CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Domestik /
Surga Bagi Penyelam Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/584827f65074104b118b4568/surga-bagi-penyelam-dunia

Surga Bagi Penyelam Dunia

Sebagai fotografer bawah laut, satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan kepada saya adalah: “Dimana lokasi menyelam paling bagus di Indonesia?” . Jawaban saya pun selalu sama: “Tergantung apa yang mau dicari.” Indonesia begitu luas, begitu lengkap kekayaan dalam lautnya. Kali ini saya coba membagikan sebagian kecil dari tujuan wisata selam menarik di Indonesia.

Alor

Terumbu karang yang berwarna-warni, ikan-ikan indah berseliweran, dan air yang jernih adalah salah satu yang paling dicari penyelam. Alor menawarkan semua itu bersama beberapa tujuan wisata lainnya yang sudah dikenal lebih dahulu seperti Raja Ampat dan Komodo. Titik-titik penyelaman yang berdekatan juga menjadi kekuatan Alor.

Raja Ampat

Binatang unik-endemik suatu lokasi juga merupakan faktor penentu tujuan wisata. Kalabia (Hemiscylliium freycineti) adalah satu jenis hiu unik yang dicari-cari para penyelam. Perairan Raja Ampat dikenal sebagai tempat tinggal hiu “berjalan” ini. Masih ada wobbegong, julukan hiu mirip karpet, yang juga menjadi binatang endemik di sana. Raja Ampat memang banyak menyimpan binatang-binatang unik dalam lautnya.

Togean

Ubur-ubur yang tidak menyengat. Binatang transparant yang biasanya beracun, bahkan mematikan ini mengalami evolusi akibat danau tempat mereka tinggal cukup terisolasi dari perairan lepas. Awalnya dunia hanya mengenal 2 danau yang memiliki stingless jellyfish yaitu Kakaban di kepulauan Derawan dan satu lagi di Palau. Namun saat ini setidaknya sudah mulai dikenal juga ada di Togean dan beberapa danau di Misool-Papua.

Talisayan

Berenang bersama hiu paus. Tahun 2010 komunitas selam di Indonesia ramai membicarakan tujuan penyelaman baru saat itu di Nabire-Papua. Di sana kita bisa berenang bersama jenis hiu terbesar ini. Pengalaman di bulan Juni 2010 tidak akan pernah saya lupakan. Pagi itu saya bertemu 7 ekor whaleshark. Bahkan saya bisa memotret 4 ekor hiu besar ini dalam 1 frame foto. Hal ini belum pernah ada di manapun di dunia dan Indonesia memilikinya. Akhir tahun 2015 saya punya kesempatan mengunjungi Talisayan-Berau yang juga menawarkan pengalaman yang serupa: tatap muka dengan hiu paus.

Banda Neira

Eksotis, julukan itu sangat cocok dengan Indonesia, termasuk keindahan dalam lautnya. Mandarinfish (Synchiropus splendisus) adalah salah satu ikan eksotis yang dicari penyelam. Banyak lokasi lain di Indonesia yang memiliki ikan berwarna mencolok ini, Banda Neira salah satunya. Di jetty Nutmeg Resort, tempat saya menginap, setiap sore saya temui dan potret mereka. Tidak lebih 10 langkah dari meja saya menikmati teh sore dan tidak lebih dari 2 meter kedalaman saya menyelam, sangat mudah.

Manado

Kuda laut kerdil/Pygmy seahorse (Hyppocampus bargibanti) adalah satu dari ribuan spesies binatang renik yang diincar fotografer bawah laut. Penyelam-terutama fotografer bawah laut- tidak selalu hanya mencari pemandangan yang indah. Menyelam di tempat keruh (muck dive)pun menawarkan pengalaman tersendiri. Walaupun selalu saja ada binatang renik menarik di berbagai lokasi penyelaman di seluruh Indonesia. Namun Manado, Lembeh, dan Seraya-Bali adalah beberapa lokasi paling menarik untuk muck dive.

Bali

Bali adalah salah satu destinasi wisata selam yang paling ramai dikunjungi orang. Kemudahan akses dan keanekaragaman keunikan dalam lautnya membuat Bali begitu menarik. Salah satu lokasi penyelaman unik di Bali adalah candi bawah laut di Pemuteran. Ide dan kerja dari beberapa penyelam di sana untuk membuat “tempat tinggal” bagi biota laut di sana sambil menawarkan karya seni dalam laut ini ternyata memberikan hasil yang baik. Tampak terumbu karang tumbuh sehat di antar patung dan gapura yang dibangun di sana. Beberapa lokasi lain di Indonesia juga menawarkan pengalaman serupa, Makassar dan Gorontalo misalnya.

Aceh

Pernah menyelam di (ujung) empat penjuru mata angin di Indonesia tentu bisa menjadi pengalaman yang berharga. Profesi saya telah membawa saya menyelam di Kepulauan Sangihe-Kabupaten ter-utara, di Rote - pulau paling selatan, pulau Weh - paling barat, dan di sisi paling timur di Biak-Papua. Dari ke-empat lokasi itu, pulau Weh di Aceh merupakan lokasi yang paling berkembang industri selamnya. Dengan terumbu karang yang hidup cukup sehat di sana, Aceh jelas layak menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi.

Boalemo

Salvador dali sponge (Petrosia lignosa) adalah salah satu jenis terumbu karang cantik yang ingin dilihat oleh banyak penyelam. Sponge coral yang mengingatkan pada ciri khas karya-karya Salvador Dali ini mulai nge-trend bagi penyelam ketika diperkenalkan Miguel’s Diving di Gorontalo. Belakangan, Kabupaten Boalemo juga mempromosikan coral yang mudah ditemukan hanya di Teluk Tomini ini sebagai salah satu objek unggulannya.

Buton

Goa adalah salah satu objek yang digemari penyelam. Sensasi berada di dalam ruangan terbatas di dalam air mamicu adrenalin. Jenis penyelaman dalam goa memerlukan pelatihan khusus namun di Indonesia memiliki beberapa goa yang relatif sangat mudah diselami. Kabupaten Buton yang bertetangga dengan Kabupaten Wakatobi yang sudah lebih dulu terkenal sebagai tujuan wisata selam kelas dunia ini memiliki goa bawah laut yang menarik.

Biak

Wreck, baik itu kapal, pesawat, ataupun kendaraan lain yang karam di dalam laut adalah objek yang menarik untuk dilihat penyelam. Apalagi jika wreck itu memiliki cerita bersejarah menarik. Indonesia memiliki banyak wreck bersejarah di perairannya. Beberapa diantaranya USAT Liberty di Tulamben-Bali, Sophie Rickmers di Pulau Weh, berbagai wreck di Morotai, B24 Bomber di Togean, dan PBY Catalina di Biak yang ada di foto ini. Selain seaplane wreck Biak juga memiliki wreck kapal kargo berukuran besar di dekat pulau Rasi. Wajib dilihat.

Lembata

Objek wisata di darat juga menjadi salah satu fakto penentu bagi penyelam dalam memilih tujuan perjalanannya. Siapa tidak tahu Komodo yang sudah sangat terkenal. Tentunya faktor ini sangat mendukung banyak penyelam untuk sambil menyelam minum kopi bersama Komodo. Lembata, salah satu kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur juga menawarkan pengalaman langka di bumi ini: sambil menyelam melihat gunung api yang mengeluarkan larva pijarnya setiap beberapa menit. Batu Tara atau Pulau Kumba pasti akan menjadi cerita menarik dalam hidup mereka yang pernah mengunjunginya. Alam bawah lautnya juga menyajikan keindahan tersendiri.

Jangan lupa subscribe Youtube Channel kita yaaaa
Juga Instagram kami2 (tinggal klik aja) : WetTraveler , Gemala , dan Pinneng

emoticon-Shakehand2
profile-picture
azidqi memberi reputasi


Quote:

Segera ajah Gan 😜
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di