KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 4 /
Komunitas Owners Captiva @ Kaskus - [KOC@K]
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53245999118b46e6648b45f3/komunitas-owners-captiva--kaskus---kock

KOC@K









Selamat datang di trit baru tentang Chevrolet Captiva AKA si Badak, panggilan sayang Koc@kers ke mobil ini emoticon-Big Grin

Trit ini adalah lanjutan dari trit lama DISINI, hanya memakai nama trit baru saja emoticon-Big Grin

Silahkan ngobrolin apa aja tentang Chevrolet Captiva disini, dari versi bensin, diesel, all-wheel drive, front wheel drive, non facelift, facelift dll dll emoticon-Big Grin

Have fun and welcome to the badak zone, enjoy your stay here emoticon-Angkat Beer


==========================================================================================

Quote:






===========================================================================================

Apa beda varian captiva nfl / non facelift / pre 2011 dengan varian fl / facelift / post 2011 ?

Quote:




Quote:


Quote:



Apakah badak perlu pake turbo timer ?

Spoiler for jawaban turbo timer:


=================================================================================

Tabel service, thanks to @ Coeternity emoticon-Angkat Beer :





===================================================================================

Info recall Captiva VIN 2011 dari ketum 3C :

Pls note, VIN 2011 Indo (bisa) mencakup mobil yg dibeli 2011 & 2012 (it's a long story)

VIN Code bisa diliat di err.... lupa STNK ato BPKB ato both emoticon-Hammer

Quote:


=====================

Detail Racun Badak dari om Semutmerah bisa diliat di post #13 dibawah, disini udah mentok, ga bisa dipost lagi emoticon-Nohope



List Racun Badak dari grup KOC@K, made by om Fertian Eka :

Quote:


===========================================================================

Spoiler for kopdar pertamaxxx merangkap GB Spion retractable kalo ga salah inget:



===========================================================================

Spoiler for kopdar keduaxxx merangkap mini touring ke sate maranggi:


=============================================================================

Bengkel Non Resmi (via kangjangkrix )

Spoiler for Bengkel:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpionz dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Kevin Smith
Quote:


Pd prinsipnya merawat turbo diesel di Indo lebih mahal dan ribet dibanding mesin bensin disamping merawat Captiva pun juga sudah cukup mahal kalau sudah lewat masa garansi. Utk Captiva model 2011 facelift sd thn 2013 pernah ada recall utk beberapa masalah penting spt bisa dibaca di page one. Utk Captiva 2014 ke atas yg tipe mesinnya sama dg 2016 dg torsi 400 Nm sudah ganti seri transmisi matik dan torsi mesinnya sudah berbeda, ikuti jadwal perawatan di sini Baca juga artikel penting terkait perawatan Captiva diesel di sini

Menurut saya utk perawatan standar utk Captiva diesel itu minimal wajib isi Pertadex (Euro4) atau terbaik Shell V-Power Diesel (Euro5) di SPBU terpercaya yg juga ramai pembelinya agar masih dapat yg kualitasnya masih bagus dan belum kadaluarsa atau basi. Juga rutin kuras tangki solarnya dan juga rutin perawatan flushing / bilas mesinnya setiap setelah 4 kali ganti oli mesin, selalu menggunakan oli mesin 5w-30 spesifikasi CI-4 atau CJ-4 dan nilai TBN (Total Base Number) minimal 10 ke atas (cth: merk olinya Q8 FT 8700 FE 5W-30 atau Mobil Delvac 1™ LE 5W-30 atau Mobil Delvac 1™ ESP 5W-30 atau Amsoil Max Duty Diesel Signature 5W-30 atau Pertamina Fastron Gold 5w-40 ) ganti setiap maskimal 6000 sd 7000 km atau 6 sd 8 bulan sekali mana yg duluan tercapai spt yg disarankan di page ini atau kalo pakai Dexos 2 musti lebih cepat ganti oli mesinnya tiap maximal tiap 5000km atau 6 sd 8 bulan sekali mana yg duluan tercapai. Daftar merk oli 5w-30 dexos2 https://www.gmdexos.com/brands/dexos2/index.html, sedangkan utk captiva bensin cukup oli mesin 5w-30 yg dexos1 https://www.gmdexos.com/brands/dexos1/index.html diganti tiap 7500km atau 6 sd 8 bulan sekali mana yg duluan tercapai dan wajib isi bensin minimal ron 91 yg di pasaran jenis spt Pertamax, Shell Super yg ron 92. Utk toko oli di marketplace yg kredibel klik di sini

Langkah2 cara cek kondisi mesin Captiva diesel, Spin diesel utk yg mau beli bekasnya:
- Panaskan mesin sampai suhu mesin optimal panasnya di garis setengah kurang sedikit pada indikator temperatur mesin
- Cabut kawat dipstik oli pengukur ketinggian oli mesin di blok mesin
- Jika setelah dicabut hanya keluar asap saja berarti masalah ringan krn ring pistonnya kotor.
- Jika setelah dicabut keluar asap dan percikan oli maka kemungkinan terburuknya ada masalah berat di mesin krn linear /' boring sudah ada lekungan (siapkan dana perbaikan di atas 25jt)

Lebih detail cara cek kondisi mobil sebelum beli bekasnya tonton video di bawah


Kuras oli matik tiap 30rb km dg oli matik sertifikasi Dexron VI (khusus Captiva facelift C140) thn 2011 sd sekarang dafter merk olinya cek di sini, untuk yg sebelum facelift (C100) thn 2007-2010 dan sebelumnya oli matiknya pakai sertifikasi JWS 3309 (contoh merk olinya Shell Spirax S5 ATF X atau Mobil ATF 3309 atau Q8 Unitrans JK ) .Utk kasus kerusakannya baca artikel di sini.
Sedangkan utk Captiva transmisi manual pakai oli BOT 303 dg spek SAE 70W, API GL-4, atau alternatifnya 75W API GL-4, menurut web resmi diganti tiap 24 bulan / 30rb km. Berikut pengalaman yg sudah ganti dg oli manual GL-4 di sini atau bisa pakai oli resmi transmisi manual GL-4 dr Wuling tipe MTF 75W/90 kemasan biru (liat fotonya di sini) yg bisa dibeli di toko parts atau bengkel resmi Wuling di sini krn bengkel resmi Chevy rata2 hanya sediakan oli GL-5 spt merk Q8 T55

Baca tips perawatan spin diesel di sini bisa diaplikasikan ke Captiva juga, utk daftar bengkel dan toko parts baca di sini
Utk cara pemakaian dan perawatan transmisi dan AC dan yg lain yg biaya besar kalo rusak bisa baca tips2 yg ada di sini, kalo utk suspensi spy awet tiap lewat jalan jelek,berlubang dan polisi tidur jalanlah sepelan mungkin.

Utk spek Injection Pressure mesin diesel Captiva dihubungkan dg spek solar di Indonesia bisa baca di sini

Kelebihan Captiva diesel:
Lebih irit bbm utk kondisi urban (diesel sekitar 1:11 dan bensin sekitar 1:8, sumber datanya dr situs di Eropa kondisi mobil masih baru)
Tenaga torsi jauh lebih powerful bikin akselerasi dr kondisi diam tarikanny lebih enteng dan cepat.
Resale value lebih bagus dan lebih cepat terjual lagi

Kelebihan Captiva bensin:
Perawatan lebih mudah dan murah dr segi jumlah oli mesin (lebih irit 2 liter) dan harga oli mesin perliternya (lebih murah 5w-30 Dexos1 utk bensin dibanding 5w-30 Dexos2 utk diesel) beserta filter2nya
Suara mesin lebih senyap

Kesimpulannya asalkan minimal mau wajib isi Pertadex (Euro4) atau terbaik Shell V-Power Diesel (Euro5) dan bersedia bayar lebih mahal utk servis berkala tiap 5000an km dan dipakai sehari2 ambil yg diesel, kalo cuma dipakai weekend aja, asalkan mau isi dg ron 92 sekelas pertamax dan nggak masalah dg torsi mesinnya yg jauh lebih kecil mending ambil bensin kalo mobilnya mau dipakai lama. Bisa cek2 dulu harga partsnya di tokopedia atau bukalapak serta jaringan aftersalesnya di sini Perhatikan betul tips2 pemakaian dan perawatan Chevy yg benar di tret ini krn kalo rusak bisa bikin kantong bolong.. spt utk filter kabin AC yg kotor musti ganti tiap 10rb km atau musti rajin2 sering dicek kondisinya setiap 1 thn sekali, musti jalan sepelan mungkin ketuika lewat jalan jelek dan polisi tidur spy kaki2 awet, jangan terjang genangan air yg tinggi spy mesin lebih awet.

Oom Hikmat dr Panorama Motor kasih penjelasan ttg masalah dan perawatan Captiva Diesel yg benar, dan tips cari Captiva diesel bekas di video di bawah ini.



Tips Chevrolet Captiva Diesel Agar Bisa Minum Bio Solar B30



Kerusakan Paling Parah Chevrolet Captiva Diesel




Buka-bukaan Chevrolet Captiva Bensin, Rewel nggak sih?



Kesalahan-kesalahan Pemilik Chevrolet Captiva Diesel



Ganti mesin diesel



Kaki kaki Captiva



Transmisi matik Captiva




Sekalian dg perawatan Spin diesel yg perawatannya mirip2 dg Captiva diesel.



Tipe Captiva Diesel



Mesin Captiva diesel Vs. Santa Fe diesel.



Penjelasan harga spare parts Chevrolet.



Quote:


Iya yg FL2 2014/2015 udah jd 163 PS torsi 400Nm sama spt yg terbaru 2016/2017, kalo yg FL1 163 PS torsinya masih 360Nm
Cek ciri2 fisiknya lgs saja, kalo yg FL pertama itu desain knalpot masih bulat, kalo yg FL2 2014 desain knalpot mengkotak mirip trapesium, dan di STNK atau BPKB harusnya ada keterangan CAPTIVA 2.0L FL2 AT, selebihnya utk spek dan brosur cek di sini

Spoiler for perbedaan fisik Captiva FL dr foto belakangnya dan videonya di youtube:
Diubah oleh morinoz
profile picture
Gan ada review dan testimoni bengkel panorama motors di serpong/pamulang khususnya utk spark lt 1200. Terima.kasih
Memuat data ...
1 - 1 dari 1 balasan
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di