa harganya. Bakalan terkejut perbedaannya. Tu bedanya consumer grade vs entreprise grade. Hehehe, ngelantur ampe ke PC emoticon-Big Grin

Balik lagi ke android.
Hipotesa yang serupa mungkin terjadi di android. Pas waktu android baru mulai booming, mereka masih memperhatikan soal MTBF ini. (SF andro ane masih hidup lo ampe sekarang, meskipun memang jarang dihidupkan sih.) Makanya harga jual rata2 HH waktu tu masih tergolong sangat mahal dibanding sekarang. 3-4 juta baru bisa dapat ROM 1-2 GB loh. Kalau ikut jalur seperti itu, mungkin ampe sekarang 3-4 juta baru bisa dapat 16 GB. Tapi kenyataan enggak kan. Ternyata hanya 1 juta lebih uda dapat 16 GB. Kok bisa dapat? Ya itu MTBF nya disunat, tidak keliatan di atas kertas. Hanya keliatan setelah dipake 1-2 tahun. Toh vendor beranggapan setelah 2 tahun, user nya juga akan upgrade HH lagi, jadi MTBF pendek gapapa. Makanya HH flagship terkesan sangat mahal, padahal mereka pake ROM yang ga beda jauh, mungkin 32 atau 64 GB. Tapi 32 GB nya di flagship tahan jauh lebih lama dibanding yang di mid class.

Lalu mengenai SK Hynix yang termasuk pabrik semikonduktor terbesar nomor 2 di korsel. Tapi kok banyak emmc yang rusak tu dari merk tu. Tapi ternyata ga semua emmc SK Hynix cepat rusak juga, ada banyak HH samsul yang juga pake tu kok. Mungkin karena ada perbedaan gradenya juga. Mungkin di emmc juga ada semacam speed binning, tapi di level uji MTBF nya.

Misalnya (hanya contoh ya) produksi massal eMMC 16 GB, ada 70% yang lolos tes MTBF 5 tahun (dikasih label A-grade), 20% 2-3 tahun (B-grade), 5% cuma 1-2 tahun (C-grade), sisanya cacat; termasuk yang 16 GB ga sempurna cuma terbaca misalnya 7 GB, tes read/write speed lambat, sering corrupt ataupun bad sector sejenisnya. Harganya pasti beda2. HH flagship pastinya uda pake A-grade, yang kasta mid pake B-grade. Tapi kalau ada vendor yang mo tekan cost, meskipun HH mid, bisa aja pake C-grade doank. Nah, ini yang sudah dideteksi sih. Sama2 16 GB soalnya, harus dipake ampe 1 tahun lebih baru ketahuan gimana bedanya. Kalau HH 650 ribu, hehehehe, agan tau deh pake yang mana, pasti C-grade. Kalau yang cacat tu biasanya direcycle. Tapi bisa jadi ada "dibuang" ke pasar abu2. Nah itu lah yang diambil oleh HH KWan, makanya sering kali HH seperti tu cepat banget rusaknya. Ya iyalah, wong pake komponen yang reject, ga lewat QC & QA.

BTW, semua di atas tu cuma hipotesa ane ja ya, dengan contoh2 sekenanya. Kalau ada yang kerja di pabrik semikonduktor, tolong bantu ralat ya. emoticon-Malu (S) Cuma sekedar menyajikan hipotesa kenapa MTBF HH belakangan ini makin lama makin pendek. Jadi jangan ngeluh kalau beli HH 1-2 juta, terus pake 2 tahun uda mulai error emoticon-Ngacir Dan juga menjelaskan kenapa HH flagship tu bisa mahal banget padahal kapasitas ROM nya ga beda jauh. Tu lah salah satu komponen mahal yang dibayar oleh flagship user, Superior grade nya di eMMC.

Kalau mo nyalahin vendor nya sunat MTBF? Tunggu dulu. Coba tanyakan ke diri sendiri, mo ga beli HH sekarang (Maret 2017) yang harganya 4 juta, dengan ROM hanya 16 GB (jaminan kualitas eMMC A-grade, bisa tahan 5 tahun). Dengan gampangnya, kita meruju ke tries tuh cuma ga ampe 2 juta uda dapat 32 GB lo. Dikasih mahal dikit aja, kita uda selingkuh ke sebelah. Jadi memang ini lingkaran setan sendiri sih. Kita minta murah, ya vendor cocok2kan kualitasnya sesuai permintaan pasar yang lebih banyak. Untuk kita sendiri, memang juga jatuhnya lebih worth beli yang 2 juta ja. Entar 2 tahun lagi, rusak pun, agan keluar 2 juta lagi mungkin uda dapat yang 64 GB, yang juga bilang lah bisa pake 2 tahun juga. Total 4 juta untuk 4 tahun hampir sama dengan 4 juta untuk 5 tahun. Bedanya agan bisa icip 2 HH, dan ga ketinggalan banget (ampe 5 tahun)

NB: Ane ga nyebut kualitas eMMC di tries jelek ya; tapi yang pastinya kita tahu sendiri, pasti ga mungkin pake yang kualitas tertinggi (A-grade).
Diubah oleh Desmanto
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di